Travel

9 Pilihan Tempat Wisata Baru di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Baru di Indonesia  adalah Keindahan alam di Indonesia menjadikan masyarakatnya semakin kreatif untuk menciptakan wahana rekreasi dan refreshing baru. Meskipun yang di gunakan adalah sebuah desa. Namun jangan khawatir, saat ini ada banyak lokasi yang bisa di kunjungi.

Beberapa Tempat Wisata Baru Di Indonesia

Berikut adalah tempat wisata baru di Indonesia yang harus Kamu kunjungi:

  1. Wisata Dusun Bambu

Wisata Dusun Bambu berlokasi di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat. Lembang yang terkenal dengan suasana yang sejuk dan pemandangan indahnya memang sejak dulu sudah terkenal menjadi tempat wisata.

Tempat wisata berkonsep eco park ala pedesaan. Jadi, semua material yang di gunakan natural. Dusun Bambu cocok sebagai tempat berswafoto. Banyak spot yang di desain sangat instagramable, sehingga menarik minat wisatawan.

Fasilitas yang bisa di nikmati antara lain ada Taman Arimbi, Restoran Purbasari, Café Burangrang, Sarang Lutung Kasarung, dan Rabbit Wonderland. Juga terdapat wahana outbound dan penginapan. Tiket masuknya mulai Rp 30.000, belum termasuk tarif parkir.

  1. Wisata Dusun Semilir

Dusun Semilir termasuk tempat wisata baru yang bisa Kamu kunjungi ketika ke Semarang. Mengusung konsep eco park dengan beragam spot-spot unik, menjadikan tempat ini semakin ramai dan di kenal banyak orang. Tiket masuknya berkisar dari Rp 30.000 – 35.000 per orang.

Tempat Wisata Baru Indonesia
Foto by Toni Surya Hidayat

Tempat wisata baru ini berada di Kecamatan Ngempe, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, persis berada di samping jalan utama Semarang-Surakarta. Pengunjung akan di manjakan dengan berbagai spot swafoto yang unik.

Bisa di bilang Dusun Semilir ini sangat modern yang di balut dengan konsep alam dan budaya bangsa. Bahkan bisa di katakan sebagai Little Indonesia. Kamu di ajak berkelana mendalami warisan budaya nenek moyang dengan ikon-ikon khas daerah.

  1. Desa Wisata Nglanggeran

Desa wisata Nglanggeran termasuk salah satu tempat rekreasi berkonsep pedesaan terbaik. Letaknya berada di Nglanggeran Wetan, Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Bahkan pada ASEAN Tourism Forum 2018, meraih penghargaan sebagai ASEAN Sustainable Tourism

Desa ini memiliki pemandangan alam yang spektakuler. Banyak pula destinasi lain yang bisa di kunjungi sepaket. Ada puncak Gunung Api Purba Nglanggeran dengan ketinggian 700 mdpl, yang menjadi salah satu kawasan untuk berburu sunrise dan sunset.

Kamu juga bisa ber-eco wisata di kebun buah Nglanggeran atau menikmati keindahan Telaga Embung yang berwarna hijau. Harga tiket masuk mulai Rp 10.000 jika berkunjung siang hari dan Rp 15.000 apabila datang malam.

Pulau Bunaken, Paradisenya Kota Nyiur Melambai Manado

  1. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa wisata ini terletak di Kota Malang, tepatnya di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Tempat ini bisa di tempuh sekitar 29 kilometer dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota .

Tempat wisata ini mengambil lokasi persawahan yang di sulap cantik sehingga bisa menjadi spot untuk berswafoto. Walaupun termasuk tempat wisata baru, pengunjungnya cukup banyak. Kamu juga bisa camping, outbound, memetik sayur, mempelajari cara pembuatan biogas, sampai beternak.

Pengunjung juga bisa mengendarai trail atau memilih untuk menunggang kuda. Bagi yang suka aktivitas adrenalin, dapat mencoba bermain perang bersenjata paintball di The Roudh 78. Harga tiket masuknya sangat murah, sekitar Rp 10.000 per orang.

Artikel Terkait: Spot Barakuda Bolsel, Rekomendasi Wisata Bahari Sulut

  1. Desa Ponggok

Wisata ini berlokasi di Jl. Delanggu – Polanharjo, Desa Jeblongan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Uniknya adalah tempat ini berbentuk kolam alami yang ada sejak zaman Belanda.

Tempat ini biasanya di gunakan untuk para pemula belajar menyelam sekaligus refreshing. Pada dasar kolam, terdapat hamparan pasir dan bebatuan serta beragam jenis ikan. Jadi cocok juga untuk kegiatan snorkeling.

Tempat wisata yang di sebut pula sebagai Umbul Ponggok ini bisa Kamu kunjungi dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang. Jika ingin diving/snorkeling, di kenai biaya tambahan Rp 250.000 dan Rp 60.000 untuk foto underwater.

  1. Desa Waturaka

Lokasinya berada di Waturaka, Kecamatan Kalimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Uniknya, desa wisata ini akan melibatkan pengunjung untuk ikut serta dalam aktivitas sehari-hari penduduknya, seperti mencangkul, menanam padi, hingga membajak sawah.

Bahkan pengunjung di haruskan untuk tinggal di rumah penduduk. Untuk konsepnya tersebut, tempat wisata ini meraih penghargaan sebagai desa terbaik untuk kategori alam. Tiket masuk ke desa wisata ini di banderol dengan harga Rp 20.000 per orang.

Desa wisata Waturaka ini menggunakan konsep sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan. Meskipun wisatawan di minta ikut serta dalam aktivitas warga, aktivitas pertanian yang di ikuti berbeda-beda, tergantung musim tanam.

Tempat Wisata Gorontalo yang paling Populer di Kunjungi

  1. Wisata Posong

Tempat wisata ini berlokasi di Lembah Gunung Sindoro, tepatnya daerah Legundi, Batursari, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah. Tiket masuknya di banderol mulai dengan harga Rp 20.000 per orang.

Area ini berada pada ketinggian 1.823 mdpl. Pengunjung akan di suguhi pemandangan rumpun awan serta bukit-bukit hijau. Untuk mencapai kawasan, Kamu dapat menyaksikan hamparan perkebunan kopi dan tembakau.

Wisata Posong di buat sangat instagramable. Banyak spot yang bisa Kamu gunakan untuk menghasilkan foto bagus, menikmati sunrise dan sunset, kegiatan outbond, hingga berkemah. Jika di amati, pemandangannya menyerupai perkampungan pegunungan di Swiss.

  1. Kampung Wisata Flory

Tempat wisata ini berada di Desa Jugang RT 05/RW 11, Plaosan, Tridadi, Sleman, DI Yogyakarta. Harga tiket masuknya sekitar Rp 15.000 per orang. Kampung ini di desain sebagai agrowisata yang edukatif, terutama untuk anak muda.

Pengunjung bisa berwisata kuliner di tempat ini dengan harga sangat ramah di kantong, berkisar Rp 10.000 – 50.000 bergantung menu. Kamu juga bisa memetik buah langsung dari pohonnya. Tentu pengunjung harus membayar hasil petikannya.

Selain itu, pengunjung juga bisa menjajal permainan outbound yang memacu adrenalin. Atau merendam kaki di kolam ikan dangkal. Di sediakan pula tempat penginapan bagi pengunjung staycation. Kamu bisa juga belajar bertani dan berkebun langsung dari ahlinya.

10 Tempat Wisata Banggai Laut yang Memanjakan Mata

  1. Mata Langit Borobudur

Tempat wisata ini berada di Perbukitan Menoreh, Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, jawa Tengah. Dari lokasi ini, pengunjung dapat menyaksikan kegagahan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong, Prau, hingga Telomoyo.

Mata Langit by Plataran ini bisa di jadikan tempat hangout atau nongkrong dengan suguhan pemandangan alam yang fantastis. Banyak restoran berkonsep outdoor dan bergaya vintage yang bisa jadi pilihan sebagai spot swafoto dan kumpul bersama.

Tempat Wisata Baru Indonesia
Foto by habib maksum

Karena berada di ketinggian, tempat ini cocok untuk aktivitas meditasi dan yoga. Kamu juga bisa mengikuti acara outbond, hingga menikmati tour berburu sunrise atau sunset. Untuk ke sini, pengunjung harus reservasi terlebih dahulu.

Paket-paket wisatanya di banderol mulai dengan harga Rp 175.000 per orang untuk breakfast package. Jika menginginkan paket ala piknik, Kamu mesti mengeluarkan budget mulai Rp 500.000 per orang. Bagi yang pengen romantis bersama pasangan, siapkan Rp 2 juta untuk dinner berdua.

Meskipun masih menghadapi era new normal dalam pandemi ini, tak ada salahnya untuk merencanakan sebuah perjalanan. Semoga penjelasan mengenai tempat wisata baru di Indonesia tersebut dan memberikan masukan.

BACA JUGA: Kamu Harus Tahu: Wisata Alam Baru di Jawa Timur

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button