Travel

Molombunaye Dive Spot: Objek Wisata Terindah di Gorontalo

Waktu.news | Alam Gorontalo memang selalu memberikan banyak panorama yang begitu indah, inilah alasannya mengapa banyak masyarakat yang menghabiskan waktu liburannya di sana. Mengingat objek wisatanya tidak pernah mengecewakan, seperti pada Molombunaye Dive Spot dengan keindahan laut.

Molombunaye Dive Spot Secara Umum

Berbicara mengenai Gorontalo, pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya objek wisata lautnya. Terlebih lagi wisata bahari, baik pantai maupun taman yang ada di bawah laut. Semuanya memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Salah satunya destinasi Dive Spot ini.

Dive Spot di Gorontalo ini telah terkenal karena menjadi salah satu destinasi wisata paling indah dan menarik. Terlebih lagi di dalam lautnya, terdapat biota laut yang beraneka ragam. Itulah mengapa para pengunjung menyukai melakukan kegiatan diving / menyelam untuk bisa melihat ikan dan terumbu karang unik.

Sesuai dengan namanya, Dive Spot ini memang menjadi salah satu objek wisata yang memberikan penawaran kepada Anda untuk melakukan kegiatan menyelam. Meskipun hal ini tersedia di destinasi lain, akan tetapi pada Molombunaye ini memiliki keunikan dan keindahan sendiri.

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa Molombunaye Dive Spot ini memiliki keindahan biota laut yang sangat unik dan menarik. Oleh karena itulah, namanya “dive” karena para pengunjung bisa melakukan kegiatan penyelaman di sana. Ikan dan terumbu karangnya jauh lebih menarik.

Lokasi dari Molombunaye Dive Spot di Gorontalo

Sebagai salah satu objek wisata dengan biota laut yang unik dan menarik, Molombunaye Dive Spot ini berlokasikan di Teluk Tomini. Teluk tersebut terkenal dengan sebutan teluk raksasa yang telah menjadi penghias di Pulau Sulawesi. Namun, letak administratifnya objek wisata ini dekat dengan Pantai Libuo.

Pantai Libuo tersebut berlokasikan di kelurahan Libuo, kabupaten Pohuwato, kecamatan Paguat Gorontalo. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Molombunaye Dive Spot ini, masih harus menempuh perjalanan paling tidak sekitar 150 km dan waktu tempuhnya 3 sampai 4 jam (perjalanan darat).

Seperti yang telah ada dalam penjelasan sebelumnya, bahwa perjalanan yang harus Anda tempuh untuk dapat ke Dive Spot Gorontalo ini sekitar 3 sampai dengan 4 jam perjalanan darat. Namun, jika dari kabupaten Paguat biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menitan.

Sedangkan jarak tempuhnya sekitar 10 km ke arah timur. Mengenai akses perjalanannya, Anda tidak perlu khawatir karena jalannya sudah beraspal mulus dan cukup lebar. Jadi, memungkinkan para wisatawan mengendarai motor atau mobil pribadi mereka untuk sampai ke Pantai Libuo.

Berita Terkait: Taman Laut Olele Gorontalo dengan Keunikan dan Ciri Khasnya

Kondisi Alam Bawah Laut

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa Molombunaye Dive Spot ini berdekatan dengan Pantai Libuo. Oleh karena itu, jika ingin ke sana maka harus melewati pantai tersebut terlebih dahulu. Berlokasikan di Teluk Tomini, membuat Molombunaye memiliki arus lautnya yang cukup tenang.

Itulah alasannya mengapa banyak penyelam yang bisa menyelam di sana, mengeksplor taman di bawah laut secara leluasa. Tidak hanya itu saja, jernihnya air yang ada di Dive Spot membuat visibility dalam laut Pohuwato menjadi lebih baik. Anda bisa melakukan penyelaman secara bebas.

Di Dive Spot Gorontalo ini sangat cocok bagi penyelam yang ingin mengeksplor taman bawah laut. Di dalam laut tersebut mayoritas banyak sekali terumbu karang yang sangat cantik dan menawan. Terlebih lagi dengan adanya sponge Salvador Dali (sponge endemik di Teluk Tomini).

Dinamakan sponge Salvador Dali, itu karena bentuknya memang seperti karya pelukis ternama yang berasal dari Spanyol. Adanya sponge tersebut kemudian menjadi lebih terkenal dan merupakan salah satu daya tarik dari Dive Spot. Mengingat lokasi penyelamannya sangat menarik.

Molombunaye Dive Spot

Artikel Terkait: Spot Sakau Point Bolsel, Kelestarian Surga Bawah Laut Mempesona

Molombunaye Dive Spot di Gorontalo Menjadi Tujuan KLM Sunshine

Meskipun termasuk ke dalam objek wisata terbaru di Gorontalo, Molombunaye Dive Spot ini telah menjadi destinasi paling menarik. Salah satu bukti dari hal tersebut adalah dengan adanya fakta bahwa KLM Sunshine sempat berkunjung ke sana. Menjadikannya tujuan utama untuk bisa berlayar.

Bagi Anda yang belum mengetahui KLM Sunshine, merupakan salah satu kapal wisata yang secara langsung beroperasi dari pihak PT. Blue Bay Divers. Tujuannya adalah untuk mengunjungi beberapa spot penyelaman terbaik yang ada di Sulawesi Utara, Tengah dan juga Maluku Utara. Mayoritasnya penyelam profesional.

Meskipun fakta menariknya pernah menjadi salah satu tujuan KLM Sunshine, namun Spot ini masih belum terlalu banyak wisatawan ketahui secara luas / kurangnya promosi. Titik penyelaman yang terdapat di sana, kabarnya masih kalah jauh dengan Taman Laut Olele.

Taman laut tersebut terkenal dengan adanya sponge Salvador Dali, di mana kekayaan laut ini juga ada di Dive Spot di Gorontalo. Meskipun begitu objek wisatanya tidak begitu terkenal seperti destinasi lain, terlebih lagi titik penyelamannya yang memiliki keindahan. Sangat disayangkan.

Baca juga: Spot Barakuda Bolsel, Rekomendasi Wisata Bahari Sulut

Minim Pengunjung

Menurut informasi, Dive Spot ini masih belum cukup terkenal sehingga tidak terlalu banyak pengunjung yang berkunjung ke sana. Namun, dengan minimnya kunjungan dari para wisatawan justru membuat objek wisata terindah di Gorontalo ini memiliki keindahan secara alami.

Jadi, tidak begitu banyak sampah yang biasanya berceceran akibat pengunjung yang datang berlibur. Bahkan taman bawah laut dari Molombunaye Dive Spot ini pun juga masih sangat alami. Ada yang mengatakan bahwa kondisinya menyerupai keadaan taman laut Bunaken 20 tahun lalu.

Sesuai dengan namanya, Dive Spot ini sangat cocok sebagai salah satunya tempat terindah dan menarik bagi para pecinta diving. Dengan kawasan yang begitu luas, jadi begitu banyak dive spotnya. Terumbu karangnya pun begitu unik, sehingga tidak lengkap bila Anda tidak menyelam.

Lebih baik lagi jika mengabadikan foto terumbu karang unik di dalam bawah laut Dive Spot di Gorontalo tersebut. Anda tidak perlu khawatir juga ketika hendak menyelam, karena ada pendamping khusus yang menemani pengunjung melakukan penyelaman di alam bawah laut.

Molombunaye Dive Spot Instagramable

Bagi kaum anak muda, pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya berfoto jika mengunjungi suatu tempat wisata. Terlebih lagi bila melihat pemandangannya indah dan menarik di obyek wisata ini.

Dengan hamparan laut yang begitu luas dan juga biru jernih, sangat cocok bagi Anda yang ingin mengabadikan banyak foto. Hasilnya sangat instagramable, terlebih lagi ketika memilih untuk menyelam dan berfoto bersama ikan kecil dan terumbu karang di sana.

Dari beberapa penjelasan artikel tentang Molombunaye Dive Spot di atas, kini Anda dapat mengetahui betapa indah dan menariknya alam bawah laut pada objek wisata tersebut. Bahkan bisa juga melakukan diving di sana, ada terumbu karang bahkan ikan kecil yang pastinya beraneka ragam.(rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button