Travel

Pantai Minanga Kota Jin Menyimpan Berbagai Pesona dan Cerita

Fasilitas Pantai Terlengkap di Gorontalo Utara

Waktu.news | Jika Anda berminat mengisi liburan ke kota pesona, Gorontalo, maka Anda layak mempertimbangan objek wisata pantai yang satu ini. Nama pantai Minanga mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Keelokan panorama alam dan keasrian lingkungan pantai menjadi salah satu ciri khas pantai tersebut.

Setelah sempat tutup beberapa bulan karena pandemic Covid-19, pemerintah Gorontalo memutuskan untuk kembali membuka destinasi wisata Minanga mulai bulan Mei tahun 2020. Tentu saja, kebijakan ini dibarengi dengan penerapan aturan protokol kesehatan bagi pengunjung.

Alasan Mengapa Pantai Minanga Wajib Dikunjungi

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung langsung ke pantai ini mungkin bertanya-tanya ada apa yang special dari wisata pantai ini. Oleh karenanya, secara eksklusif kami merangkum 5 alasan utama mengapa Anda wajib berkunjung ke pantai ini ketika sedang berada di Gorontalo.

Lokasi tidak terlalu jauh dari pusat kota

Lokasi pantai Minanga terhitung sangat strategis. Terletak di Desa Kotajin Utara Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo utara, membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam untuk akses dari pusat kota Gorontalo Utara. Tentu jarak ini tidaklah terlalu jauh dan rugi jika tidak menyempatkan mampir.

Letak pantai yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota sangat memudahkan pengunjung untuk datang. Akses jalan juga sudah memungkinkan bagi kendaraan roda empat. Secara akses, pantai ini memang lebih memadai daripada destinasi pantai lainnya, misalnya pantai botudidingga.

Salah satu daya tarik pantai ini adalah hamparan panoramanya yang tak bisa tertandingi. Perpaduan warna biru langit dengan air pantai nan tenang dan jernih akan membuat siapapun yang melihat terkesima dan betah berlama-lama disana demi melepas penat dan kejenuhan rutinitas setiap hari

Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 330 meter yang memungkinkan pengunjung melihat hamparan air sejauh mata memandang. Pemerintah setempat juga membangun beberapa atribut untuk melengkapi keindahan pantai, seperti gazebo, papan nama, ayunan, dan spot foto. Lokasi Map

Pantai Minanga yang bersih dan alami

Selain hamparan air laut dan pasir yang bersih, sepanjang pantai juga terdapat beberapa pohon kelapa yang melambai-lambai terkena angin pantai. Pepohonan ini menambah kesan alamiah dan perpaduan yang sempurna dari langit, bumi beserta seluruh isinya.

Selain itu, kebersihan pantai juga senantiasa terjaga dengan baik. Pada banyak titik, petugas menyediakan tempat sampah bagi para pengunjung. Atribut-atribut buatan yang terletak di beberapa sisi pantai juga sama sekali tidak mengotori kesan alami dari pantai ini.

Satu keunikan dari pantai Minanga yang tidak ada di pantai lain adalah adanya perayaan karapan sapi dan mandi safar di sepanjang bibir pantai. Upacara ini adalah ritual rutin masyarakat setempat dalam memperingati warisan tradisi nenek moyang yang sudah turun temurun.

Upacara-upacara tersebut juga terbuka bagi masyarakat umum atau luar daerah yang ingin menyaksikannya. Jadi bagi Anda yang ingin berwisata alam sekaligus wisata budaya, salah satu tradisi masyarakat desa Kotajin ini dapat menjadi sarana Anda untuk mengenal kearifan lokal lebih dalam.

Berita Terkait: Pantai Minanga Kota Jin, Destinasi Wisata Terbaru Gorontalo Utara Yang Trend

Pengelolaan Pantai Minanga sangat baik

Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa pantai Minanga merupakan tempat wisata di Gorontalo yang mempunyai pengelolaan terbaik. Pengelolaan tempat ini secara keseluruhan masuk dalam tanggung jawab bupati Gorontalo Utara melalui kepala desa Kotajin.

Masyarakat desa setempat sendiri sangat ramah kepada pengunjung. Setiap hari mereka memastikan pantai selalu dalam keadaan bersih dan nyaman. Mereka juga tidak segan membantu memenuhi kebutuhan para wisatawan dengan cara menyediakan produk-produk kebutuhan.

"<yoastmark

Tips Berlibur ke Pantai Minanga

Setelah mengetahui 5 alasan Anda harus berkunjung ke pantai kece ini, tentu Anda semakin berhasrat untuk berlibur kesana bukan? Tentu ide tersebut sangat bagus untuk mengisi liburan. Namun sebelum itu, Anda juga perlu tahu terlebih dahulu 5 tips berlibur ke destinasimili gorontalo utara.

Artikel Terkait: Rusli Habibie Bakal Ajak Sandiaga Uno Ke Pantai Minanga Kota Jin

1. Ajak keluarga atau beberapa kawan

Tips pertama yang akan sangat bermanfaat untuk menyempurnakan liburan Anda ke pantai ini adalah dengan mengajak keluarga atau rekan. Tentu sangat menyenangkan bukan, jika Anda memiliki teman bermain di tepi pantai? Bersantai dengan mengobrol tentang panorama atau asik berfoto ria.

Daripada berjalan sendirian atau merenungi di bibir pantai, mengajak seseorang untuk berlibur ke Minanga adalah tips yang kami anjurkan. Namun tips ini sangat opsional, tujuan liburan dan kenyamanan Anda sendiri adalah prioritas.

2. Gunakan pakaian yang tidak gerah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pantai memang tak pernah teduh kecuali ketika matahari mulai meredup untuk tenggelam. Oleh karena itu, sejak sebelum berangkat kami menyarankan Anda untuk menggunakan pakaian ringan dan menyerap keringat agar tidak menimbulkan gerah ketika berwisata.

Pakaian dengan kriteria ringan dan menyerap keringat umumnya berbahan katun. Tampilannya yang sangat variatif dan casual juga dapat menyempurnakan penampilan Anda selama sedang berlibur. Selain itu, ide memakai warna baju senada dengan teman juga ide yang menarik sekaligus untuk berfoto ria.

3. Mengajak teman yang sudah berpengalaman

Bagi Anda yang belum pernah menginjakkan kaki di wilayah pantai Minanga Gorontalo utara, kami sangat mengajurkan Anda mengajak teman yang sudah berpengalaman atau kenalan dari warga setempat. Tujuannya adalah sebagai guide dalam membantu Anda menemukan hal-hal menarik di Minanga.

Selain itu, melancong ke wilayah asing tanpa teman berpengalaman juga bisa saja berbahaya. Misalnya saja rawan terkena penipuan harga barang, tersesat, pencurian, dan lain sebagainya.

Tempat Wisata Gorontalo yang paling Populer di Kunjungi

4. Membawa pelindung dari sinar matahari

Jangan lupa melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berlebihan selama berada di pantai Minanga. Terutama bagi Anda yang memiliki kulit tidak tahan terhadap sinar matahari, beberapa tindakan perlindungan hukumnya wajib, entah itu dengan mengenakan kaca mata hitam, payung, dan sunscreen.

Bagi Anda yang berencana berjemur di pantai, sunscreen berfungsi melindungi kulit dari sinar yang memiliki kandungan buruk seperti UV dan ultraviolet. Jika sudah mengenakannya, kini Anda bisa mendapatkan kulit cokelat nan eksotis tanpa khawatir terkena dampak buruk dari sinar matahari.

5. Membawa atribut foto

Terakhir, jangan lewatkan momentum seru-seruan bersama keluarga atau kawan dengan sesi foto bersama. Untuk menyempurnakan momentum mengabadikan waktu tersebut, tak ada salahnya membekali rombongan dengan beberapa atribut yang bisa menjadi pelengkap foto.

Atribut tersebut bisa berupa sepeda klasik, papan nama keluarga, tulisan-tulisan lucu kekinian dan lain sebagainya. kenang-kenangan berupa foto yang indah dan tidak membosankan akan membuat liburan berkali lipat terasa lebih menarik dan membuat rindu.

Berita Lainnya:

Demikian ulasan lengkap mengenai pantai andalan gorontalo ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota Gorontalo Utara atau penasaran dengan pantai eksotis Minanga. Jangan lupa mengamalkan tips-tips sebelum berlibur ke pantai ini agar liburan Anda terasa lebih sempurna.(rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button