Berita Boltim

Layanan Dukcapil Boltim “Loading”, Hanya Merubah Satu Huruf Saja Bisa Makan Waktu Seharian

Tutuyan, WAKTU.news – Kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dalam melayani masyarakat disinyalir loading.

Betapa tidak, hanya untuk merubah satu huruf nama pada kartu keluarga saja, musti menunggu seharian baru bisa selesai.

Inilah yang rasakan Vita Hastuti Mamonto, warga Desa Moyongkota, Kecamatan Modayag Barat ketika mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boltim pada 10 Februari 2022, pekan lalu.

Kepada waktu.news dia mengutarakan kekecewaananya terhadap proses pelayanan perbaikan nama di kartu keluarga yang begitu menyita waktu.

“Dari pagi, belum buka kantor, saya sudah disini. Cuman untuk memperbaiki satu huruf yang salah, itu saja,” ujar Vita Hastuti Mamonto.

Tak hanya itu, seorang warga bernama Ica, warga Kotabunan pun demikian. Padahal, sejak pukul 9 pagi dia mengaku sudah berada di kantor Dukcapil, namun hingga pukul 14.00 Wita, urusannya juga belum kunjung selesai.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Boltim, Subari Manangin ketika di konfirmasi mengatakan, lamanya proses tersebut dipengaruhi oleh kurangnya tenaga kerja dan jaringan internet.

“Pertama ternaga kerja kami disini kurang. Kedua, pengurusan semuanya sudah online, kalau jaringan tidak baik apalagi listrik padam, itu tidak bisa berbuat apa-apa,” kata Subari Manangin, Senin (14/2/2022), di ruang kerjanya.

Subari juga menerangkan, mekanisme pengurusan data nama pada kartu keluarga, baik perbaikan ataupun pengurusan baru, prosedurnya sama.

“Jadi, merubah satu huruf dengan buat baru, itu hampir sama. Karena begitu di print, KK yang salah itu tidak bisa dipakai lagi, tapi NIK-nya tetap sama,” terang Subari.

Meski begitu, ia mengaku akan berupaya memperbaiki pola pelayanan di kantornya hingga tak ada lagi warga yang harus menunggu berjam-jam.

Dari informasi yang ada, jumlah pegawai di Dukcapil Boltim saat ini hanya berjumlah 18 orang, ditambah dua CPNS saja. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button