Nasional

Hujan Es di Touliang Kakas Minahasa Hebohkan Warga Sulut

Waktu.news | Hujan es yang melanda warga Desa Touliang, Kecamatan Kakas Barat, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, membuat heboh warganet.

Fenomena alam yang Langkah dan baru pertama kali terjadi itu diunggah oleh akun Facebook bernama Yanny-Janny Rawung.

“Fenomena alam, hujan es di touliang kakas pada siang hari sekitar pukul 14.00, sebelum ibadah PKB Jemaat GMIM Karunia Touliang,” tulisnya di berada Facebook, Minggu (14/2/2021).

Fenomena Hujan Es di Touliang Kakas Minahasa, menurutnya terjadi sebelum ibadah Pria Kaum Bapa (PKB) dan dalam keadaan hujan deras disertai kilat dan membuatnya takut untuk keluar rumah.

Semantera itu, Koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben Arther Molle ketika di konfirmasi mengatakan jika dilihat di wilayah Minahasa terjadi cuaca ekstrim yang diakibatkan oleh awan Cumulonimbus.

“Cuaca hujan yang ekstrim dapat menyebabkan terjadi hujan es yang diakibatkan oleh kondisi atmosfer yang jenuh dan awan Cumulonimbus yang telah mencapai inti kondensasi dan membentuk butiran-butiran es dalam awan,” ungkap Arther.

Kejaatuhan butiran-butiran es itu, menurutnya tidak bisa dihalangi oleh atmosfer sehingga sampai kepermukaan Bumi dengan ukuran yang bermacam-macam.

“Menurut pantauan kami, untuk wilayah Touliang Kakas Minahasa memang terbentuk Awan Cumulonimbus yang sangat signifikan dengan suhu puncak awan yang sangat dingin,” kuncinya.(**)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button