Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleSeni Budaya

Awal Mula Berdirinya Nama Kerajaan Bintauna

Advertisement

Hikayat ini adalah hasil edit dari peninggalan catatan tulisan tangan alm. Abo Arifin N Pontoh yang merupakan hasil wawancara beliau dengan Alm. Abo Jogugu Poeloe Datunsolang dan Alm Abo Datoe Datunsolang di Bintauna.

Awal Mula Berdirinya Nama Kerajaan Bintauna,

Wallahu a’lambissawab. Pada masa pemerintahan Pangulu Datu Binangkal di Mokapog (Setelah wafatnya Pangulu Dotinggulo / Pendiri Negeri Mokapog – wafat kurang lebih tahun 1620, Juga hidup seorang tokoh yang dikenal luas dan berpengaruh .

Advertisement

Beliau “terkenal” dan berpengaruh serta di cintai oleh orang-orang yang berdiam di lereng barat gunung kabila (Tapa), Molibagu, Doluduo dan Dumoga.

Penduduk di daerah ini mencintai beliau karena kebijaksanaannya, ketangkasan dan kesaktiannya, cerdik dan jujur. Beliau bernama Solagu (artinya besar).

Advertisement

Sewaktu Pangulu Datu Binangkal meninggalkan Mokapogu bersama rakyatnya, memindahkan ibu negeri ke Kaidipang dan merubah nama negeri menjadi Kerajaan Kaidipang, sebagian penduduk ada yang hanya turun ke Sonuo (Kini masuk wlayah kecamatan Bolangitang dan ada juga kelompok penduduk yang tetap tinggal di Mokapog.

Lanjut

Mereka kebanyakan merupakan kelompok yang berasal dari Tapa / Kabila, Lagang Kadul (Gunung sebelah barat Mokapog), Molibagu, Dumoga dan Doluduo.

Penduduk yang tetap tinggal di Mokapog ini kemudian mengangkat Solagu menjadi “Palima” atau pemimpin mereka untuk mencari wilayah baru karena mereka kurang setuju pindah ke Kaidipang atapun turun ke Sonuo (Bolangitang lama).

Dengan di pimpin oleh Palima Solagu rombongan ini bergerak kearah timur. Setelah rombongan ini menempuh perjalanan kurang lebih 40 kilo meter kearah timur dari Mokapog, maka para tokoh tua (tua-tua) mulai mempertanyakan sejauh mana akan bergerak atau di mana bisa berhenti dan membangun negeri.

Advertisement

Alkisah maka pada suatu malam seorang tetua berseru dengan nyaring dalam bahasa yang mereka gunakan: “Po’ontonge bintang ona-ona iye, onda poberentia nota,… otuntua ponaka no lipu“ (artinya kurang lebih : “ lihat baik baik ini bintang di depan,… di mana dia berhenti,…. di situ kita bikin negeri”).

Baca Juga: Mau Nikah Dengan Orang Vintauna? Begini Cara Pernikahan Adat Bintauna

Cerita Berdirinya Nama Kerajaan Bintauna

Dari seruan “bintang ona-ona” inilah konon asal mula nama Bintauna. Mereka segera berhenti berjalan ketika mereka melihat bahwa bintang yang memandu mereka berhenti bergerak.

Hutan di Lokasi ini segera di tumpas secara gotong royong dan di situlah kemudian mereka membangun negeri.

Mereka mengangkat Solagu menjadi Raja mereka dengan gelar Dotu Solagu (Dotu artinya Raja Dan Solagu artinya Besar.) Nama ini kemudian lebih di kenal dengan Datunsolang.

Keturunan Raja Datunsolang secara turun temurun memerintah di Kerajaan Bintauna sampai dengan Rajanya yang terakhir yaitu Paduka Tuan Raja M. Toraju Datunsolang, yang masa pemerintahan nya berakhir pada tahun 1950.

Kedudukan kerajaan Bintauna ini mula-mula di hulu Huntuk tepat pada belahan hulu sungai Bintauna pante yang lembahnya di sebut “gambut inlanga”, dan Biau serta daerah perbukitan sekitarnya.

Advertisement

Ditempat ini Raja Datunsolang membangun “Komalig”. Di kemudian hari, untuk mendekati jalur komunikasi dan transportasi laut, Komalig di pindahkan ke Bintauna Pante dan terakhir karena sering tergenang banjir, Komalig di pindahkan lagi ke Pimpi. (Komalig ini terbakar habis dalam taktik bumi hangus di masa pergolakan PRRI/Permesta). Itulah sedikit catatan tentang Awal Mula Berdirinya Nama Kerajaan Bintauna. (rhp)

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button