Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleSeni Budaya

Mau Nikah Dengan Orang Vintauna? Begini Cara Pernikahan Adat Bintauna

Advertisement

Peminangan (Molonda’o) artinya pertemuan pertama dari kedua orang tua laki-laki dan orang tua perempuan yang di fasilitasi oleh lembaga adat dengan maksud memohon kepada orang tua perempuan dimana seorang anak perempuan sebana (…) dimohon dan diminta kiranya mendapat persetujuan dari pihak laki-laki belum mendapat jawaban dengan alasan masih menanyakan kepada seorang perempuan di mana mereka sudah ada saling hubungan cinta.

Nanti selang beberapa hari kemudian dari pihak mempelai perempuan menyampaikan kabar kepada orang tua pihak laki-laki bahwa sudah mendapat jalan yang baik untuk ditempuh.

Advertisement

Maka orang tua dari pihak laki laki bersama orang tua adat mendatangi rumah dari orang tua pihak perempuan untuk mensyukurinya peminangan sudah di terima.

Kemudian dilanjutkan dengan musyawarah memintakan susunan rincian Pernikahan Adat Bintauna kawin mawin dari pihak perempuan.

Advertisement

Maka selang beberapa hari orang tua dari pihak perempuan telah mengutus salah seorang lembaga adat untuk mengundang kepada pemengku adat, para pelaksana adat dan pegawai syar’I untuk musyawarah membuat rincian adat istiadat kawin mawin dengan susunan Cara Pernikahan Adat Bintauna sebagai berikut:

  1. Pinokumana Rp 100.00
  2. Sopoto Rea Mopange Rp 60.000
  3. Lontupo Lima Rp.75.000
  4. Vatanga Nokati 30 Pohon Kelapa Berbuah
  5. Tila Vatanga Vai Muda Rp.48.000
  6. Hiaho Rp. 150.000
  7. Learo Rp 300.000
  8. Tinua Timbale 2 Pohon Kelapa Berbuah
  9. Pinopopotika 2 Pohon Kelapa Berbuah

Baju Pakaian Adat Suku Gorontalo: Berikut Makna dan Filosofinya Lebih Dalam

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button