Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BoltimDaerah

Cengkeh Kembali Berbuah, Warga Nuangan Boltim Gembira

Advertisement

Belum lama dipanen, pohon cengkeh di wilayah kecamatan Nuangan, Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut) kembali menunjukkan tanda-tanda akan berbuah. Bahkan, tanda-tandanya makin kentara.

Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi para petani cengkeh setempat karena mereka dapat kembali memanen cengkeh dalam waktu singkat.

Advertisement

Menurut salah seorang petani cengkeh warga Desa Loyow, Rifai Mokoagow, tanda-tanda pohon cengkeh akan berbuah mulai terlihat dengan munculnya bunga cengkeh. Bunga cengkeh ini merupakan bakal buah cengkeh yang nantinya akan berkembang menjadi buah cengkeh yang siap dipanen.

“Rata-rata pohon cengkeh mulai berbunga. Ini tandanya sebentar lagi akan panen lagi,” ujar Rifai, Senin (25/3/2023).

Advertisement

Rifai menjelaskan, cengkeh di wilayah Nuangan biasanya belum keluar bunga atau pucuk bakal buah. Namun, pada bulan Februari-Maret, bakal buah sudah terlihat nampak.

“Kalau cuaca stabil, curah hujan dan panas seimbang makan panen kali ini diperkirakan di bulan-bulan Juli atau Agustus,” jelas Rifai.

Lebih lanjut, Rifai mengungkapkan kembalinya berbuah pohon cengkeh ini tentu saja menjadi harapan baru bagi para petani cengkeh di wilayah Nuangan. Pasalnya, harga cengkeh di pasaran saat ini tergolong cukup tinggi.

“Harga cengkeh panen kemarin lagi bagus. Jadi, kami berharap panen kali ini bisa sama,” ungkap Rifai.

Advertisement

Rifai menambahkan, cengkeh merupakan salah satu komoditas unggulan di wilayah Boltim khusunya di kecamatan Nuangan. Ia berharap pemerintah memberikan perhatian serius terhadap harga tanaman cengkeh.

“Semoga pemerintah dapat memperhatikan dan mempertahankan harga cengke,” tambahnya.

Diketahui, pada September 2023 lalu, sebagian besar warga di wilayah pesisir Boltim baru selesai memanen buah cengkeh. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button