Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Menaklukan Gunung Tangkoko, Destinasi Wisata Alam yang Menawan di Sulawesi Utara

Advertisement

Gunung merupakan salah satu penampakan alam alami yang menghadirkan beragam keindahan memukau. Kegiatan liburan juga akan menyisakan pengalaman berharga jika seseorang mengunjungi gunung Tangkoko. Lokasi tersebut menjadi pilihan favorit bagi para pendaki saat momen tertentu.

Mengenal Gunung Tangkoko

Gunung Tangkoko merupakan salah satu wujud penampakan alam asri yang berada pada kota bitung (kota Cakalang) provinsi Sulawesi Utara. Keanekaragaman hayati masih sangat banyak pada lokasi tersebut. Gunung ini juga menjadi salah satu pariwisata unggulan yang terdapat pada provinsi Sulawesi Utara.

Advertisement

Flora dan fauna langka dan terlindungi oleh negara Indonesia juga terdapat pada gunung andalan kota bitung. Hal ini membuat para wisatawan selalu menjadikan gunung tersebut sebagai tujuan dari kegiatan pendakian. Seorang yang ingin mendaki dan baru pemula sebaiknya menyewa jasa pemandu wisata.

Pemandu wisata berperan sebagai penunjuk arah akan aktivitas pendakian. Hal ini lantaran wilayah gunung ini di dominasi oleh hutan lebat dan arah hampir mirip. Petunjuk lokasi atau arah menuju lokasi gunung masih sangat terbatas, sehingga hal ini bisa memicu terjadinya tersesat dalam hutan.

Advertisement

Kegiatan yang dapat Seseorang Lakukan

Mengunjungi gunung Tangkoko membuat seseorang dapat melakukan berbagai macam kegiatan baik saat pada puncak ataupun hutan. Hal ini menjadi salah satu tujuan dari kegiatan liburan atau pendakian dari seseorang. Berikut ini kegiatan yang dapat seseorang lakukan pada gunung ini:

Pendakian

Kegiatan pendakian merupakan salah satu kewajiban yang harus pengunjung coba saat datang pada wilayah Tangkoko. Tujuan dari tindakan pendakian yaitu mengenal lebih dekat aktivitas gunung dan penduduk sekitar dengan ketinggian tertentu. Pemandangan juga terlihat begitu memukau dari atas.

Berjelajah

Mirip dengan pendakian, kegiatan lain yang biasanya pengunjung lakukan yaitu menjelajahi hutan dari wilayah gunung Tangkoko. Kegiatan penjelajahan akan terasa menyenangkan lantaran seseorang dapat melakukan penelitian dan pembelajaran terkait dengan kehidupan alam sekitar pegunungan.

Melihat Flora dan Fauna

Aktivitas melihat Flora dan Fauna juga kerap kali menjadi tujuan seseorang saat mengunjungi gunung keren itu. Hal ini lantaran hewan dan tumbuhan langka masih tersedia dan terawat dengan baik pada wilayah tersebut. Kantong Semar menjadi salah satu tumbuhan langka yang terdapat pada gunung ini.

Advertisement

Kemah

Berkaitan erat dengan pendakian, seseorang biasanya akan memanfaatkan lahan dan hutan sekitar gunung untuk area perkemahan. Kegiatan perkemahan yang pengunjung lakukan pada daerah pengunungan tentu saja mempunyai pengalaman tersendiri, salah satunya udara sejuk dan dingin.

Melihat Pantai dari Ketinggian

Kawasan gunung ini juga dekat dengan destinasi pariwisata berupa pantai yang indah dan mempesona. Hal ini juga menjadi salah satu tujuan seseorang melakukan kunjungan pada Tangkoko pada saat liburan ataupun momen seru tertentu. Melihat pantai juga dapat dari atas gunung.

Renang

Pantai yang berada pada sekitar kawasan gunung Kota Bi juga seringkali pengunjung manfaatkan sebagai tempat untuk berenang. kegiatan tersebut tentu saja menyenangkan lantaran air pada pantai masih sangat jernih dan tidak gatal. Suasana pantai juga terbilang masih belum padat pengunjung.

Fotografi

Seseorang tidak boleh melewatkan momen yang terjadi pada gunung Tangkoko dengan cara mengabadikan melalui ponsel ataupun kamera. Hal ini menjadi bukti bahwa pernah mengunjungi wisata indah kota cakalang. Fotografi juga dapat maksimal karena penampakan alam.

Melihat Aktivitas Penduduk

Pendakian gunung tentu saja tidak terlepas dari kegiatan bertanya pada penduduk sekitar gunung. Hal ini membuat seseorang juga dapat melihat aktivitas penduduk tersebut dengan jelas. Poin ini tentu saja belum tentu terjadi pada kehidupan penduduk perkotaan. Mayoritas profesi warga petani kebun.

Daya Tarik Gunung Tangkoko

Pengunjung melalui beragam aktivitas tentu saja tidak dapat lepas dari daya tarik yang ada pada gunung tersebuit. Keberadaan pariwisata ini juga seringkali menjadi primadona para pendaki gunung. Daya tarik meliputi beberapa hal dengan kualifikasi sebagai berikut ini:

Keragaman Flora dan Fauna

Daya tarik pertama kali yang terdapat pada gunung Tangkoko yaitu keberadaan flora dan fauna. Hal ini membuat seseorang dapat melihat dengan langsung terkait hewan dan tumbuhan yang mendapatkan perlindungan dari pemerintah Indonesia. Momen tersebut juga dapat terabadikan.

Advertisement

Poin ini belum tentu terdapat pada tempat wisata lainnya, sehingga sangat pas bagi orang yang menyukai pembelajaran seputar flora dan fauna. Ragam tumbuhan seperti kantong Semar, raflesia Arnoldi juga turut menghiasi keindahan dari destinasi kota dari jarak dekat.

Gunung Tangkoko bitung

Pemandu Jalan

Hal yang paling penting sebelum melakukan aktivitas pendakian yaitu mengetahui rute perjalanan atas tindakan tersebut. Hal ini bertujuan agar aktivitas tidak tersasar atau terjadi hal tidak menyenangkan lainnya. Mengantisipasi hal tersebut dapat dengan memakai jasa pemandu jalan.

Penyewaan jasa pemandu jalan biasanya banyak menjadi alternatif pilihan bagi para pendaki yang baru pertama kali mengunjungi gunung Tangkoko. Pemandu jalan juga mempunyai sikap ramah dan memberikan interuksi dengan jelas sehingga kegiatan pendakian dapat berjalan menyenangkan.

Lahan Kemah Luas

Pendakian atau kegiatan liburan lainnya dapat maksimal dengan memanfaatkan lahan untuk berkemah. Hal ini juga dapat menjadi wujud penghematan biaya yang harus keluar. Kegiatan perkemahan menjadi sangat menyenangkan saat memanfaatkan lahan gunung Tangkoko.

Kegiatan perkemahan yang pengunjung lakukan juga menimbulkan kesan tersendiri lantaran udara dan kondisi alam masih terjaga dengan baik. Penduduk sekitar gunung juga sangat responsif jika Anda membutuhkan bantuan dalam beberapa hal tertentu.

Lahan Kemah Luas
foto
Jon Progreen

Rute dan Biaya

Perjalanan menuju lokasi gunung Tangkoko menjadi salah satu hal paling mudah untuk terjangkau semua orang. Hal ini lantaran akses jalan cukup mudah terlalui oleh kendaraan berupa motor ataupun mobil sehingga perjalanan dapat berjalan dengan lancar.

Petunjuk atau tanda dari lokasi pegunungan sebenarnya tersebar sepanjang jalan sehingga mudah mengenali. Seseorang yang baru pertama kali datang mungkin juga dapat langsung mengenali, namun pastikan untuk tetap memakai jasa dari pemandu jalan agar tidak tersesat.

Biaya yang harus keluar jika ingin merasakan suasana dan menghabiskan liburan pada gunung ini sekitar Rp 150.000 per orang. Biaya tersebut terbilang masih terjangkau ketimbang dengan wisata pegunungan lainnya. Lingkungan pariwisata ini terdapat pemandu yang siap memberikan saran.

Kelebihan dari Gunung Andalan Kota Cakalang

Gunung Tangkoko tentu saja mempunyai beragam kelebihan yang dapat pengunjung rasakan saat tiba pertama kali. Beragam kelebihan tersebut tentu saja bisa bermanfaat dapat secara gratis hanya dengan sekali membayar untuk tiket masuk. Berikut ini beberapa kelebihan dari gunung andalan kota cakalang:

  • Flora dan fauna beragam
  • Banyak terdapat hutan yang lebat dan rindang
  • Udara masih sangat segar
  • Menyajikan keindahan pantai yang masih asri
  • Menyediakan lahan untuk perkemahan

Beragam kegiatan dan juga daya tarik yang terdapat pada destinasi ini menjadi hal wajib untuk Anda dapatkan. Menariknya wisata satu ini sering menjadi tujuan dari aktivitas pendakian. Suasana liburan menyenangkan dan berbeda dari sebelumnya dapat pada gunung Tangkoko. (sffs)

Artikel Lainnya:

Advertisement

Fifi Farla

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button