Berita Boltim

Pemdes Loyow dan BPD Tetapkan 1,1 Miliar APBDdes Tahun Anggaran 2021

Pemerintah Desa Loyow juga menetapkan 77 orang penerima Bantuan Langsung Tunai tahun 2021

WAKTU, Loyow – Pemerintah Desa (Pemdes) Loyow bersama Badan Permusyawaratan Desa menggelar musyawarah penetapan Anggaran Pedapatan dan Belaja Desa (APBdes) sekaligus validasi nama penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahun Anggaran 2021.

Musyawarah tersebut diawali dengan penyampaian Laporan Keterangan Penyelanggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) atas pelaksanan Anggaran Pendapatan Belaja Desa Loyow tahun 2020.

Laporan disampaikan langsung oleh Kepala Desa Loyow Tarji B. Mokoagow, Senin (8/3/2021).

“Hal ini merupakan kewajiban kami sebagai bentuk keterbukaan informasi publik kepada masyarakat,” ucap Tarji di hadapan Badan Permusyawaratan Desa berserta seluruh peserta Musyawarah, Senin (8/3/2021).

Lanjut Tarji, hasil penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, pelayanan dan pemberdayaan masyarakat serta penanggulangan bencana non alam atau Covid-19, paling lambat disampaikan akhir bulan maret tahun 2021.

“Oleh karena itu, sangat penting dilakukan agar masyarakat mengetahui hasil capaian dari seluruh kegiatan yang telah di laksanakan oleh pemerintah desa,” jelasnya.

Pemdes Loyow

Berita Terkait: Musrenbang Desa Loyow, Tarji Siap Kawal dan Perjuangkan Tiga Prioritas Usulan Warga

Ditempat sama, Ketua Badan Permusyawaratan Desa Sarif Palealu sebagai lembaga yang mempunyai tugas dan fungsi untuk mengawasi seluruh kegiatan pemerintah desa mengatakan, menerima Laporan Keterangan Penyelanggaraan Pemdes Loyow tahun anggaran 2020.

“Apa yang disampaikan Pak Tarji telah sesuai. Oleh karena itu, kami selaku BPD yang mengawal serta mengawasi jalannya kegiatan pemerintah Desa Loyow, menerima laporan sebagimana yang telah disampaikan,” tutur Sarif Palealu.

Setelah penyampaian Laporan Keterangan Penyelanggaraan Pemerintahan Desa tahun 2020, Musyawarah dilanjutkan dengan penetapan Anggaran Pedapatan Belaja Desa tahun 2021. Pemerintahan Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa akhirnya menetapkan APBDes Loyow Tahun Anggaran 2021 sebesar 1.141.367.274 Miliar Rupiah.

“Masing-masing berada pada pos Anggaran Alokasi Dana Desa berjumlah Rp. 384.069.083, Dana Desa Rp. 748.662.000 dan Dana Bagi Hasil Rp. 6.523.000 serta pendapatan lain-lain yang sah Rp. 2.113.191,” jelas Sekertaris Desa Loyow, Nisar Mamonto.

Pemdes Loyow

Baca Juga: Pemerintah Kecamatan Nuangan Gelar Musrenbang dan Penyusunan RKPD tahun 2022

Selain itu kata Nisar, Pemerintah Desa juga menetapkan nama-nama penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari anggaran Dana Desa tahun 2021. Data penerima bantuan berdasarkan nama yang diajukan kepala dusun, sehingga pada proses verifikasi melalui musyawarah tidak banyak yang berubah.

“Sesuai verifikasi atas usulan yang diajukan oleh para Kepala Dusun, Pemerintah Desa menetapkan 77 orang penerima bantuan,” pungkasnya. (AAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button