Travel

16 Rekomendasi Tempat Wisata Morowali

Rekomendasi Tempat Wisata di Morowali Yang Pertama Pulau Sombori

Waktu.news | Indonesia memang terkenal sebagai negara dengan keindahan alamnya. Seperti halnya di Sulawesi terdapat sebuah daerah bernama Morowali yang terdapat banyak wisata alam. Bahkan, tempat wisata Morowali sudah terkenal keindahannya.

Berkunjung Ke Morowali? Jangan Lewatkan 16 Tempat Wisata Ini

Morowali yang berada di Sulawesi ini cukup populer dengan berbagai tempat wisatanya, sehingga tak heran jika menjadi daerah cukup populer saat ini. Lebih jelasnya berikut penjelasan beberapa tempat wisatanya.

1. Pulau Sombori

Rekomendasi tempat wisata di Morowali yang pertama yaitu Pulau Sombori. Perlu diketahui jika pulau sombori terkenal dengan daerah yang sangat menakjubkan dan elok. Tentunya tak heran lagi jika bisa menarik minat wisatawan domestik hingga mancanegara.

Sedangkan untuk mencapai tempat ini hanya perlu membutuhkan waktu setengah jam menggunakan Speedboat. Jadi, jika berkunjung ke Morowali jangan sampai melewatkan tempat wisata ini.

Tempat Wisata Morowali
Image credit Boy Samola

2. Pulau Langala

Pulau Langala mempunyai daya tarik tersendiri yang terkenal dengan garis pantai cukup panjang. Bahkan, pasir di pantai ini putih, bersih sekaligus lembut. Tak heran jika wisatawan yang datang ke pulau ini sangat menikmati.

Sedangkan untuk sampai ke pulau Ini membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit menyewa kapal warga dengan harga 20 ribu sudah termasuk pulang pergi. Bisa terjamin liburan di pulau ini akan menyenangkan.

Wisata Morowali
image credit Latyyff Putra Fatufia

3. Lambolo

Pulau Lambolo berada di Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali. Berbeda dengan pulau pada umumnya yang sepi penghuni, tapi pulau Lambolo justru padat penduduk. Meskipun begitu, tetap saja tidak akan mengurangi kenikmatan liburan disini.

Justru berlibur di Pulau ini bisa mendapatkan banyak pelajaran. Misalnya saja kehidupan masyarakat disana. Bahkan, liburan di tempat ini sangat menyenangkan karena bisa menikmati pemandangan indah dan makanan khas.

4. Pulau Kayangan

Rekomendasi selanjutnya yaitu Pulau Kayangan. Pulau ini cukup populer karena mempunyai daya tarik tersendiri dengan pantai yang cukup panjang. Bahkan, panjangnya bisa mencapai 50 meter.

Keunikan lainnya di sekitar pantai terdapat tebing batu tinggi. Air di kepulauan ini sangat tenang sehingga aman untuk berenang. Selain itu, di pulau ini juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang.

Pulau Kayangan
image credit Handmade Juarni Arbian

5. Pemandian Bahoruru

Pemandian yang satu ini berada di atas gunung dan lebih tepatnya di tengah hutan. Bahkan, sudah pasti jika pemandian ini lengkap dengan pemandangan alam yang indah. Jadi, cocok sekali untuk menikmatinya liburan lebih rileks.

Pemandian ini cukup banyak peminatnya karena menjadi satu-satunya pemandian di pusat kota Morowali. Bahkan, lokasinya cukup strategis dan mudah menjangkaunya. Bahkan, untuk masuk ke tempat wisata ini biayanya murah.

6. Kolam Sakita Mempueno

Suka berenang? Tempat wisata kolam Sakita Mempueno ini bisa menjadi solusi terbaiknya. Air terjun ini mempunyai daya tarik tersendiri dengan air yang jatuh di bebatuan berundak-undak, sehingga memberikan pemandangan indah.

Selain itu, di kolam ini juga terdapat endapan kapur travertin yang mengikuti sepanjang aliran sungai. Jadi, saat pertama kali melihat kolam ini akan langsung terpanah dengan keindahan yang terpampang nyata.

Artikel Terkait; 10 Tempat Wisata Buol Paling Populer dan Instagramable

7. Goa Berlian

Sesuai dengan namanya Goa Berlian yang berdekatan dengan pulau Sombori ini mempunyai makna sendiri. Keunikan dari pulau ini mempunyai stalaktit yang terkena sinar matahari terlihat cukup berkilau layaknya perhiasan berlian.

Perlu hati-hati jika ingin sampai ke goa ini, karena harus melewati debit dengan kemiringan hingga 80 derajat. Maka dari itu, jika tertarik mengunjunginya alangkah baiknya menyiapkan peralatan mendaki tebing.

Wisata Morowali
Image credit Boy Samola

8. Buleleng

Buleleng merupakan nama air terjun yang berada di Kabupaten Morowali. Nama tersebut diambil karena lokasinya berada di pemukiman transmisi asal Bali. Sedangkan untuk sampai di air terjun ini membutuhkan perjalanan 1,5 km dari jalan raya.

Jalan menuju air terjun ini memang cukup menegangkan karena sangat sulit, jadi harus lebih berhati-hati. Meskipun begitu, tetap saja kesulitan tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun yang terlihat jelas.

9. Puncak Gunung Tingkea

Rekomendasi lain tempat wisata di Morowali yaitu puncak Gunung Tingkea. Di gunung ini para wisatawan bisa Menikmati keindahan alam. Bahkan, bisa juga menikmati berbagai kebudayaan masyarakat sekitar.

Selain itu, di puncak ini pengunjung bisa menikmati berbagai hidangan makanan khas masyarakat di sana. Keindahan tersendiri yang membuat gunung Tingkea sering dijadikan tempat untuk kegiatan nasional hingga internasional.

10. Beteleme

Beteleme merupakan nama sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Morowali Utara. Sama halnya dengan air terjun pada umumnya yang memberikan ketenangan tersendiri jika berada di tempat tersebut.

Apalagi air terjun ini masih terjaga kebersihan dan alami, sehingga cocok untuk tempat bersantai. Bahkan, tebing di air terjun ini terlihat sangat indah jika perbandingannya dengan air terjun lainnya di Morowali.

11. Air Turun

Tempat wisata Air Turun di Morowali ini mempunyai keunikan tersendiri dengan Medan yang cukup ekstrim. Jadi, untuk bisa sampai di tempat wisata ini membutuhkan tenaga lebih. Meskipun begitu, nantinya bisa terbayarkan.

Di tempat wisata ini bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti ketenangan dan kesejukan. Jadi, sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan agar pikiran menjadi lebih tenang dan fresh kembali.

Artikel Terkait; Keindahan Objek Wisata Air Terjun Botuliodu Bolsel

12. Danau Rano Bae

Danau ini menjadi tempat wisata cukup populer di Kabupaten Morowali. Mengingat danau ini sangat cantik dan indah. Sedangkan lokasinya berada di dalam cagar alam Morowali. Sepanjang perjalanan menuju danau ini banyak hal menarik.

Namun, untuk menempuh danau Ini membutuhkan waktu 5 jam berjalan kaki agar bisa sampai di pemukiman suku Wana Kampu Marisa. Meskipun untuk sampai di wisata ini membutuhkan usaha banyak, tapi tidak akan sia-sia.

13. Air Terjun Mempueno Sakita

Di Kabupaten Morowali terdapat air terjun bernama Mempueno Sakita yang cukup indah. Meskipun begitu, tapi sayangnya air terjun ini masih belum cukup populer. Namun, pasti air terjunnya masih sangat terjaga.

Jadi, tempat wisata ini masih belum ada pengelolanya. Meskipun begitu, lambat laun mulai ada yang mengetahui keberadaannya. Bagi orang-orang pencinta alam tempat wisata seperti inilah yang lebih menyenangkan.

Wisata Morowali
image credit Karim Sakita

14. Pulau Dua Laut

Jika ingin menikmati sensasi liburan di sebuah pulau, sepertinya harus datang ke Pulau Dua Laut. Pulau ini mempunyai keindahan tersendiri dengan pasir yang sangat lembut. Bahkan, airnya sangat jernih.

Jadi, Pulau ini cocok untuk melakukan aktivitas snorkeling karena terumbu karang dan ikan-ikan terlihat sangat jelas. Sudah pasti setelah berlibur dari tempat ini akan merasa tenang dan tentunya puas.

Pulau Dua Laut

15. Pantai Tangofa

Pantai Tangofa berada di kabupaten Morowali yang terkenal dengan keindahannya. Bahkan, di pantai ini bisa melihat terumbu karang yang sangat bagus dengan ikan-ikan cantik, sehingga cocok untuk aktivitas snorkeling.

Namun, sayangnya untuk menuju pantai ini memang perlu perjuangan. Mengingat jalannya masih belum terlalu bagus. Begitu juga tempat parkir yang tersedia di tempat ini tidak terlalu memadai. Namun, pantainya tidak mengecewakan.

16. Pulau Umbele

Sebenarnya Umbele merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Bungku Selatan. Berbeda dengan desa pada umumnya, Umbele merupakan pulau yang indah dan mempesona untuk menjadi tempat liburan.

Di pulau ini airnya sangat jernih dan tenang, sehingga cocok untuk aktivitas seperti berenang dan snorkeling. Bahkan, tanpa melakukan snorkeling, terumbu karang dan ikan-ikan sudah terlihat cukup jelas.

Demikian beberapa tempat wisata di Morowali yang cukup populer. Dari penjelasan ini bisa mengambil kesimpulan jika tempat wisata alam di Morowali cukup beragam. Bahkan, masih banyak juga yang tersembunyi. (rhp)

Baca Lebih Lanjut

Ingin tahu banyak tentang tempat wisata di sulawesi? baca tautan dibawah ini;

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button