Travel

Air Terjun Lombongo dengan Sejuta Keindahannya

Waktu.news | Liburan panjang memang paling menyenangkan jika berlibur ke beberapa destinasi menarik di luar kota. Tidak kalah dengan objek wisata lain, di Gorontalo terdapat destinasi yang sangat bagus dan menyegarkan. Cocok bagi Anda yang ingin merilekskan pikiran, tempat itu yakni air terjun Lombongo.

Pesona Air Terjun Lombongo

Air terjun Lombongo ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Itu karena surga tersembunyi ini tidak banyak dikenal orang. Lokasi objek wisata ini adalah berada di Desa Lombongo sendiri, kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Pemandangannya juga sangat indah dan menakjubkan.

Meskipun tersembunyi, objek wisata satu ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Sangat cocok bagi Anda yang ingin merilekskan pikiran dan menghabiskan waktu liburan panjang. Bahkan di sana terdapat pohon yang begitu lebat, tepatnya di hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Menurut informasi, di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ini terdapat beberapa jenis burung yang cantik. Jumlahnya kurang lebih sekitar 125 jenis burung yang sudah teridentifikasi, 24 jenis mamalia serta 23 amphibi serta reptil, dan juga 289 untuk jenis pepohonan di dalam destinasi tersebut.

Artikel Lain: Air Terjun Meranti Bone Bolango yang Menakjubkan

Informasi Lengkap Air Terjun Lombongo

Sebagai salah satu destinasi wisata yang masih sangat baru, Air Terjun Lombongo ini memiliki pemandangan yang tidak kalah bagusnya dengan objek wisata lainnya. Tidak heran jika banyak orang penasaran untuk berkunjung ke sana. Mengingat tempatnya asri karena tidak terjamah banyak orang.

Salah satu destinasi terbaru yang ada di Gorontalo ini masih cukup asri, mengingat objek tersebut tidak banyak terjamah oleh orang. Dengan luas sekitar 282.008,757 hektar, destinasi ini juga mempunyai biodiversity tinggi serta habitat paling penting khas dari Sulawesi. Bahkan memiliki habitat flora endemik.

Flora endemik tersebut antara lain seperti palem matayangan, cempaka, dan juga nantu. Menurut informasi, Tim Calender Of Event pernah mengunjungi Air Terjun ini. Mereka mengambil waktu saat meliput acara festival. Tujuannya adalah untuk melakukan ekspedisi kecil ke air terjun ini.

Berita Terkait: Keindahan Objek Wisata Air Terjun Botuliodu

Kontur Medan Air Terjun Lombongo

Berbicara mengenai kontur medan untuk bisa menuju ke Air Terjun Lombongo, sebenarnya tidak terlalu sulit. Akan tetapi, bagi setiap pengunjung yang ingin pergi ke sana harus berjuang. Paling tidak membutuhkan waktu sekitar dua jam agar bisa sampai ke lokasi tersebut. Bahkan lewat sungai juga.

Jadi, setiap pengunjung yang ingin mengunjungi Arter Lombongo akan menyusuri sungai. Bahkan melalui jembatan gantung sampai dengan setapak berbatu yang sedikit menanjak. Namun, bagi Anda yang tidak biasa melewatinya, tentu saja akan menjadi tantangan tersendiri.

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Lombongo

Destinasi Air Terjun ini telah menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang menyukai ketenangan, mengingat objek wisata ini tidak terjamah oleh banyak orang sehingga suasananya jauh lebih tenang. Bahkan di sana juga terdapat beberapa fasilitas yang semakin membuat nyaman.

Fasilitas tersebut antara lain seperti adanya mini gazebo yang tersedia di sepanjang jalan, sehingga siapa pun pengunjung yang datang ke sana bisa berisitirahat di sana setelah melalui perjalanan panjang. Terlebih lagi pemandangan indah dari Air Terjun Lombongo membuat Anda semakin rileks.

Artikel Terkait: Air Terjun Ayuhulalo dengan Panorama yang Sejuk

Keindahan Arter Lombongo

Mengingat bahwa objek wisata Air Terjun ini tidak terjamah oleh banyak orang, sehingga pemandangannya sangat asli, bersih dan menenangkan. Tidak heran jika ada beberapa pengunjung ingin menghabiskan masa liburan panjangnya di sana. Pemandangannya pun sangat menakjubkan.

Dengan ketinggian Arter Lombongo yang mencapai 100 meter, air meluncur secara bebas melewati dinding batu sehingga menimbulkan suara bising yang justru menenangkan. Meskipun volume airnya tidak banyak, akan tetapi air yang meliuk-liuk mengikuti kontur bebatuan sangat indah.

Air Terjun Lombongo

Sebagai Salah Satu Sumber Kehidupan

Tidak hanya sebagai salah satu destinasi dengan pemandangan indah, akan tetapi Air Terjun ini biasanya menjadi sumber kehidupan masyarakat yang ada di desa tersebut. Ada sekitar 125 desa yang berbatasan secara langsung dengan kawasan ini memakainya untuk keperluan.

Masyarakat yang ada di sana selalu menggunakan air dari Air Terjun Lombongo sebagai salah satu sumber kehidupan mereka, seperti memakainya untuk konsumsi bahkan juga berguna untuk mengairi lahan pertanian. Ada juga yang memanfaatkan aliran airnya untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro.

Baca Juga: Pantai Minanga Menyimpan Berbagai Pesona

Tiket Masuk

Bagi Anda yang ingin mengunjungi destinasi Air Terjun Lombongo ini, ada baiknya mengetahui beberapa informasi pentingnya terlebih dahulu. Dengan tujuan, supaya saat sudah sampai di lokasi tidak perlu menyiapkan keperluan yang seharusnya dibutuhkan. Seperti halnya harga tiket masuk.

Pada umumnya, harga tiket masuk ke Air Terjun ini akan berbeda, baik saat hari libur, minggu dan juga di hari biasa. Untuk weekday, harganya bisa mencapai Rp 20.000 sama seperti di hari weekend. Namun, ada baiknya memastikan / konfirmasi harganya melalui call center destinasi.

Jam Buka

Setiap destinasi baik itu wisata air atau darat, semuanya memiliki jam bukanya sendiri. Dengan tujuan, memilih waktu yang tepat bagi para pengunjung ketika akan berlibur dan menghabiskan waktunya di sana. Sama halnya seperti objek wisata Air Terjun di kabupaten Bone Bolango ini.

Menurut informasi, objek wisata terbaru di Gorontalo ini buka selama 24 jam. Sedangkan untuk waktu  tutupnya akan berbeda-beda, sesuai dengan zona waktu setempat yaitu waktu Asia maupun Makassar. Namun, untuk memastikannya Anda bisa mengubungi call center dari destinasi wisata ini.

Nomor Telepon Atau Kontak

Setiap pengunjung pasti memiliki pertanyaan yang hendak mereka tanyakan sebelum berangkat liburan, baik itu mengenai tempat penginapannya atau bahkan tentang destinasi yang ingin dikunjungi saat waktu liburan telah tiba. Sama halnya seperti yang ada pada destinasi Air Terjun Lombongo ini.

Destinasi wisata Air ini memiliki nomor kontak yang memungkinkan setiap pengunjung ketika hendak datang ke sana, bisa menghubungi call center terlebih dahulu. Bila ada yang kurang jelas tentang tujuan wisata, Anda bisa menghubungi ke 0851 – 4647 – 4740.

Baca Juga: Air Terjun Dodandian Matabulu Patut Dijempol

Alamat Destinasi

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengunjungi Air Terjun ini, ada baiknya mengetahui lokasi pastinya terlebih dahulu. Untuk objek wisata ini berlokasikan tepatnya di provinsi Gorontalo, di Jalan Natsir Mooduto Desa, kabupaten Bone Bolango Gorontalo.

Ada sekitar 18 tempat wisata yang ada di kabupaten Bolango Gorontalo ini, jika Anda ingin mendapatkan lokasi yang tepat untuk ke arter ini. Mencari di google map juga sudah tersedia, bahkan ada pilihan haruskah menggunakan kendaraan umum, mobil atau jalan kaki.

Demikian penjelasan secara detail dari air terjun lombongo. Beserta dengan pembahasan mengenai pesona objek wisata tersebut dan juga membahas tentang informasi lengkap dari air terjun terbaru di Gorontalo. Pastikan perjalanan Anda aman dan nyaman dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button