Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
HealthLifestyle

Apa Saja Manfaat Kayu Bajakah Untuk Kesehatan ?

Advertisement

Belakangan ini, publik gempar dengan adanya hasil penelitian yang mengatakan bahwa ada salah satu tanaman merambat yang memiliki fungsi sangat penting apalagi bagi penyakit kanker. Untuk lebih lanjut, silahkan Anda baca penjelasan terkait apa saja manfaat kayu bajakah.

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kanker

Tanaman bajakah merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang berasal dari provinsi Kalimantan Tengah. Awal mula adanya pernyataan bahwa kayu bajakah ini dapat menyembuh kanker adalah, ketika tiga pelajar SMA meraih medali emas pada sebuah acara Invention Creativity Olympic di Korea Selatan.

Advertisement

Di dalam riset mereka, menemukan bahwa kayu bajakah tersebut memang dapat mengobati kanker pada seekor tikus kecil putih (mencit). Dari sinilah kemudian banyak orang-orang mencari tanaman bajakah itu untuk dijadikan obat kanker. Di pasar pun harganya melambung tinggi, mengingat manfaatnya penting.

Namun, dalam kasus ini kayu bajakah belum bisa tergolong sebagai obat kanker karena masih harus diteliti lebih lanjut dan saat uji pada manusia harus melewati 1-3 fase. Pihak BPOM (Badan Pengawas Obat Dan Makanan) bahkan siap memberikan nomor izin edar jika nantinya kayu tersebut telah terbukti klinis.

Advertisement

Manfaat Kayu Bajakah untuk Diabetes

Menurut kabar berita yang telah beredar, mereka mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada satupun fakta menyebutkan jika kayu bajakah dapat menyembuhkan orang yang terkena penyakit diabetes. Namun, ada satu pengalaman menarik yang dipublikasikan oleh mereka.

Anggap saja ada seorang ibu-ibu yang menginginkan kayu bajakah guna keperluan pengobatan diabetesnya. Lalu selang beberapa waktu, ibu tersebut datang kembali untuk meminta tanaman merambat itu lagi. Kemudian pihak penyebar berita menanyakan digunakan untuk apa ?

Ibu itu menjawab untuk mengobati diabetes, karena saat ada luka di bagian kaki dengan mengkonsumsi kayu bajakah secara rutin lukanya mengering. Begitulah katanya, dengan hal inilah tanaman merambat tersebut masih harus teruji lebih lanjut apakah memang benar dapat mengobati penyakit diabetes atau tidak.

Apakah Orang Sehat Boleh Minum Kayu Bajakah?

Mengingat banyaknya manfaat yang kita dapatkan dari kayu bajakah, membuat orang berbondong-bondong membeli tanaman merambat tersebut untuk anda konsumsi, baik demi keperluan pengobatan atau bahkan pencegahan. Perlu Anda ketahui bahwa kayu ini mengandung tanin, saponin, fitonutrien.

Advertisement

Tak hanya itu saja, ada pun kandungan lain seperti terpenoid dan juga flavonoid yang pastinya sangat memberikan manfaat untuk kesehatan. Hal tersebut mengungkapkan bahwa orang sehat pun boleh untuk mengkonsumsi kayu bajakah, karena dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Ada pun manfaat lainnya yaitu dapat melawan kanker, menyembuhkan luka serta bisa mencegah penuaan dini. Oleh karena itu bagi Anda yang sehat tidak apa-apa mengkonsumsi kayu bajakah. Mengingat banyak manfaatnya dalam mencegah berbagai macam penyakit.

Manfaat Kayu Bajakah
Foto Kayu Bajakah

Manfaat Kayu Bajakah Kalalawit

Berbicara mengenai kayu bajakah memang tak akan ada habisnya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman merambat yang tumbuh di provinsi Kalimantan Tengah ini. Salah satunya ialah bajakah kalalawit atau bahasa latinnya Uncaria Gambir Roxb.

Kayu bajakah kalalawit ini terkenal mengandung phenol dan juga antibacterial, ekstraknya terdapat kandungan tinggi katekin yang dapat kita gunakan untuk mencegah penyakit jantung, pembentukan kolagen dan juga obesitas. Adanya senyawa catechin juga bisa mencegah kerusakan pada kulit.

Namun, di samping itu kayu bajakah masih belum teruji secara klinis. Berawal dari penemuan oleh tiga anak SMA terkait tanaman merambat ini yang katanya dapat menyembuhkan kanker, akan tetapi pihak pakar medis yayasan kanker Indonesia belum menyatakan jika tanaman ini benar-benar efektif.

Berbagai Manfaat Kayu Bajakah Untuk Kesehatan

Mengingat banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari kayu bajakah ini, makin banyak orang mengonsumsi tanaman merambat yang tumbuh di provinsi Kalimantan Tengah tersebut. Meski belum teruji secara klinis, akan tetapi bajakah terbukti memiliki khasiat dalam memelihara kesehatan tubuh.

1. Dapat Meningkatkan Imunitas dalam Tubuh

Kayu bajakah mengandung banyak sekali nutrisi yang pastinya sangat berguna untuk dapat menjaga dan juga meningkatkan imunitas dalam tubuh Anda. Tak heran jika banyak orang memilih mengkonsumsi kayu tersebut dan rela merogoh kantong demi membeli tanaman merambat mahal ini.

Advertisement

Kayu bajakah sangat baik untuk dikonsumsi, karena manfaatnya dapat mengimbangi gaya hidup sehat Anda supaya terhindar dari berbagai serangan penyakit. Salah satunya yaitu autoimun yang orang tahu sangatlah berbahaya dan dapat menyerang bahkan melumpuhkan sebagian organ tubuh.

2. Sebagai Sumber Antioksidan

Kayu bajakah ini juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang cukup melimpah di dalamnya. Oleh karena itu sangat baik untuk Anda konsumsi sebagai bentuk dari penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh.

Antioksidan yang terkandung di dalam kayu bajakah ini sangatlah beragam, mulai dari fenolik, steroid, tanin, alkaloid saponin, terpenoid, bahkan alkaloid juga ada. Jadi, walaupun hanya sekali dan sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memelihara kesehatan dengan mengkonsumsi tanaman ini.

3. Dapat Melawan Sel Tumor dan Juga Kanker

Kayu bajakah ini juga dapat melawan sel tumor dan juga kanker, karena adanya kandungan senyawa antioksidan serta fitokimia. Hal ini telah terbukti dari kisah Daldin, salah satu siswa yang meneliti kayu tersebut dan menceritakan bahwa ibunya menderita kanker payudara.

Kondisi kanker yang parah tersebut membuat Daldin berinisiatif menemukan kayu bajakah untuk dapat mengobati ibunya. Perlahan tapi pasti, kanker yang diderita berangsur membaik setelah ibunya rutin mengkonsumsi air dari rebusan kayu bajakah.

4. Dapat Menyembuhkan Luka

Di dalam budaya orang Kalimantan terkhusus suku Dayak mempercayai bahwa kayu bajakah ampuh dalam menyembuhkan luka dan juga dapat menghentikan pendarahan. Itulah mengapa tanaman merambat tersebut terkenal sebagai salah satu obat tradisional yang sudah turun temurun.

Para peneliti telah membenarkan hal tersebut, mengetahui karena adanya kandungan tiga senyawa seperti flavonoid, tanin dan juga fenolik yang terkenal dapat membantu pembentukan pembuluh darah baru agar mempercepat penyembuhan luka.

5. Dapat Menghaluskan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Siapa yang menyangka jika kayu bajakah ini juga dapat mencegah penuaan dini serta menghaluskan kulitoran tahu mampu menjaga secara baik kesehatan kulit.

Kandungan senyawa tersebut masyarakat tahu dapat memicu produksi kolagen yang ada di dalam tubuh. Dengan kadar kolagen yang terjaga, sudah terbukti bisa membuat kulit Anda senantiasa terasa jauh lebih halu dan bahkan mencegah penuaan dini.

6. Sebagai Antibakteri

Kayu bajakah juga terkenal ampuh sebagai antibakteri. Hal tersebut terbukti dari hasil penelitian oleh akademi farmasi di Banjarmasin mengatakan bahwa tanaman merambat tersebut bersifat antibakteri alami karena terdapat beberapa kandungan senyawa yang sangat penting bagi tubuh.

Kandungan tersebut meliputi flavonoid, tanin dan juga saponin yang terkenal mampu mencegah bahkan menghancurkan bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. Dengan kandung itulah, kayu bajakah mempunyai potensi dapat mengatasi berbagai macam penyakit infeksi.

7. Dapat Meringankan Rasa Pegal

Manfaat kayu bajakah yang lain ialah dapat meringankan rasa pegal. Sangat direkomendasikan bagi Anda saat setelah melakukan kegiatan di luar yang menguras tenaga, bahkan menimbulkan rasa kram pada bagian tubuh untuk mengkonsumsi air rebusan kayu bajakah saja.

Tak hanya terkenal sebagai obat disentri saja, kayu bajakah dipercayai oleh masyarakat Kalimantan bahwa dapat mengatasi rasa pegal pada tubuh Anda jika mengkonsumsi air rebusan kayu tersebut. Khasiatnya akan terasa di keesokan harinya..

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Kayu Bajakah?

Setelah mengetahui beberapa manfaat serta khasiat dari kayu bajakah, kini saatnya Anda mencoba untuk mengkonsumsinya. Ada sebagian orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengolahnya agar bisa kita gunakan sebagai pencegah dan penyembuhan berbagai macam penyakit.

Langkah pertama, Anda potong kayunya menjadi lebih kecil dan juga agak tipis. Kemudian jemurlah di bawah sinar matahari langsung, pastikan kayu bajakahnya kering. Lalu hancurkan sampai halus dan membentuk seperti bubuk teh menggunakan blender atau tumbukan manual.

Setelah menjadi bubuk teh, seduh menggunakan air panas agar bisa kita gunakan. Masukkan satu gram bubuk teh kayu bajakah dengan 500 mililiter air lalu seduh. Aduk sampai merata hingga airnya menjadi coklat bening. Kemudian minum paling tidak satu gelas setiap harinya.

Mengkonsumsi Kayu Bajakah Sebagai Pencegahan dan Penyembuhan Penyakit

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa kayu bajakah telah orang kenal menjadi salah satu tanaman merambat yang berasal dari provinsi Kalimantan Tengah berkhasiat mencegah bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti halnya kanker payudara. Suku dayak pun mempercayai hal tersebut.

Di samping menjadi suatu hal yang sudah menjadi turun temurun nenek moyang, kini banyak orang mempercayai kayu bajakah telah menyembuhkan kanker payudara bahkan stadium empat sekalipun. Itu semua berkat penelitian seorang siswa SMA yang telah menemukan tanaman merambat ini.

Namun, di samping khasiat tersebut kayu bajakah masih belum resmi sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan kanker secara optimal. Pihak terkait belum dapat memastikan secara pasti bagaimana fase penyembuhannya, berapa lama efek setelah meminumnya dan masih banyak lagi.

Benarkan Kayu Bajakah Sebagai Obat Kanker?

Kayu bajakah yang terkenal sebagai salah satu obat herbal penyembuh kanker ini masih belum pasti dan legal resmi oleh pihak terkait. Bahkan pihak yayasan kanker Indonesia mengatakan bahwa tanaman tersebut masih harus lakukan penelitian lagi agar teruji secara klinis.

Namun, dari banyaknya bukti yang mengatakan bahwa ada salah seorang siswa yang ibunya mengalami kanker payudara cukup parah bahkan hingga mengeluarkan nanah lalu anak tersebut mencari kayu bajakah sebagai salah satu obat herbal agar dapat menyembuhkan penyakit sang ibu.

Benar saja, dengan mengkonsumsi air rebusan kayu bajakah secara rutin sang ibu mengaku telah sembuh dari penyakit kanker tersebut bahkan kini telah mengering. Dari kisah inilah makin banyak orang mempercayai bahwa tanaman merambat ini terbukti ampuh mengobati penyakit kanker yang parah.

Begitulah beberapa penjelasan secara mendalam terkait apa saja manfaat kayu bajakah yang terkanal ampuh mengobati dan juga dapat mencegah penyakit kanker. Dengan hal ini, tak heran jika banyak masyarakat berbondong-bondong mencari tanaman merambat tersebut untuk dikonsumsi. (rhp)

Artikel Terkait Kesehatan;

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button