Berita Boltim

Tren Penerbitan KIA di Boltim Meningkat Tajam

Tutuyan, WAKTU.news – Jumlah pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur mulai mengalami peningkatan signifikan.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Boltim, Subari Manangin, Kamis (31/3/2022) kemarin.

Meski sepanjang tahun 2020 sampai dengan 2021, capaian jumlah KIA di Boltim memang terbilang cukup rendah. Namun, penyebab utama yang mengakibatkan rendahnya penerbiatan KIA itu, bukan karena dipengaruhi oleh faktor pelayanan. Akan tetapi, adanya kerusakan pada mesin cetakkan kartu.

“Di tahun 2020-an, alatnya rusak. Nanti pada akhir 2021 baru ada printernya. Jadi di 2021, per 31 Desember, cakupannya di Boltim, cuma 16 koma sekian persen,” sebut Subari Manangin.

Dari sekitar 22 ribu jumlah wajib KIA di Boltim, dipastikan pada di akhir desember 2022 mendatang, cakupannya dapat tercapai.

Alasannya, mulai januari hingga april 2022 ini saja, tren penerbitan KIA mengalami peningkatan cukup tajam, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kalau dilihat dari intensitas pengimputan dua bulan terakhir ini, prosesnya sudah sekitar 20 persen atau sekitar 5 ribuan lebih,” ungkap Subari.

Bari juga menambahkan, saat ini skala prioritas Dukcapil Boltim adalah percepatan penerbiatan KIA bagi anak sekolah. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button