Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Wisata Seru Tracking Mangrove Trans Pato’a

Advertisement

Waktu.news | Bagi Anda para pecinta wisata alam, sudah pernahkan berkunjung ke Tracking Mangrove Trans Pato’a? Wisata mangrove yang terletak di kabupaten Bolaang Mongondow Selatan atau singkatan akrabnya Bolsel adalah destinasi yang sudah cukup popular di Kabupaten tersebut. Dari pusat kota Molibogu, pengunjung tinggal menempuh perjalanan selama 30 menit saja.

Tracking mangrove Pato’a memang bukan satu-satunya destinasi wisata Mangrove di Indonesia. Hutan serupa di beberapa wilayah juga menjadi arena pariwisata, salah satunya adalah hutan Mangrove di Jakarta. Ini menunjukkan bahwa hutan Mangrove memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang ingin mengunjunginya.

Advertisement

Apa saja Fasilitas di Mangrove Trans Pato’a?

Sebelum mencoba sendiri kesana, tentunya Anda penasaran terkait apa saja fasilitas yang tersedia di Tracking Mangrove Trans Pato’a. Jawabannya adalah bermacam-macam, dan 5 poin utama akan kami uraian dalam poin-poin di bawah ini:

1. Spot foto instagramable

Tracking mangrove Pato’a sejak lama sudah terkenal sebagai salah satu spot foto andalan para fotografer professional. Rangkaian pohon-pohon Mangrove yang berjejer dan akar-akar mereka yang saling memilin satu sama lain menampilkan pesona yang sangat estetik untuk diabadikan dalam secarik kertas foto.

Advertisement

Selain akar-akar mangrove, tracking pato’a sendiri sudah mendapatkan sentuhan dekorasi yang memperkaya tampilannya menjadi lebih instagramable. Salah satunya adalah jembatan yang berada di tengah-tengah hutan dengan payung warna-warni yang menggantung di atasnya. Meskipun bukan asli berasal dari proses alam, atribut-atribut ini tidak mengurangi kesan alamiah. Bahkan saling berpadu dan melengkapi satu sama lain.

Tidak itu saja, pada beberapa momentum pemandangan di hutan mangrove bisa berkali-kali lebih mempesona. Misalnya pada pagi hari ketika matahari sedang sangat cerah atau ketika matahari terbenam. Estimasi jam ini adalah puku; 08.00-10.00 atau 16.00-17.00. inilah waktu dimana hutan mangrove paling ramai oleh para hunter foto.

2. Suasana alam yang kental

Sebagaimana namanya, tracking mangrobe trans pato’a memang menawarkan panorama alam yang tidak terbatas. Bukan hanya keindahan visual saja, pengunjung juga akan terhibur dengan cuitan burung-burung yang hinggap di dahan dan ranting pohon. Perpaduan inilah yang mampu membuat suasana alam terasa begitu kental.

Suasana seperti ini sangat mahal harganya karena sangat jarang ada tempat yang dapat bertahan dengan keasrian dan kesejukan seperti itu. Terutama bagi Anda yang berasal dari wilayah perkotaan, berwisata di hutan mangrove pato’a akan menjadi obat yang mujarab.

Advertisement

3. Kesejukan udara dari pepohonan mangrove

Mulai pagi hingga siang hari, pepohonan akan mengeluarkan oksigen yang menjadi kebutuhan pernapasan manusia, Sifat alamiah mangrove memproduksi oksigen dan menyerap karbon dioksida ini berdampak kepada iklim sekitar yang terasa sejuk karena berlimpahnya oksigen pada udara. Semakin melimpah oksigen, pikiran akan semakin tenang, tubuh terasa rileks, dan perasaan akan menjadi lebih ringan dan bahagia.

Inilah fasilitas mahal bagi para pengunjung tracking mangrove trans pato’a yang juga tak bisa dengan mudah berada di tempat lain. Berada di sekitar pepohonan dapat memberikan inspirasi dan berbagai dampak positif lain bagi tubuh.

4. Tersedia jasa diving

Bagi Anda yang tidak puas hanya dengan berjalan-jalan atau berfoto di kawasan hutan Mangrove, Anda bisa menyewa jasa diving untuk menyusuri panorama indah di bawah air. Keindahan alam di bawah sana tentu tidak kalah memukau daripada panorama hutan mangrove itu sendiri.

Pada kesempatan ini, Anda bisa menyewa beberapa peralatan untuk berenang dan menyelam. Bagi Anda yang belum terlalu handal dalam berenang, akan ada pengawasan khusus dari pihak jasa untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Bagi Anda yang sudah terbiasanya snorkling atau jenis menyelam lainnya, penyewaan peralatan disini cukup lengkap.

5. Tersedia penginapan

Penginapan merupakan salah satu fasilitas yang terhitung baru. Konsepnya hampir mirip seperti homestay bagi para pelancong. Letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari hutan mangrove, sehingga semakin membuat pengunjung yang menginap nyaman menikmati tempat wisata di waktu malam hari.

Fasilitas penginapan ini juga menjadi salah satu faktor mengapa hutan mangrove pato’a sangat cocok sebagai tempat berbulan madu. Menghabiskan beberapa hari paling indah di tempat paling sejuk dan mengesankan akan membuat hubungan pasangan menjadi lebih romantis.

Artikel Terkait: Pohon Cinta Pohuwato Memiliki Daya Tarik dan Kisah Asmaranya

Advertisement

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Tracking Mangrove Trans Pato’a?

Setelah mengetahui fasilitas apa saja yang terdapat di Tracking Mangrove Trans Pato’a, tentu pertanyaan selanjutnya adalah apa saja yang bisa kita lakukan ketika berlibur ke hutan mangrove ini? Pertanyaan tersebut akan segera terjawab pada 5 poin pembahasan di bawah ini:

1. Hunting foto pemandangan

Rekomendasi kegiatan pertama adalah berburu foto pemandangan yang rimbun dan hijau. Jika Anda jeli, sesungguhnya objek foto di hutan mangrove ini tidak terbatas jumlahnya. Mulai dari lilitan akar, dedaunan, tanah yang lembab, matahari di sela-sela pepohonan, orang yang berlalu lalang dengan bermacam-macam ekspresi, dan lain sebagainya.

Berita Terkait: Tracking Mangrove In Love: Keindahan dan Pelestariannya

2. Foto selfie atau prewedding

Opsi selanjutnya lebih bersifat mengabadikan momen bersama diri sendiri ketika sedang berkunjung kesana. Bagi Anda yang ingin berselfie ria atau mencari lokasi pemotretan untuk postingan Instagram, tempat satu ini harus menjadi salah satu tempat dalam list Anda.

Selain berfoto dengan tujuan instastory, lokasi ini juga tidak jarang menjadi lokasi foto prewedding. Nuansanya yang hijau dan teduh dapat memberikan efek yang sempurna bagi sejoli yang ingin melangkah ke jenjang lebih serius. Jadi, bagi Anda yang masih bingung menentukan lokasi foto prewedding, Tracking Mangrove Trans Pato’a bisa menjadi pilihan.

3. Merenung dan melepas penat

Bagi Anda yang sedang mencari hiburan dan melepaskan kepenatan rutinitas sehari-hari. Hutan mangrove bisa menjadi salah satu solusi. Di tempat ini, Anda bisa memilih salah satu sudut ternyaman untuk duduk dan merenungi segala tindakan dan kegiatan yang sudah Anda lalui. Hal ini sangat manusiawi, karena setiap orang pasti perlu waktu untuk sendiri.

Di wisata hutan mangrove, tidak setiap pengunjung datang karena sukacita atau merayakan sesuatu.  Beberapa orang juga datang untuk merefleksi pikiran atau menenangkan jiwa. Jadi, tak masalah jika objek wisata special satu ini menjadi tempat tujuan untuk merenung.

4. Mempelajari tanaman mangrove

Selain para wisatawan yang ingin melakukan pemotretan atau melepaskan penat, hutan mangrove juga biasanya menjadi tujuan wisata edukasi. Salah satunya adalah pembelajaran mengenai tumbuhan tersebut, mulai dari fungsi pertumbuhan, cara hidup, dan semua yang berkaitan dengan mangrove.

5. Diving

Karena saat ini, tracking mangrove peto’a sudah menyediakan jasa diving, pengunjung bisa mengisi waktu berlibur di mangrove pato’a dengan menyelami dunia bawah laut. Pasti menarik dan mengasyikkan bukan? Masalah uang sewa tak perlu terlalu khawatir, karena harga penyewaan ini sudah masuk dalam kategori terjangkau.

Demikian, beberapa aspek penting terkait taman wisata Tracking Mangrove Trans Pato’a. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk memilih tempat wisata yang menarik dan berkesan.

Baca Juga: Tracking Mangrove Binuanga Jadi Incaran Fotografer Alam & Human Interest

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button