✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

Spot Sakau Point Bolsel, Kelestarian Surga Bawah Laut Mempesona

Advertisement

Waktu.news | Apa yang pertama kali terlintas ketika Anda mendengar kata Bunaken? Surga bawah laut? Destinasi paling top yang ada di Sulawesi Utara? Ya, Bunaken merupakan salah satu destinasi wisata ternama milik Sulawesi Utara. Namun, tahukah Anda bahwa ada spot Sakau point Bolsel (surga bawah laut) yang tak kalah indah daripada Bunaken?

Jika berbicara terkait wisata bawah laut, Indonesia memiliki banyak spot yang layak untuk dikunjungi wisatawan domestik dan juga wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah Sulawesi Utara. Provinsi Sulawesi Utara memiliki beragam destinasi wisata bawah laut yang sangat memanjakan mata. Salah satunya adalah kabupaten Bolaang Mongondow Selatan atau Bolsel.

Advertisement

Bolsel merupakan kabupaten yang terletak di ujung selatan provinsi Sulawesi Utara yang turut memiliki keindahan dunia bawah laut. Jika Anda berniat untuk berkunjung ke Sulawesi Utara, jangan hanya singgah ke Bunaken, cobalah untuk mengunjungi destinasi lain yang tak kalah indah seperti Bolsel.

Spot Sakau Point Bolsel (Surga Bawah Laut), Satu dari Sekian Spot Diving Unggulan Sulut

Apabila Anda mencintai diving dan juga snorkling, kami menyarankan untuk mengunjungi salah satu wisata bahari yang masih sangat terjaga kelestarian alam bawah lautnya. Yakni spot Sakau point Bolsel (surga bawah laut) yang terletak di kabupaten Bolsel Sulawesi Utara.

Advertisement

Kabupaten Bolsel terletak tidak jauh dari pusat kota Manado. Jika Anda mendarat di bandar udara Sam Ratulangi atau bandar udara Jalaludin Gorontalo, maka Anda hanya perlu waktu sekitar 3,5 jam untuk menempuh perjalanan darat menuju Bolsel.

Sepanjang perjalanan menuju Bolsel, Anda akan benar-benar menemukan kelestarian alam yang sangat terjaga. Pohon-pohon besar secara bergantian akan memenuhi pandangan mata selayaknya lukisan pemandangan yang terdapat dalam banyak buku cerita.

Ternyata, Bolsel tidak hanya menyimpan keindahan surga bawah laut. Ada banyak destinasi wisata alam lainnya yang juga dapat Anda nikmati ketika berkunjung. Salah satunya adalah kawasan hutan mangrove terbesar yang ada di provinsi Sulawesi Utara.

Selain daripada wisata bahari dan juga kawasan hutan mangrove, ada beberapa objek wisata lain yang cukup instagramable dan menjadi lokasi favorit untuk berselfie ria, yakni alun-alun ibukota dan juga mesjid Amirul Mukminin Kubah Merah.

Advertisement

Baca juga: Rekomendasi Wisata Bahari Sulut, Ada Spot Barakuda Bolsel 

1.  Alun – Alun Ibukota

Destinasi wisata bukan wisata bahari yang pertama adalah alun-alun Ibukota Bolaang Mongondow Selatan. Ketika memasuki ibukota kabupaten, Anda akan melihat sebuah gedung megah yang terletak pada kompleks alun-alun.

Ternyata, bangunan ini merupakan gerbang utama yang memiliki tinggi kurang lebih 15 meter serta bergaya Arc de Thiompre yang terletak di Prancis. Jika begini, wajar saja ya bila banyak wisatawan yang sengaja berhenti sejenak hanya untuk berfoto ria.

2.  Mesjid Amirul Mukminin Kubah Merah

Destinasi bukan wisata bahari yang selanjutnya adalah mesjid Amirul Mukminin. Yakni sebuah masjid yang terletak dalam kawasan perkantoran Panango. Bangunan mesjid yang unik dan juga megah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan menjadi spot foto yang tak kalah instagramable, lho!

Menakjubkan bukan? Destinasi wisata milik Indonesia yang melimpah ruah merupakan potensi besar untuk memajukan bangsa. Bagaimana tidak? Keindahan alam tidak hanya memicu wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Daya tarik ini akan membawa Indonesia dikenal oleh dunia. Sebagai masyarakat, kita bertugas untuk menjaga serta turut melestarikan kekayaan alam yang ada agar dapat bertahan sampai dengan ratusan tahun ke depan.

Spot Sakau Point Bolsel

Advertisement

Sikap Masyarakat dalam Upaya Memajukan Pariwisata Tanah Air

Spot Sakau poin Bolsel (surga bawah laut) saat ini belum terlalu populer layaknya Taman Nasional Bunaken. Masih banyak wisatawan yang belum mengenal taman bawah laut milik Sulawesi Utara yang satu ini.

Sebagai masyarakat setempat, apakah Anda tahu bagaimana cara untuk berpartisipasi dalam memajukan sektor pariwisata Bolsel agar semakin terkenal secara luas? Tentu ada banyak upaya yang dapat kita lakukan bersama-sama. Penasaran bagaimana caranya? Kami telah merangkum beberapa upaya dalam memajukan wisata lokal yang dapat kita lakukan bersama.

Artikel TErkait: Pantai Tersakiti Bolsel Dengan Keunikan Wisata Underwaternya

a) Menggencarkan Promosi

Hal pertama yang dapat kita lakukan untuk memajukan wisata lokal adalah turut serta dalam melakukan promosi besar-besaran. Ada banyak media promosi yang dapat kita gunakan. Salah satu yang tercepat dan memiliki jangkauan luas adalah melalui sosial media.

Tapi, bagaimana caranya? Cara mudah untuk melakukan promosi melalui sosial media adalah dengan cara membagikan foto. Supaya jangkauan promosi menjadi lebih luas, kita bisa mengandalkan tagar. Sederhana bukan? Metode promosi melalui sosial media memang terkesan sederhana, namun mampu mendatangkan pengaruh yang sangat besar.

b) Menyediakan Fasilitas yang Memadai

Cara lain yang dapat kita lakukan adalah dengan menyediakan fasilitas yang memadai bagi wisatawan. Tahukah Anda apa yang menjadi penghambat bagi sektor pariwisata lokal? Salah satunya adalah ketidakpedulian masyarakat dan juga pemerintah setempat terhadap kemajuan pariwisata itu sendiri.

Untungnya, pemerintah daerah Sulawesi Utara tidak berlaku demikian. Hal ini terbukti dengan adanya sarana dan prasarana yang cukup untuk menuju spot Sakau point Bolsel (surga bawah laut). Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai akan menjadi nilai tambah yang akan menyokong kemajuan industri pariwisata tanah air.

c) Menyediakan Jasa Open Trip

Selain daripada melakukan promosi dan juga menyediakan fasilitas yang memadai, cara lain yang dapat kita lakukan adalah menjadikan destinasi wisata sebagai peluang pekerjaan. Bagaimana caranya? Yakni dengan menyediakan paket wisata atau open trip.

Dengan menyediakan paket wisata atau open trip, Anda tidak hanya berupaya untuk mengenalkan wisata lokal kepada wisatawan, tetapi sekaligus juga menjadi mata pencaharian yang menjanjikan.

Sebagai masyarakat lokal, menjadi pemandu wisata bukan hal yang sulit. Dari sini kita dapat melihat bahwasanya kekayaan sektor wisata lokal juga berdampak baik bagi masyarakat setempat. Dengan syarat adanya hubungan timbal balik yang sepadan.

Pada akhirnya, sektor wisata lokal tidak hanya memperkenalkan Indonesia kepada dunia. Tetapi turut juga memperkenalkan kebudayaan setempat kepada masyarakat global. Asal mampu mengelola dengan baik, industri pariwisata adalah potensi yang sangat menjanjikan untuk kemajuan bangsa dan masyarakat, khususnya masyarakat di kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke Bolsel? Liburan akhir tahun bisa Anda jadikan kesempatan baik untuk berkunjung kesini. Masih ada waktu panjang untuk bersiap-siap. Mulailah menabung sedari sekarang, ketika waktunya tiba Anda bisa segera berangkat dan menyaksikan sendiri keindahan pariwisata Sulawesi Utara.

Artikel Lainnya: Molombunaye Dive Spot: Objek Wisata Terindah di Gorontalo

Terkhusus bagi Anda yang mencintai diving dan snorkling, jangan hanya berpuas dengan Taman Nasional Bunaken. Percayalah, bahwa Sulawesi Utara tidak hanya dengan Bunaken-nya saja.

Masih ada banyak spot wisata bahari yang tak kalah cantik daripada Bunaken, salah satunya adalah kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dengan spot Sakau Point Bolsel (surga bawah laut) yang sangat-sangat indah. Dijamin, Anda tidak akan menyesal ketika berkunjung kesini!.(rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button