Berita Boltim

Dinkes Boltim Rilis Penyebaran Covid-19, Sembilan Orang Meninggal Dunia

Tutuyan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur merilis data terbaru penyebaran Covid19, Senin (19/7/2021) pagi tadi.

Sesuai hasil pemetaan, satu-satunya wilayah di Kabupaten Boltim yang paling aman dari bahaya virus Covid-19 adalah kecamatan Motongkad.

Pasalnya, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah tersebut hanya satu orang saja, itu pun telah dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Boltim, Eko Marsidi menjelaskan, berdasarkan rekapan data real per Senin 19 Juli 2021, dari jumlah 236 total kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 197 dinyatakan sembuh dan 30 diantaranya aktif.

“Awalnya, hanya ada 7 meninggal kasus positif Covid-19. Namun, adanya ketambahan satu orang di Nuangan dan satunya lagi tadi malam (18/7/2021) di Tutuyan, total saat ini adalah 9 orang” jelas Eko Marsidi.

Ia menambahkan, meski Boltim saat ini berada pada asesmen situasi pandemi level tiga kategori insden tinggi untuk tingkat penyebaran covid-19. Namun, terdapat satu kecamatan dengan resiko penyebaran virus yang tergolong rendah atau zona kuning.

“Satu kecamatan itu yakni Kecamatan Mooat, dan Kecamatan lain seperti Kotabunan, Tutuyan, Nuangan, Modayag dan Modayag Barat, berada pada zona oranye,” tambah Eko.

Untuk diketahui, asesmen level situasi tiga pandemi Covid-19 merupakan penilaian krisis mengenai laju penularan virus corona di sebuah daerah berdasarkan indikator yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Adupun level tiga dengan insden tinggi angka kasus konfirmasi positif Covid-19 yakni antara 50-150 kasus per 100 ribu penduduk, 10-30 kasus yang dirawat di rumah sakit per 100 ribu penduduk, dan 2-5 kasus meninggal per 100 ribu penduduk di daerah tersebut. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button