Travel

Pantai Kurenai: Menyimpan Pesona Underwater Yang Unik dan Indah

Waktu.news | Mengunjungi objek wisata yang menyejukkan dengan panorama indah memang salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu selama liburan panjang. Anda patut mengunjungi destinasi yang ada di Gorontalo, jaminan pemandangannya menajubkan. Seperti yang ada di pantai kurenai ini.

Mengenal Pantai Kurenai

Apa yang pertama kali Anda bayangkan mengenai wisata air? Terlebih lagi berlokasikan di Gorontalo, mengingat di sana memiliki banyak variasi destinasi menarik dan mempunyai pemandangan menakjubkan. Salah satunya seperti di Pantai ini, panorama dan hawanya jauh lebih sejuk.

Selain destinasi wisata air seperti Taman Laut Olele dan juga Pantai Botubarani, ada lagi objek wisata yang sama namun dengan pemandangan berbeda. Pantai Kurenai namanya, di sana Anda bisa dengan puas menikmati keindahan dari Teluk Tomini bahkan melihat secara langsung bintang laut.

Terlebih lagi jika Anda pecinta wisata laut, melihat bintang laut yang lucu di Pantai ini merupakan keistimewaan tersendiri. Selain di pantai tersebut, pengunjung juga dengan mudah mengunjungi objek wisata lain. Itu karena Pantai ini terapit oleh 2 lautan begitu luas.

Sebagai salah satu wisata air paling menakjubkan di Gorontalo, Pantai ini memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri yang membuatnya banyak mendapat sukai para pengunjung dari daerah manapun. Sebelum mengunjungi destinasi tersebut, ada baiknya Anda mengetahui info lengkapnya.

Lokasi Yang Strategis

Pada umumnya, bila Anda lihat secara letak administratif Pantai Kurenai ini termasuk ke dalam kawasan Desa Botubarani. Ada di kecamatan Kabila Bone, kabupaten Bone Bolango Gorontalo. Mengenai jaraknya pun tidak terlalu jauh dari kota Gorontalo, sehingga hanya perlu menempuh sekitar 10 km saja.

Sedangkan untuk waktu tempuhnya sendiri, paling tidak membutuhkan sekitar 20 sampai dengan 30 menitan untuk bisa sampai ke destinasi wisata Pantai ini. Akses yang bisa Anda dapatkan saat menuju ke sana juga memadai, antara lain dapat menikmati panorama dari Teluk Tomini.

Berita Terkait: Keunikan Wisata Pantai Tersakiti Bolsel, Underwaternya Keren

Keunikan Pantai

Tidak hanya itu saja, Pantai ini memiliki keunikan tersendiri sehingga ada beberapa pengunjung yang lebih memilih berlibur dan menghabiskan waktu di sana untuk bisa merilekskan pikirannya. Sebenarnya, pantai tersebut juga tidak terlalu jauh berbeda dengan pantai di Gorontalo lain.

Dengan pasir putih yang begitu lembut dan pemandangan lautannya sangat biru, bahkan ada beberapa pepohonan yang tumbuh secara berderet di sekitaran Pantai ini. Keunikan dari pantai tersebut adalah suasananya jauh lebih sepi, jadi cocok sebagai tempat untuk merilekskan diri.

Waktu yang Tepat untuk Berlibur

Setiap pengunjung pastilah memiliki alasannya masing-masing untuk dapat berlibur ke beberapa destinasi. Ada yang ingin menghabiskan waktunya bersama keluarga saat masa liburan panjang tiba atau bahkan mereka yang bertujuan untuk merilekskan dirinya setelah sibuk terhadap pekerjaan.

Berbicara mengenai kapan waktu kunjungan ke Pantai Kurenai, ada baiknya memang Anda harus datang saat weekday atau ketika hari kerja. Dengan begitu, suasana di pantai tersebut akan jauh lebih sepi sehingga saat mengunjunginya serasa seperti pantai milik sendiri. Bisa menikmati sepuasnya.

Baca Juga: Pantai Minanga Menyimpan Berbagai Pesona

Cara Bersantai

Bagi Anda yang sangat menyukai kegiatan wisata alam atau wisata air, seperti ke pantai misalnya. Ada beberapa cara untuk bisa menikmati keindahan panoramanya di sana. Misalnya saja seperti menggelar karpet untuk bisa piknik atau berfoto di atas gazebo yang menghadap ke pantai.

Sama halnya seperti saat Anda berkunjung ke Pantai di Gorontalo ini, di sana setiap pengunjungnya bisa memasang hammock yang nantinya mereka kaitkan ke bagian pohon yang ada di bibir pantai. Bahkan jika tidak membawanya dari rumah, ada tempat persewaan murah di sana.

Menjumpai Bintang Laut dan Bulu Babi

Setiap wisata air, tidak jauh dari yang namanya biota laut. Ya, sama halnya seperti yang ada di Pantai Kurenai di Gorontalo ini. Anda akan menjumpai bintang laut dan juga bulu babi di sana. Apalagi saat di pagi, setiap pengunjung bisa menyusuri sampai beberapa meter ke tengah laut.

Mengingat saat pagi hari ketika laut dalam keadaan surut, maka setiap pengunjung bisa menjelajahi bibir pantai sampai hampir ke tengah. Di saat itulah Anda akan menemukan bintang laut yang sangat menyerupai karakter Patrcik di Spongebob Squarepant, namun hati-hati akan bulu babi di sekitarnya.

Baca Juga: Pantai Batu Pinagut dengan Ciri Khas Unik

Harga Tiket Masuk

Setiap destinasi wisata alam atau air pasti memiliki beberapa fasilitas memadai, gunanya untuk tempat beristirahat para pengunjung atau sebagai bentuk perlengkapan agar saat kekurangan sesuatu apapun pengunjung bisa membelinya. Sama halnya ketika Anda berkunjung ke Pantai ini.

Hingga saat ini pun para pengunjung yang penasaran untuk datang ke Pantai andalan Gorontalo, tidak akan kena biaya apapun. Hanya dengan bermodalkan biaya parkir kendaraan bermotor sekitar 5 ribu dan mobil 10 ribu, Anda bisa menikmati fasilitas yang ada di dalam pantai tersebut.

Pantai Kurenai

Pengelolaan Pantai Kurenai

Mengingat dari penjelasan sebelumnya, bahwa Pantai ini tidak memungut biaya apapun karena hanya membayar biaya parkir saja. Alasan tersebut karena pantai ini belum pemerintah kelola secara resmi. Jadi, pengunjung yang berkunjung ke sana bisa menikmati gratis.

Namun, di samping biaya tiket masuk yang gratis tersebut, Pantai ini memiliki fasilitas yang katanya masih cukup minim. Salah satunya tidak ada toilet, padahal fasilitas ini sangatlah penting di berbagai destinasi manapun. Bahkan tempat sampah masih sangat kurang, jadi sampah berserakan.

Artikel Lainnya: Menyusuri Indahnya Kampung Torosiaje Pohuwato

Hotel yang Dekat

Setiap pengunjung yang datang berlibur bersama keluarga, tidak semuanya merencanakan liburan dengan menginap di rumah saudara. Ada kalanya mereka juga memerlukan tempat penginapan yang sesuai untuk bisa mereka jadikan sebagai tempat istirahat setelah lelah berkeliling destinasi wisata.

Namun, bagi Anda yang berkunjung ke Pantai di Gorontalo ini tidak perlu khawatir lagi. Itu karena di sana ada beberapa hotel terdekat dengan berbagai macam variasi yang bisa pengunjung pilih sendiri sesuai keinginan dan budget. Seperti century beach resort, grand q hotel, dan lain-lain.

Berita Terkait: Taman Laut Olele Gorontalo dengan Keunikan dan Ciri Khasnya

Bupati di Banyuwangi Menyanjungkan Nama Pantai

Sempat beredar kabar bahwa bupati dari Banyuwangi sempat menyanjungkan nama Pantai ini yang ada di Gorontalo tersebut. Beliau mengatakan bahwa pantainya sangat indah, bahkan memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa.

Bupati Banyuwangi ini mengatakan juga sempat berkunjung ke Pantai di Gorontalo sebelum beliau menghadiri sebuah acara. Bahkan juga menyempatkan dirinya untuk melakukan snorkeling demi bisa melihat keindahan bahari di sana.

Seperti itulah penjelasan secara jelas dari Pantai keren ini. Beserta dengan pembahasan mengenai detail pantai tersebut dan juga beberapa informasi pentingnya yang patut Anda ketahui sebelum mengunjungi objek wisata terindah dari Gorontalo ini.(rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button