Travel

10 Tempat Wisata Buol Paling Populer dan Instagramable

Pulaunya Bikin Betah Berlama-lama

Waktu.news | Pernahkah mendengar nama kabupaten Buol? Perlu tau jika kabupaten Buol terletak di Sulawesi Tengah. Disana terdapat banyak tempat wisata Buol paling populer. Jadi, jika ingin mengunjungi kabupaten ini wajib mendatangi setiap tempat wisatanya.

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Buol Paling Populer

Membahas mengenai wisata yang ada di Kabupaten Buol memang tidak ada habisnya. Mengingat di sana memang terdapat banyak tempat wisata yang sudah populer maupun belum. Seperti halnya berikut ini 10 rekomendasi tempat wisata ini yang cukup populer.

1. Pulau Busak

Rekomendasi tempat wisata Buol yang pertama yaitu Pulau Busak. Salah satu alasan kenapa tempat wisata ini cukup populer karena terhampar terumbu karang yang sangat indah. Apalagi dengan air laut yang sangat jernih dengan berwarna biru, mampu menarik minat wisatawan.

Selain itu, jarak tempuh wisata ini dari kota kabupaten cukup menantang karena mencapai 15 km. Bahkan, juga bisa mengunjungi tempat wisata ini menggunakan perahu nelayan dan membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit.

Di tempat ini berbagai aktivitas seperti diving, snorkeling dan berenang. Sudah pasti jika liburan di Pulau ini akan sangat menyenangkan. Apalagi jika rombongan bersama keluarga atau teman-teman, sudah pasti liburan akan lebih nyaman dan tentunya berkesan. Map Lokasi

Tempat Wisata Buol
Image credit DIVEPACKER INDONESIA

2. Pulau Boki

Wisata ini berada di Kecamatan Paleleh Barat. Keunikan dari pulau ini mempunyai pemandangan gunung yang indah dan tinggi. Bahkan, batu karang sangat luas, pasir berwarna putih dan air sangat jernih. Beberapa kelebihan tersebut yang mampu menjadi daya tarik tersendiri.

Sedangkan untuk sampai di pulau Ini membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam jika dari pusat kota. Perjalanan yang cukup jauh, tapi bisa terbayar dengan keindahan dari pulau Boki. Apalagi jika liburan bersama keluarga, pasti akan merasa menyenangkan. Map Lokasi

Tempat Wisata Buol
Image credit Maslan Hadi

3. Pulau Panjang Paleleh

Jika berkunjung ke kabupaten Buol, sepertinya wajib untuk mengunjungi Pulau Panjang Paleleh. Mengingat wisata ini mempunyai pemandangan yang sangat menarik dan bisa menenangkan pikiran dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Lebih tepatnya di Pulau ini terpampang sangat jelas hamparan bukit dengan pohon dan rerumputan yang masih hijau. Saat berada di atas bukit tersebut bisa melihat hamparan laut yang sangat luas beserta pulau-pulau di sekitarnya. Map Lokasi

Tempat Wisata Buol
Image credit Kapten Jenggot

4. Air Terjun Talokan

Rekomendasi tempat wisata yang selanjutnya di kabupaten Buol yaitu Air Terjun Talokan. Wisata ini lebih tepatnya Berada di kecamatan Paleleh. Sedangkan jika anda berada pusat kota Buol, untuk sampai di air terjun Ini membutuhkan perjalanan 40 kilometer.

Air terjun ini masih belum populer, baik begitu bagi masyarakat lokal maupun non lokal. Jadi, wisata ini masih terbilang sangat asri dan cocok bagi Anda yang suka berjelajah alam. Namun, jika ingin mengunjungi air terjun terjun Talokan pastikan menyiapkan keperluan perjalanan.

Air Terjun Talokan
Image credit Walking Alone ID

5. Air Terjun Monggonit

Air terjun ini masih terbilang alami, karena belum mendapatkan pengelolaan dari masyarakat maupun pemerintah sekitar. Namun, bagi pecinta alam tempat wisata yang alami seperti ini jauh lebih mau menantang karena mempunyai daya tarik tersendiri.

Meskipun masih alami, tapi ternyata air terjun Monggonit ini masih aman dan tidak membahayakan. Bahkan, saat sudah sampai di wisata ini bisa melihat pemandangan yang sangat indah. Jadi, cocok sekali menjadikannya sebagai tempat untuk menenangkan pikiran.

Apalagi untuk masuk ke air terjun ini tiket tidak terlalu mahal. Tentunya sangat cocok menjadi wisata akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman yang sama-sama menyukai wisata alam. Jadi, jangan lewatkan ketika berkunjung ke kabupaten Buol.

Baca juga artikel; Pesona Air Terjun Soguo Bolsel

6. Batu Tiga Lepa

Bagi anda pecinta pantai dan laut, wisata Batu Tiga Lepa bisa menjadi solusinya. Mengingat wisata yang berada di kelurahan Keok ini memberikan sensasi tersendiri bagi para wisatawan. Keunikannya terlihat jelas dengan adanya tiga batu karang.

Bahkan, Jika di lihat secara detail ketiga batu tersebut mempunyai bentuk yang sama. Keberadaan tiga baru yang berdiri kokoh di tepi pantai menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, berenang di tempat ini sangat aman karena ombaknya cukup tenang.

7. Pantai Batu Susun Lakea

Sesuai dengan namanya pantai ini memang mempunyai keunikan tersendiri dengan adanya batu susun. Bahkan, susunan batu tersebut cukup tinggi melebihi tinggi rata-rata orang di Indonesia. Uniknya lagi, batu tersebut tersusun sangat rapi sehingga memberikan pemandangan Lebih indah.

Lebih tepatnya wisata ini berada di Desa Lakea 2. Jadi, untuk bisa sampai ke wisata ini tidak membutuhkan waktu lama menempuhnya dari kabupaten Buol. Kelebihan lain dari pantai ini mempunyai air yang sangat biru dan bersih.

Bahkan, pengunjung bisa secara jelas melihat bongkahan batuan yang ada di dalam air. Begitu juga berendam di pantai ini cukup aman, apalagi di balik batu dengan air yang cukup tenang. Jadi, berkunjung ke wisata ini terbilang wajib, terutama pecinta pantai.

8. Pemandian Kumaligon

Wisata lain di Kabupaten Buol yaitu Pemandian Kumaligon. Berbeda dengan pemandian pada umumnya yang hanya sebatas kolam, tapi justru pemandian Kumaligon ini terlihat alami. Maksudnya, kolam pemandian terbuat alami dengan air terjun panjang tapi pendek.

Di sekitar pemandian ini masih banyak bebatuan layaknya di sungai. Namun, uniknya lagi pemandian ini mempunyai air yang sangat jernih. Bahkan, airnya terlihat berwarna biru kehijauan dengan perpaduan batu berwarna coklat.

Sedangkan untuk menempuh pemandian Ini membutuhkan waktu 10 menit dari Kelurahan Leok. Keunikan lain dari pemandian ini mempunyai air yang cukup dingin. Tentu saja hal tersebut wajar, karena berada di dataran tinggi. Meskipun begitu, tetap saja banyak wisatawan yang mengunjungi.

Artikel Terkait; Pemandian Air Panas Bakan Sajian Keindahan Sekaligus Menyehatkan

9. Pemandian Tirta Ria

Wisata pemandian Tirta Ria terletak di Kelurahan Kulango yang berada di dataran tinggi. Sesuai dengan lokasinya, pemandian ini terbentuk secara alami yang membentuk seperti kolam beserta dengan air terjun yang menumpuk layaknya tangga.

Keunikan dari wisata ini mempunyai air yang sangat jernih. Namun, saat melihatnya air seperti berwarna biru kehijauan. Selain itu, di sekitar pemandian ini masih terdapat banyak bebatuan dengan warna hijau. Jadi, adanya perpaduan tersebut membuat pemandian ini masih terlihat alami.

Pemandian Tirta Ria
Image credit Faiz Abrori

10. Pantai Negeri Lama (Nelam)

Rekomendasi terakhir tempat wisata di Buol yaitu Pantai Negeri Lama. Pantai ini juga mempunyai nama lain Nelam yang merupakan singkatannya. Bisa mendapatkan banyak hal di tempat ini, seperti halnya keindahan pantai yang sangat bersih dan air jernih.

Tak heran jika di akhir pekan banyak rombongan keluarga yang mengunjungi wisata ini untuk menghabiskan waktu liburan. Apalagi dengan angin pantai yang sangat, tentu bisa memberikan ketenangan tersendiri agar liburan semakin memuaskan.

Demikian penjelasan mengenai 10 tempat wisata Buol yang cukup populer. Jadi, dari beberapa rekomendasi tersebut, ingin berkunjung ke wisata yang mana? Apapun itu, pastikan sudah mempersiapkan keperluan berlibur agar liburan semakin menyenangkan. (rhp)

Baca Lebih Lanjut

Ingin tau lebih dalam tentang sulawesi? silahkan klik tautan dibawah ini;

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button