Health

Manfaat Daun Pisang dan Ulasan Menarik Lainnya

Silahkan Dicoba dan Buktikan Sendiri !!!

Waktu.news | Dari berbagai macam jenis pohon buah yang ada, hanya manfaat daun pisang yang memiliki kelebihan yang tak banyak orang lain ketahui. Seperti halnya dapat menangkal radikal bebas, bahkan di Indonesia pun dijadikan sebagai bungkus kue di pasar dan alas makan.

Apa Saja Manfaat Daun Pisang?

Perlu Anda ketahui bahwa daun pisang ini memiliki banyak sekali senyawa penting untuk dapat menjaga kesehatan di dalam tubuh. Bahkan terdapat beberapa kandungan diantaranya lignin, protein, allantoin, hemiselulosa, dan juga polifenol yang biasanya berguna sebagai antioksidan.

Salah satu manfaat penting yang bisa didapatkan dari daun pisang ialah dapat menangkal radikal bebas. Senyawa perusak sel dalam tubuh ini mampu membuat badan Anda ringkih dan juga rentan terhadap berbagai macam penyakit. Biasanya penyakit yang disebabkan oleh hal ini ialah kanker.

Namun, Anda tak perlu khawatir lagi karena untuk dapat mencegah radikal bebas bisa menggunakan cara mengkonsumsi daun pisang secara rutin setiap harinya. Konsumsilah paling tidak sekitar satu bahkan hingga tiga kali. Dengan kandungan polifenol sangat bagus dijadikan senyawa antioksidan.

Daun Pisang Dapat Dijadikan Obat Disentri

Daun pisang memiliki kandungan polifenol dan juga zat filantin yang berguna untuk dapat membuat peradangan usus berkurang jadi keluhan disentri yang dialami juga akan semakin berkurang. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, minumlah air rebusan dari daun ini sebanyak satu kali tiap harinya.

Namun, tak hanya itu saja ternyata daun pisang juga mempunyai efek astringent yang dikenal mampu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan pada lambung. Jadi, bila ingin cepat reda Anda dapat mengonsumsi air dari rebusan daun pisang ini bersama dengan meminum obat disentri.

Artikel terkait: Pantai Ratu Boalemo, Favorit Para Pecinta Diving dan Snorkeling

Daun Pisang Dapat Membuat Rambut Menjadi Lebih Lembut

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut lebih lembut dan tidak kusut, bisa mencoba menggunakan daun pisang sebagai perawatan rambut. Hal tersebut telah terbukti karena pada daun ini terdapat sebuah ekstrak yang dapat mengatasi semua permasalah rambut.

Masalah rambut yang dimaksudkan dapat meliputi rambut rontok, berketombe, hingga kulit kepala yang kering. Anda dapat menggunakan daun pisang ini untuk dijadikan sebagai masker rambut, agar membuatnya tampak lebih lembut dan juga sehat.

Daun Pisang Dapat Menurunkan Berat Badan

Daun pisang juga dikenal mampu menurunkan berat badan. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan daunnya agar bisa digunakan menjadi masker, kemudian dioleskan secara langsung pada tubuh supaya menghilangkan selulit dan juga bisa menutrisi kulit dari luar.

Cara kedua juga bisa Anda terapkan yaitu membungkus bagian tubuh yang terdapat banyak selulit dengan menggunakan daun pisang. Akan tetapi, pastikan dahulu bahwa sebelumnya telah menjalani proses pengukusan. Kemudian ikatlah selama kurang lebih dua jaman.Daun Pisang Dapat Meningkatkan Sistem Imun

Siapa yang menyangka bahwa daun pisang ternyata dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Apalagi di tengah musim virus dan berbagai macam penyakit berbahaya yang mudah sekali menyerang. Anda dapat mengkonsumsi daun ini sebagai pencegahan dan tak perlu budget mahal.

Daun pisang disebut sebagai dapat meningkatkan sistem imun karena terdapat kandungan senyawa allantoin di dalamnya. Hal tersebut terbukti dapat membantu tubuh Anda lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit dan juga proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Daun Pisang Juga Dapat Digunakan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Daun pisang juga memiliki kandungan senyawa yang dinamakan allantoin dan juga antioksidan yang dikenal dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda. Inilah yang membuat kulit wajah tampak lebih awet muda. Oleh karena itu, cobalah konsumsi daun ini supaya kulit tetap sehat.

Daun pisang ini juga dapat menjaga kelembaban, membebaskan kulit dari jerawat yang membandel dan juga melembutkan. Cara menggunakannya pun bisa dibilang cukup mudah, yaitu haluskan daun pisangnya kemudian diblender sampai berbentuk pasta, lalu oleskan ke kulit.

Daun Pisang Dapat Meredakan Sakit Tenggorokan

Salah satu manfaat dari daun pisang kering yang paling banyak dicari oleh masyarakat adalah karena dapat meredakan sakit tenggorokan. Dengan mengkonsumsi rebusan dari daun ini secara rutin hampir tiap hari, maka radang tenggorokan akan cepat mereda dan bahkan sembuh total.

Tak heran jika banyak masyarakat selalu mengincar daun pisang ini untuk dijadikan obat. Radang tenggorokan memanglah suatu jenis penyakit yang cukup mengganggu, agar bisa dikonsumsi Anda cukup minum air rebusannya saja satu kali sehari dan lakukan secara rutin hingga sembuh.

Artikel Lainnya: Pantai Tersakiti Bolsel Dengan Keunikan Wisata Underwaternya

Daun Pisang Dapat Meredakan Demam

Siapa yang akan menyangka bahwa tumbuhan yang seringkali dijumpai ini justru memberikan banyak manfaat seperti halnya dapat meredakan demam. Bagi para ibu yang biasanya mendapati anaknya mengalami gejala demam, ada baiknya dikonsumsikan daun pisang kering ini.

Untuk dapat mengkonsumsinya, caranya mudah saja. Anda cukup merebusnya lalu kemudian meminum air rebusannya secara rutin tiap hari. Namun, pola makan tetap harus diatur dan juga istirahat yang cukup supaya demam tersebut cepat sembuh.

Daun Pisang Dapat Dijadikan Sebagai Pakan Ternak

Daun pisang kering ini ternyata dapat beralih manfaat menjadi bahan pakan ternak, akan tetapi masih harus dibuat tepung terlebih dahulu. Kandungan di dalam tepung tersebut terkandung semacam protein, serat, lemak dan juga nutrisi yang dikenal baik bagi pencernaan hewan.

Salah satu yang menjadi keuntungan menggunakan tepung dari daun pisang untuk pakan ternak ini adalah supaya dapat memberikan pengaruh baik bagi pertumbuhan ayam petelur. Tak heran jika Anda banyak menjumpai berbagai peternak memakai daun ini sebagai bahan dasar pakan.

Daun Pisang Dapat Dijadikan Penyembuh Akibat Gigitan Serangga

Salah satu manfaat daung pisang yang paling dibutuhkan oleh masyarakat dari daun pisang ini ialah dapat meredakan gigitan serangga. Hal tersebut sudah seharusnya cepat diatasi, mengingat efeknya bisa saja dapat mengakibatkan kematian pada seseorang.

Daun pisang juga dikenal sebagai penghilang rasa sakit secara alami dan bisa dimanfaatkan untuk dapat mengatasi berbagai jenis gigitan serangga yang beracun sekalipun seperti halnya lebah dan juga laba-laba. Tak hanya itu saja, daun ini juga bisa mengobati ruam serta iritasi pada kulit.

Baca Juga Artikel: Pantai Molobog Boltim dan Destinasi Terdekatnya

Khasiat Daun Pisang yang Belum Banyak Ketahui

Di tengah musim virus dan penyakit berbahaya yang mudah sekali menyerang tubuh, Anda bisa mengkonsumsi air dari rebusan daun pisang sebagai bentuk pencegahannya. Biasanya masyarakat pedalaman akan mempercayakan hal tersebut agar terhindar dari segala penyakit.

Apalagi tak perlu mengeluarkan biaya banyak hanya untuk membeli multivitamin untuk menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi daun pisang saja, Anda sudah bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dan hampir semuanya memiliki khasiat bisa menyembuhkan penyakit.

Biasanya orang-orang akan merebus daun pisang tersebut untuk diambil air rebusannya, kemudian diminum secara rutin hampir setiap hari. Bahkan ada yang mengonsumsi satu hingga dua kali dalam sehari agar penyakit tersebut dalam sembuh dengan cepat. Bagaimana mudah bukan caranya?

Berita Terkait: 10 Jenis Makanan yang Membantu Menghilangkan Kram Otot

Berbagai Macam Bungkusan Daun Pisang Secara Tradisional

Sebagai salah satu bahan yang biasanya dijadikan pembungkus makanan, daun pisang ini dipercaya dapat membuat berbagai jenis makanan memiliki rasa yang sedap dan nikmat. Tak heran jika seringkali Anda menemukan masyarakat masih menggunakan daun ini agar makanan tetap enak. banyak sekali kan manfaat daun pisang?

Lontong dan Lemper

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan bahan pengganti nasi ini. Ya, lontong biasanya dibungkus oleh daun pisang lalu disemat oleh lidi di salah satu ujungnya. Biasanya masyarakat akan menggulung daunnya sebelum memasukkan beras ke dalamnya. Hasilnya akan lebih beraroma.

Sedangkan lemper merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak dijumpai ketika menghadiri sebuah acara hajatan. Cara pembungkusannya berbeda dengan lontong, karena makanannya diletakkan di salah satu sisi daun kemudian digulung ke arah tengah dan dipadatkan.

Bungkusan Tum dan Pecel Pincuk

Biasanya bungkusan tum ini banyak digunakan oleh masyarakat yang menjual beberapa jenis makanan warung, tekniknya pun cukup mudah dilakukan dan mampu menampung makanan agar tak mudah tumpah. Seringkali dipakai untuk membungkus nasi, garang asem, jongkong, botok dan lainnya.

Kemudian dapat juga sebagai bungkusan pecel pincuk dengan dibuat dari daun pisang dibentuk menjadi persegi kemudian dilipat agar menyerupai segitiga dan bagian ujung disematkan lidi. Selain digunakan untuk pecel, juga bisa dipakai sebagai pembungkus nasi liwet dan masih banyak lagi.

Bungkusan Tempelang dan Takir

Daun pisang bisa juga digunakan sebagai pembungkus yang dinamakan tempelang. Ini merupakan sebuah makanan yang diletakkan di tengah sepotong daun ini kemudian bagian sisi kiri dan juga kanannya digulung sampai rapat. Ujung atas serta bawah dilipat ke arah belakang.

Biasanya jenis makanan yang digunakan pembungkus tempelang yaitu nagasari, ketan urap dan juga nasi kucing. Sedangkan bungkusan takir cara membuatnya agak rumit, di kedua ujung lipatannya harus disematkan lidi agar tidak mudah tumpah saat diisikan makanan.

Bungkusan Sudi dan Kerucut

Bungkusan jenis sudi ini dikombinasikan secara unik dari bentuknya yang bulat, segiempat hingga limas. Selain digunakan sebagai wadah jajanan di pasar, biasanya masyarakat banyak menggunakannya untuk wadah makanan berukuran besar seperti pada berkat hajatan.

Jika Anda pernah mengkonsumsi jajanan yang bernama kue clorot atau pasung pasti tak asing dengan pembungkus satu ini. Bentuknya yang contong atau pasung biasanya diperoleh dari daun pisang yang digunting hingga berbentuk lingkaran atau setengahnya lalu digulung sampai kerucut.

Bungkusan Pinjung dan Sumpil

Makanan yang digunakan bungkusan pinjung ini akan menyerupai pasung, akan tetapi untuk bungkusan ini bentuknya menyerupai piramida jadi pada bagian ujungnya tak dibiarkan terbuka. Biasanya jenis makanan yang menggunakan pembungkus ini adalah botok, bunga rampai, meniran.

Sedangkan sumpil ini menggunakan daun pisang berbentuk persegi panjang. Cara dengan melipat segitiga pada bagian satu ujungnya kemudian dimasukan makanan. Biasanya sumpit digunakan untuk jenis kue seperti lopis, bacang, tempe, lepat dan juga nagasari.

Banyak sekali bukan manfaat daun pisang? Anda bisa menggunakannya sebagai pembungkus bahkan menjadi penangkal berbagai penyakit. Apalagi cara mengkonsumsinya juga tidak sulit hanya cukup direbus dan diminum air rebusannya.(rhp)

Berita Terkait Lainnya: Manfaat Cacing untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button