Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Taman Laut Olele Gorontalo dengan Keunikan dan Ciri Khasnya

Advertisement

Waktu.news | Daerah Gorontalo sudah terkenal sebagai salah satu provinsi yang memiliki banyak objek wisata menarik. Pulau Sulawesi ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga, seperti dengan mengunjungi kekayaan biota laut di sana yaitu taman laut olele.

Mengenal Lebih Dalam Taman Laut Olele

Tahukah Anda bahwa di Gorontalo memiliki banyak sekali destinasi wisata bahari yang sangat menakjubkan? Sebagai salah satu provinsi yang masih terbilang baru, ada begitu banyak  potensi wisata di sana. Namun, objek wisata tersebut tidak banyak orang ketahui, jadi masih terkesan asli.

Advertisement

Mengingat tidak terlalu banyak terjamah orang lain, sebagian besar wisatanya memiliki keindahan alami dan sangat menakjubkan. Salah satu destinasi yang patut Anda kunjungi adalah Taman Laut Gorontalo. Objek wisata tersebut memiliki kekayaan biota laut begitu indah di bawah perairan.

Lokasi dari destinasi Taman Laut Olele ini berada di Desa Olele sendiri, kecamatan Kabila Bone dan kabupaten Bone Bolango. Anda hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai dengan empat puluh lima menitan untuk bisa sampai ke objek wisata tersebut, jaraknya bisa jadi 20 km dari pusat kota.

Advertisement

Informasi Penting

Sebagai salah satu taman laut yang menakjubkan di Gorontalo, Taman lautnya memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri yang membuatnya beda dari objek wisata lain. Bagi Anda yang ingin berlibur ke sana, ada baiknya memerhatikan beberapa informasi di bawah ini terlebih dahulu.

Taman Laut Olele

Keindahan Taman Laut Olele

Pantai Olele atau biasanya banyak orang kenal sebagai Taman Laut di Gorontalo ini mempunyai banyak keunikan yang membuatnya semakin terlihat indah. Pasir putihnya sangat dekat dengan pemukiman warga, sehingga perairannya tidak mudah mencemari sekitar pantai tersebut.

Bahkan airnya juga masih terbilang mempunyai visibility cukup bagus, terumbu karang padatnya pun masih sangat terjaga dengan baik oleh masyarakat yang ada di sana. Hal ini yang membuktikan bahwa Pantai Olele merupakan bukti kekayaan daerah Gorontalo.

Advertisement

Berita Terkait: Pantai Kurenai: Wisata Bahari Gorontalo Terindah

Keunikan di Taman Lautnya

Tidak hanya itu saja, jika Anda berniat untuk mengunjungi Taman Laut ini maka di sana akan menjumpai beberapa batu karang yang begitu unik. Bentuknya yang padat beragam dan warna-warni membuatnya menjadi daya tarik tersendiri oleh para wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini.

Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan di bawah laut, bisa juga melakukannya di sana. Dengan kedalaman sekitar dua meteran, Anda akan mudah menjumpai hamparan koral secara detail dan jelas. Itu karena Taman Laut ini sangat cocok sebagai tempat bersnorkeling, apalagi airnya cukup tenang.

Spot Penyelaman Taman Laut Olele

Bila memang Anda merasa kurang puas untuk melakukan snorkeling, masih ada kegiatan lain yang bisa anda lakukan di Taman Laut ini. Salah satunya dengan menyelam, ada begitu banyak spot penyelaman di sana. Pastinya taman ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda setiap spotnya.

Spot yang cukup terkenal di daerah Taman Laut tersebut, antara lain seperti Jinn Cave, Honeycomb, Traffic Circle, dan juga Muck Dive. Namun, hingga saat ini pengunjung yang menyukai aktivitas menyelam bawah laut masih menjadikan Jinn Cave sebagai spot penyelaman favoritnya.

Berita Terkait: Keunikan Wisata Pantai Tersakiti Bolsel, Underwaternya Keren

Penemuan yang Menarik

Perlu Anda ketahui, bahwa di Taman Laut Gorontalo ini juga masih ada hal menarik lainnya. Seakan tidak pernah berhenti memberikan keindahan alam yang begitu menakjubkan, taman tersebut memanjakan mata para pengunjungnya dengan menyuguhkan sponge coral endemik begitu unik.

Advertisement

Hal tersebut tentu saja tidak akan mudah Anda temukan di perairan manapun, hanya di Taman Laut Olele saja yang ada. Bahkan coral tersebut selalu menjadi pencarian oleh penyelam mancanegara, uniknya lagi motif coralnya menyerupai seperti lukisan seniman terkenal dari Spanyol bernama Salvador Dali.

Rekomende buat Pecinta Fotografi

Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa hal unik lainnya yang ada di Taman Gorontalo ini. Khusus bagi Anda yang sangat menyukai binatang berukuran kecil serta fotografi makro, maka taman ini sangat cocok sebagai salah satu tujuan untuk bisa melakukan hal tersebut.

Di Taman Laut Gorontalo ini, Anda akan banyak menjumpai berbagai macam jenis nudibranch serta shrimp cukup menggemaskan. Seperti anem

one, orangutan dan juga saron shrimp. Dengan terdapat banyaknya biota laut menakjubkan, membuat taman laut ini seperti surga tersembunyi yang belum banyak terjamah.

Artikel Terkait: Molombunaye Dive Spot: Objek Wisata Terindah di Gorontalo

Taman Laut Olele

Lokasi Ngak Perlu Kompas

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengunjungi Taman Laut Gorontalo ini, destinasi wisatanya berlokasikan di Desa Olele, kecamatan Kabila Bone, kabupaten Bone Bolango. Sebelum berkunjung, ada kalanya menyiapkan beberapa barang penting, atau membawa kamera untuk foto.

Mengingat Taman Laut ini sangat indah, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengabadikannya dengan befoto di sana. Dengan jarak sekitar 28 kilometer dari arah Tenggara kota Gorontalo, setiap pengunjung akan membutuhkan waktu sekitar satu jam. Bahkan ada Teluk Tomini sebelum sampai.

Artikel Lainnya: Pulau Lembeh Rekomeded For Snorkling dan Diving

Rute Sangat Mudah

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana, ada baiknya mengetahui rutenya terlebih dahulu supaya lebih mudah. Jika dari arah kota Gorontalo, maka langsung ke arah selatan Jalan Mayor Dullah. Kemudian, terus masuk terus ke Jalan Laksamana Martadinata, hingga ke Jalan Trans Sulawesi.

Sekitar 19 kilometeran lagi, Anda akan melewati pelabuhan Ferry Gorontalo. Setelah itu akan menjumpai jembatan yang berada tepat di tikungan. Nanti setelah ada jembatan, kemudian terdapat gerbang masuk dengan tulisan Obyek Wisata Bahari Taman Laut di bagian kanan berjarak 2 m.

Baca Juga: Pulau Bunaken, Paradisenya Kota Nyiur Melambai Manado

Harga Tiket Masuk

Tidak lengkap juga rasanya jika tidak mengetahui informasi penting tentang Taman Laut Itu sebelum mengunjunginya. Sebelum berkunjung, siapkan juga budget untuk bisa masuk ke taman laut yang ada di Gorontalo ini. Namun, Anda tidak membayar tiket masuk melainkan saat menyewa saja.

Sebelum masuk ke pantai Olele Gorontalo ini, setiap pengunjungnya tidak perlu membayar biaya masuk. Hanya saja jika memang ingin menyewa peralatan yang ada di sana, harus membayar. Seperti untuk sewa perahu, biayanya Rp 250.000 sedangkan alat snorkelnya Rp 50.000 saja.

Taman Laut Olele

Kesimpulan dari Keindahannya

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa Taman Laut Gorontalo ini memiliki banyak sekali keunikan. Inilah mengapa destinasi wisata menakjubkan ini selalu menjadi favorit para penyelam, bahkan dari mancanegara sekalipun.

Taman ini memang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan panjang bersama keluarga. Terlebih lagi jika menyukai wisata bahari seperti ini, melakukan snorkeling maupun selam seakan harus wajib pengunjung coba.

Demikian penjelasan secara detail dari taman laut olele. Beserta dengan pembahasan mengenai taman laut tersebut dan juga informasi lengkap dari wisata bahari ini. Sebelum mengunjungi objek wsiatanya, akan sangat bagus jika Anda mengetahui beberapa hal penting seperti artikel di atas.(rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button