Berita Boltim

Waduh, Desa di Dataran Tinggi Boltim Ini Masuk Wilayah Rawan Tsunami

Tutuyan – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur tahun 2021-2026 mulai dibahas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim.

Namun, penyajian beberapa data dalam dokumen Ranperda RPJMD yang diserahkan Pemerintah Daerah (Pemda) pada rapat paripurna, Jumat (23/7/2021) kemarin, malah membingungkan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Boltim.

Masuknya desa Idumun sebagai salah satu desa di Kabupaten Boltim, yang rawan terhadap bencana tsunami dianggap Pansus tidak masuk akal. Alasannya, desa di wilayah Kecamatan Nuangan itu terletak di dataran tinggi atau pegunungan.

“Coba jelaskan, bagaimana bisa Idumun, masuk dalam wilayah yang rawan terhadap tsunami,” tanya, Wakil Ketua Boltim DPRD, Medy Lensun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim Elvis Siagian yang berada di ruang rapat tersebut memberikan penjelasan, bahwa lokasi desa Idumun tidak hanya pada dataran tinggi saja. Namun, juga terletak di wilayah dataran rendah.

Tetapi jawaban segera diikuti oleh Asisten III (tiga) Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Boltim, Rusmin Mokoagow. Rusmin yang dikenal sebagai penduduk Nuangan, membantah pernyataan kepala BPBD, Elvis Siagian.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button