Nasional

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 Resmi Dibuka, Begini Cara Pendaftarannya

Waktu.news | Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022 Secara Resmi di buka Oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A..

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI) bertujuan untuk Mewujudkan Visi Indonesia Sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat Sesuai Dengan Program Perkembangan Desa Wisata sebagaimana yang tertuang dalam RPJMN 2020 – 2024.

Dalam sambutannya Menparekraf RI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. menjelaskan, bahwa untuk tahun 2022, Kemenparekraf RI menambah daftar peserta ADWI yaitu sebanyak 3.000 peserta desa wisata dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Lanjutnya, 7 kategori penilaian ADWI 2022 diantaranya, daya tarik wisata pengunjung, homestay, souvernir, digital dan kreatif, toilet umum, cleanliness health safety and evironment sustainablility (CHSE), dan kelembagaan desa wisatanya. Dan untuk pendaftarannya akan dimulai pada tanggal 19 sampai 30 Februari 2022.

Ia juga mengatakan bahwa ADWI 2021 mendapat respons positif dari masyarakat. Dari hampir 7.275 desa wisata yang ada di Indonesia, sebanyak 25 persen atau 1.831desa wisata mendaftar ke ADWI 2021.

Pendaftaran Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 akan dimulai 19 Februari hingga 31 Maret 2022.

Caranya bisa klik disini.

Lebih lanjut Menparekraf Sandiaga mengemukakan bahwa ADWI dilahirkan kala pandemi COVID-19. Dimana, objek wisata turun karena tidak ada wisatawan asing datang ke Indonesia dan masyarakat Tanah Air tak bisa berwisata ke luar negeri.

Pada awal Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 Kemenparekraf  hanya menargetkan 10 persen pendaftar dari total desa wisata di Indonesia yang berkisar 7.275 desa.

Menparekraf RI berharap program ini dapat dimanfaatkan daerah yang ingin memajukan Indonesia melalui desa wisata. (rhp)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button