Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

10 Tempat Wisata di Gorontalo yang Hits dan Jadi Andalan Serambi Madinah

Advertisement

Gorontalo, sebuah kota di provinsi Gorontalo yang memiliki beragam tempat wisata yang mempesona. Kendatipun begitu, ada banyak wisata kuliner, bangunan kuno, pantai, tempat menyelam yang bagus, sungai yang menyegarkan, dan sumber air panas.

Gorontalo menawarkan pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan oleh wisatawan yang berkunjung. Untuk memberi Anda gambaran sekilas tentang apa yang di tawarkan kota ini, lihat daftar hal terbaik yang dapat Anda lakukan di Gorontalo.

Advertisement

Berikut ini 10 Tempat Wisata di Gorontalo yang Hits

Pantai Olele

Terkenal sebagai surga bawah laut, Pantai Olele adalah salah satu tujuan menyelam paling terkenal di Gorontalo. Dan pantai ini adalah rumah bagi berbagai makhluk seperti lumba-lumba, karang raksasa, ikan gobi, damsels, ikan kupu-kupu, dan kuda laut pigmy.

Wisata menyelam yang tidak akan terlupakan di pantai Olele akan membuat travelling Anda menyenangkan. Tetapi, untuk bisa menikmati pantai Olele, Anda disarankan untuk memesan tiketnya terlebih dahulu.

Advertisement
empat Wisata di Gorontalo
Foto wawan iko

Map: Cari Lokasi

Waktu terbaik untuk menyelam di pantai Olele adalah dari bulan November hingga April. Meskipun tidak ada jaminan untuk bisa melihat lumba-lumba pada bulan tersebut. Namun, Anda juga bisa mencoba untuk mengunjungi pantai ini pada bulan Februari hingga April. Pada bulan tersebut akan menjadi saat yang tepat untuk mencoba melihat lumba-lumba.

Tempat Wisata di Minahasa yang Memanjakan Mata

Benteng Otanaha

Apakah Anda berani dan cukup fit untuk berjalan di 348 anak tangga? Jika jawaban Anda adalah ya, Anda harus mengunjungi Benteng Otanaha. Benteng yang di bangun pada tahun 1522 oleh Raja Kerajaan Gorontalo dan pelaut Portugis ini masih berdiri utuh.

Advertisement

Dibangun menggunakan pasir, gamping dan telur Maleo, benteng Otanaha ini memiliki struktur bangunan yang kuta. Hal ini bertujuan untuk memperkuat keamanan dan pertahanan daerah tersebut.

Map: Cari Lokasi

Banyak ribuan wisatawan datang ke tempat ini untuk menikmati panorama Danau Limboto dari atas benteng. Anda bisa pergi saat sore hari dan jika langit cerah, Anda bisa mengambil foto matahari terbenam yang luar biasa dari atas benteng jika lebih awal anda sampai ke sana.

Benteng Otanaha sendiri terletak di Jl. Usman Isa, Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Dembe I, Kota Bar. Anda bisa mengunjungi benteng ini pukul 08: 00-18: 00.

Pulau Saronde

Pulau Saronde berada di Kepulauan Ponelo, Gorontalo. Perjalanan ke negara tropis seperti Indonesia tidak akan lengkap tanpa perjalanan ke pantai. Pulau Saronde. Pulau ini adalah salah satu tempat yang harus anda kunjungi di Gorontalo akreba menawarkan pasir putih, pohon pinus, dan tempat memancing yang bagus.

Jika Anda ingin tinggal selama beberapa hari, Anda dapat menyewa rumah panggung dan menikmati hidup di tengah perairan biru – seperti di Maladewa. Jika Anda menginginkan lebih banyak petualangan, sewalah perahu untuk menjelajahi seluruh pulau.

Tempat Wisata di Gorontalo yang Hits
foto by refli

Menariknya tempat ini adalah tidak ada fasilitas olahraga air di Pulau Saronde. Itulah yang menjadikan tempat ini ideal untuk relaksasi hibernasi bersama alam.

Advertisement

Danau Limboto

Danau ini merupakan salah Tempat Wisata di Gorontalo yang sering di nikmati masyarakat lolak. Lihatlah kehidupan para nelayan lokal di Danau Limboto, yang terletak di desa Limboto Gorontalo. Danau ini merupakan lokasi yang ideal untuk memancing, berperahu, dan berenang.

Map: Cari Lokasi

Anda juga dapat menikmati ikan bakar, yang di sediakan oleh nelayan setempat. Jika Anda memiliki waktu yang panjang untuk menikmati perjalanan wisata Anda, Anda bisa menunggu sampai matahari terbenam dan melihat warna-warna indah langit yang tercermin di perairan danau.

Sungai Longalo

Sungai Longalo adalah salah satu sungai yang paling populer di Gorontalo karena menawarkan olahraga air berupa rafting dan cave tubing. Ya, salah satu kegiatan yang paling populer di sini adalah cave tubing, di mana para wistawan akan mengenakan helm dan jaket pelampung di lengkapi ban karet yang mengalir dari satu ujung sungai ke ujung sungai lainnya.

Arus dan jeram membuat perjalanan mengarungi sungai Longalo sangat mengasyikkan sambil melihat pemandangan alam di sekitar sungai seperti hutan dan ladang. Sungai ini memiliki panjang sekitar 2,6 km dengan 6 titik jeram.

Wisata Hutan Mangrove Panango Bolsel

Museum Pendaratan Pesawat Amfibi Soekarno

Museum Pendaratan Pesawat Amfibi Soekarno ini adalah sebuah tempat peringatan untuk memperingati kunjungan pertama Presiden Soekarno ke Gorontalo. Presiden pertama Indonesia ini datang ke Manado dengan menggunakan pesawat amfibi dan kandedvin.

Map: Cari Lokasi

Sayangnya, tidak banyak yang bisa anda lihat di dalam Museum Pendaratan Pesawat Amfibi Soekarno ini.  Tetapi museum ini adalah tempat bersejarah bagi masyarakat Gorontalo. Anda bisa menemukan museum ini di Desa Iluta, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Hutan Adudu Nantu

Hutan Adudu Nantu adalah salah satu hutan di Gorontalo yang mana Anda bisa melihat satwa liar langka seperti babi hutan atau bayi rusa. Adapula monyet ekor hitam yang di sebut macagues nigresian di hutan ini.

Apabila Anda beruntung, Anda juga dapat melihat hewan anoas. Hutan terpencil di jalan trans Sulawesi ini menawarkan petualangan yang asyik untuk bisa menyaksikan flora dan fauna. Ya, Hutan Adudu Nantu adalah tempat wisata yang bagus dan surganya bagi satwa liar. Hutan Adudu Nantu ini berada di Jl. Trans Sulawesi, Gorontalo, Indonesia.

Pantai Biluhu

Pantai Biluhu adalah surga tersembunyi di Gorontalo yang letaknya tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Jalaluddin. Dari bandara menuju pantai Biluhu ini hanya memakan waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda empat.

Letaknya yang cukup strategis membuat pantai ini banyak di kunjungi oleh wisatawan. Berwisata ke pantai Biluhu akan menjadi liburan yang mengasyikkan. Pantai ini akan membuat Anda merasa lebih dekat dengan alam. karena pantai ini juga merupakan Tempat Wisata di Gorontalo yang jarang orang ketahui.

Map: Cari Lokasi

Pantai ini memiliki pemandangan bawah air yang sangat indah. Anda bisa snorkeling dari dan melihat keindahan bawah laut Biluhu. Nah, jika Anda ingin menikmati sunrise atau sunset di pantai Biluhu, Anda bisa menginap di beberapa resort yang di sediakan di tempat ini. Pantai ini memiliki suasana yang tenang, hanya ada suara deburan ombak .

Rumah Tradisional Potiwoluya

Salah satu cara untuk mengunjungi wisata sejarah Gorontalo adalah dengan melihat rumah-rumah tradisional yang menampilkan arsitektur lama Indonesia. Ada Rumah Tradisional Potiwoluya, yang berbentuk segi empat dan di topang oleh pilar-pilar tinggi.

Rumah Tradisional Potiwoluya memiliki atap yang terbuat dari daun dan bambu. Tempat wisata sejarah Gorontalo ini juga lengkap dengan kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan serambi. Kunjungan singkat ke Rumah Tradisional Potiwoluya membuat Anda bisa mengerti adat istiadat masyarakat setempat dan tradisi ketika menerima tamu. Tempat Wisata di Gorontalo bernuansah sejarah ini walaupun jarang di kunjungi tetapi ini destinasi yang direkomended untuk di jelajahi.

Danau Moat, Sumpah Akan Diikrarkan Menjelang Terbit Matahari ?

Lombongo Hot Springs

Setelah Anda menjelajahi semua wisata terbaik di Gorontalo, saatnya untuk menenangkan otot Anda dengan berenang di salah satu kolam renang di Pemandian Air Pana10 Tempat Wisata di Gorontalo yang Hits Lombongo. Ekowisata satu ini tidak jauh dari pusat kota. Kolam renang Lombongo ini menawarkan satu kolam air dingin dan satu kolam air panas.

Kendatipun Begitu sumber mata air di kolam ini juga di yakini bisa menyembuhkan. Kolam Lombongo di kelilingi oleh pepohonan dan tanaman. Ya, tempat ini adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin bersantai di hari yang terik.

Map: Cari Lokasi

Dan di antara tempat wisata di Gorontalo ini, hendak berwisata ke manakah Anda? mau berwisata ke mana saja, Anda harus mempersiapkan wisata Anda dengan sempurna, ya!.(rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button