Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
HealthLifestyle

Cara untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh agar Tidak Mudah Jatuh Sakit

Advertisement

Cara untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh – Manusia tercipta dalam keadaan sempurna, termasuk juga sistem serta fungsinya. Namun mereka jugalah memiliki batas dan kelemahan. Oleh karena itu mudah juga untuk jatuh sakit dan terinfeksi oleh organisme yang mampu menyerang imunitas tubuhnya serta mengganggu keseimbangan kerja di dalamnya

Apa Itu Imunitas Tubuh?

Sistem imunitas tubuh atau daya tahan dapat anda pahami secara sederhana sebagai sistem kerja manusia. Yaitu untuk melawan juga menjaga diri dari suatu penyakit yang fokus utamanya adalah menyerang kekebalan. Pada umumnya, sistem ini dapat bekerja secara normal melawan berbagai penyakit.

Advertisement

Jika imunitas menurun, maka tubuh akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Biasanya tubuh akan seperti ini apabila sedang dalam keadaan lemah. Kekebalan pun turun sehingga virus dan berbagai macam organisme beresiko mengganggu kesehatan pun masuk dengan mudah .

Karenanya penting untuk menjaga kesehatan diri sendiri. Sangat perlu diperhatikan imun terlebih sedang dalam kondisi seperti ini, dimana ancaman virus mengharuskan untuk diri sendiri menjaganya lebih ekstra.

Advertisement

Bagaimana Cara untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh?

Berikut Cara untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh yang bisa Kamu lakukan :

Jauhkan Diri dari Stress dan Tetap Berusaha untuk Rileks

Stress adalah salah satu sumber penyakit utama. Semakin tinggi tingkat stress seseorang, maka semakin rendah sel darah putih atau antibodi seseorang. Dengan begitu imunitas tubuh akan menurun dan penyakit pun mudah masuk.

Stress dapat berperan pula untuk mengontrol perilaku manusia. Tak hanya kerugian yang dapat secara kesehatan, namun ketika seseorang mengalami kejenuhan itu juga dapat membawanya kepada pola hidup tidak sehat serta buruk. Seperti merokok, memakan junk food serta meminum minuman beralkohol.

Mengkonsumsi Makan-makanan Sehat dan Bergizi

Sudah bukan hal baru lagi untuk diketahui kalau makanan yang sehat atau real food dapat membantu menjaga kesehatan. Mengapa bisa begitu? Karena makanan ini tak banyak melalui proses dan langsung dari alam sehingga terjaga keasliannya.

Advertisement

Namun banyak sekali sekarang orang maunya serba praktis. Junk food dan Fast food lah kini menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Sedangkan di dalamnya banyak sekali mengandung lemak jenuh, tinggi garam, pengawet bahkan pewarna yang bersifat karsinogenik bagi tubuh.

Berolahraga Secara Teratur

Banyak jurnal kesehatan telah membuktikan kalau olahraga dapat membantu menjaga kesehatan dengan meningkatkan kadar leukosit. Biasa orang isebut juga dengan sel darah putih, ini berfungsi untuk mematikan bakteri yang masuk, meningkatkan kekebalan tubuh dan respons antibodi (T Cell).

Tak perlu berlama-lama dan dengan intensitas tinggi untuk berolahraga, Kamu dapat melakukannya selama 30 menit minimalnya setiap hari. Olahraga yang bisa jadi pilihan adalah workout, jogging pagi, HIIT, hingga berjalan santai berkeliling komplek atau depan rumah yang mudah dijangkau.

Berita Terkait: Tips Meningkatkan Kekebalan Wanita Hamil ditengah Pandemi Covid-19

Beristirahat dengan Cukup

Terkadang tuntutan pekerjaan berat serta tugas tugas belum terselesaikan memaksa untuk tidur larut malam serta jam berantakan tidak teratur. Begadang pun menjadi pilihan, kurang tidur, mata sayu, wajah bengkak serta letih berkepanjangan bahkan merusak sistem kerja didalam tubuh.

Seseorang yang kurang tidur akan mudah terinfeksi berbagai macam penyakit. Penelitian menyarankan agar durasi tidur cukup sesuai dengan usia serta kebutuhan. Untuk orang dewasa disarankan 7-8 jam untuk menjaga kesehatan, paling tidak 6 jam adalah waktu minimal seseorang dapat beristirahat.

Jangan Merokok

Rokok sudah menjadi kebiasaan orang banyak apalagi kaum adam, namun dengan begitu bukan berarti ini adalah suatu hal yang aman dan bisa kita lakukan secara berlebihan. Baik rokok elektrik ataupun elektronik, entah pasif ataupun aktif keduanya pasti kena dampak buruknya.

Advertisement

Rokok mengandung banyak sekali racun dan bahan berbahaya lainnya, salah satunya nikotin. Nikotin kita ketahui dapat meningkatkan kadar kortisol atau hormon stress yang mengurangi pembentukan antibodi. Maka dari itu kurangilah atau bahkan tidak sama sekali merokok, baik pasif juga aktif.

Cobalah Makan Makanan Fermentasi atau Minum Suplemen Antibiotik

Makanan yang telah difermentasi sangat kaya akan bakteri baik menguntungkan seperti probiotik dapat mengisi saluran pencernaan Kamu serta menyehatkannya. Ini dapat ditemui di dalam yoghurt, kimchi, kefir, natto, asinan kubis dan sourdough.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jaringan bakteri dapat bekerja dengan baik di dalam usus. Ini Kemudian akan berkembang serta membantu sel-sel kekebalan juga membedakan mana organisme yang baik mana penyerbu keseimbangan tubuh.

Batasi Konsumsi Gula

Bahwasannya gula dan tambahan karbohidrat olahan dapat berkontribusi secara tidak baik terhadap kontrol berat badan sehingga menyebabkan obesitas apabila konsumsi secara berlebih. Obesitas itu sendiri pun adalah masalah kesehatan.

Batas konsumsi gula harian seseorang adalah 4 sendok makan dalam sehari. Setidaknya Kamu harus berusaha menguranginya sebanyak 5 persen dari kebutuhan kalori perhari. Hal ini juga berguna mengurangi lonjakan gula darah secara signifikan yang menyebabkan seseorang selalu lapar.

Minum Air Putih yang Banyak

Minum air putih memanglah tidak mengenyangkan, bahkan hal tersebut sama sekali nihil kalori sehingga tidak menambahkan energi. Namun, hal ini sangat orang perlukan untuk tetap menjaga metabolisme agar terus berjalan.

Jagalah tubuh agar tetap terhidrasi guna membantu melindungi diri dari virus, memang bukan yang utama namun sangat bermanfaat untuk organ lainnya seperti ginjal, pencernaan, serta jantung. Oleh karena itu, banyak menyarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas perhari.

Berita Lainnya: Cara Hidup Sehat dengan Pola Hidup yang Benar

Konsumsi Suplemen Herbal dan Vitamin Tambahan

Selain menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan sehat, olahraga teratur dan minum air putih secara rutin, Kamu juga bisa menambahkan suplemen herbal juga vitamin sebagai konsumsi harian guna memperkuat imunitas tubuh.

Beberapa kandungan yang ahli sarankan untuk dikonsumsi seperti Echinacea sebagai anti radang dan anti inflamasi, morinda citrifolia atau buah mengkudu untuk meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, namun jika Kamu memiliki riwayat penyakit gagal jantung, liver, ginjal sebaiknya jauhi suplemen ini.

Berusaha Menjaga Kesegaran Lingkungan Sekitar

Udara serta lingkungan yang sejuk dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah sehingga membuat alirannya lancar serta tubuh menjadi terasa bugar, pada saat itulah kinerja otak meningkat lalu menjadikan badan terasa segar karena apabila otak bekerja dengan baik, seluruh organ pun akan begitu.

Udara adalah hal terpenting, karena masuk ke dalam sirkulasi pernafasan dan mengatur kelancaran organ organ yang ada dalam tubuh. Jika kualitasnya buruk, maka bisa pastikan akan mengganggu kesehatan kita karena biasanya mengandung partikel padat yang membahayakan kesehatan.

Itulah beberapa tips yang bisa Kamu ketahui untuk meningkatkan imunitas tubuh secara efektif serta mudah serta bisa anda coba sendiri. Dengan imunitas tubuh terjaga dan baik akan berpengaruh dengan kegiatan kita sehari-hari. Semoga tips ini dapat membantu bagi para pemula untuk menjaga kesehatan lebih baik.

Arikel Terkati;

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button