Berita Boltim

Dorong Sektor Pertanian, Pemdes Nuangan Serahkan Sejumlah Mesin Pemotong Rumput

Tutuyan, WAKTU.news – Pemerintah Desa Nuangan di Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur nampaknya tidak main-main dalam mendorong sektor pertanian.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 20 mesin pemotong rumput yang mereka baru saja bagaikan kepada warga masyarakat desa Nuangan.

Menurut Kepala Desa Nuangan, Hamdan Arbie, pengadaan alat mesin pertanian merek Yanaka ini, bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahap II tahun 2021.

“Keunggulan dari merek ini, pemakaian bahan bakar minyak sangat irit. Satu hari saja tidak sampai dua liter, bayangkan itu,” kata Hamdan, Selasa (16/11/2021).

Hamdan meminta agar para penerima bantuan tersebut dapat menjaga dan merawatnya dengan baik serta tidak boleh disalahgunakan, apalagi sampai dijual begitu saja.

Sebab, bantuan mesin pemotong rumput tersebut, tujuannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Apalagi ditengah pandemi COVID-19, situasi ekonomi masyarakat sedang tidak stabil.

“Oleh karena itu, pemberian bantuan ini setidaknya dapat membantu menambah sumber penghasilan mereka sendiri. Misalnya sewa harian, sekarang 175 ribu rupiah per hari, dikurangi ongkos kerja masi 150 ribu kan lumayan,” ujarnya.

Lanjut Hamdan, kondisi dana desa saat ini sangatlah terbatas, sehingga bantuan diberikan hanya dua puluhan warga saja, itu pun kepada warga yang belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan alat mesin pertanian.

Pemdes Nuangan Serahkan Sejumlah Mesin Pemotong Rumput

Dana untuk pengadaan dua puluh unit mesin pemotong rumput itu saja, kata Hamdan, berasal dari anggaran pengurangan jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD yang mereka geser pada APBDes Perubahan.

“Tahun 2020 lalu banyak yang kehilangan pekerjaan, seperti misalnya sopir dan para penambang, karena mereka tidak bisa keluar bekerja. Nah 2021 ini kan sudah dibolehkan, makanya kami kurangi dan hanya mengakomodir warga yang benar-benar terdampak COVID-19 saja,” ulas Hamdan.

Ia juga menambahkan, komitmen dan kepedulian Pemdes Nuangan terhadap masyarakat bukan hanya alat pemotong rumput saja, mereka juga akan mengadakan sekitar sepuluh buah mesin sensor mini atau alat pemotong kayu dan enam buah tangki semprot rumput pada tahap III DD tahun 2021 ini.

Pengadaan alat mesin pertanian tersebut diperuntukkan sesuai kebutuhan, bukan keinginan dari masyarakat itu sendiri. Tujuannya, dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat khususnya dibidang pertanian.

“Sebab kalau hanya keinginan masyarakat, yang bakal terjadi bukan dipergunakan sebagaimana kebutuhan mereka, tapi bisa-bisa mereka jual,” jelas Hamdan.

Pihak ketiga atau rekanan selaku penyedia yang ditunjuk pemerintah desa, juga ia tekankankan untuk mengedepankan kwalitas barang. Sebab, jika tidak sesuai dengan pesanan, maka pihaknya selaku pemesan tidak akan membayarnya.

“Karena ada juga kan yang hanya ingin mengejar keuntungan, tapi kwalitas barang jelek. Untuk itu, setiap pengadaan, kami baru akan membayarnya ketika barang sudah ada ditempat,” tandasnya. (bs/aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button