Travel

Princess Mahenag Point Bolsel dan 9 Spot Underwater yang Indah

Bolaang Mongondow Selatan atau nama terkenalnya Bolsel adalah salah satu kabupaten yang ada di wilayah Sulawesi Utara. Sesuai ciri khas wilayah yang ada di Indonesia timur, pastinya keindahan pantai dan alam bawah lautnya sangat mempesona, salah satunya seperti Prinsess Mahenag Point.

Dan merupakan salah satu lokasi menyelam paling indah di Bolsel. Di kota ini sendiri sebenarnya ada banyak sekali spot menyelam. Dan spot ini adalah salah satu yang terindah.

Princess Mahenag Point dengan Segala Keindahannya

Menyelam adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan agar bisa melihat pemandangan bawah laut yang indah. Seperti terumbu karang dan hewan hewan laut yang tinggal di sana.

Seperti yang sudah Anda ketahui, terumbu karang adalah salah satu habitat satwa laut mulai dari ikan-ikan kecil yang indah, hingga beberapa makhluk laut lainnya. Terumbu karang sendiri adalah daya tarik utama dari wisata bawah air.

Karena jika terumbu karang masih alami dan terjaga maka kehidupan yang ada di dalamnya juga masih terjaga. Anda akan dengan mudah menemukan kehidupan bawah laut pada terumbu karang yang masih terjaga kealamiannya.

Sayangnya di beberapa tempat, terumbu karang sudah rusak akibat aktivitas yang manusia lakukan. Seperti mencari ikan dengan menggunakan bom dan racun. Sehingga pertumbuhan terumbu karang menjadi terganggu dan mati.

Padahal terumbu karang sendiri membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang, bahkan disinyalir terumbu karang yang sekarang ada. Sudah mengalami pertumbuhan dan perkembangan sejak ratusan tahun yang lalu.

Sehingga wajib bagi kita untuk menjaga kelestariannya, apalagi terumbu karang merupakan tempat tinggal hampir semua makhluk laut. Jika terumbu karangnya rusak, maka tidak akan bisa ditemukan kehidupan di dalamnya.

Sebab seluruh makhluk yang ada di lautan membutuhkan terumbu karang untuk hidup, berlindung dan mencari makanan. Sehingga jika terumbu karang tetap terjaga maka kehidupan bawah laut pun juga akan terjaga.

Meski beberapa wilayah di Indonesia, keberadaan terumbu karang sudah terancam bahkan ada yang sudah punah. Namun di wilayah timur laut Indonesia, keberadaan terumbu karang masih terjaga.

Salah satunya seperti di Bolaang Mongondow Selatan ini. Sebuah kota kecil yang ada di wilayah Sulawesi Selatan bahkan tidak memiliki banyak akses untuk dikunjungi. Bahkan kota ini sendiri memiliki populasi sekitar 69 ribu jiwa.

Sehingga menjadikan kota ini memiliki jumlah penduduk yang terbilang rendah. Namun meski begitu, alam di kota ini masih terjaga.

10 Spot Menyelam Selain Princess Mahenag Point Bolsel

Meski kota Bolsel merupakan kota kecil di wilayah paling selatan Sulawesi Utara. Namun siapa sangka jika keindahan alam kota ini seperti surga. Terutama wisata bawah laut yang menjadi favorit bagi banyak orang yang suka kegiatan menyelam.

Beberapa orang yang sudah mengunjungi kota ini mengaku kagum dengan kealamian terumbu karang yang masih terjaga. Sehingga mereka yang pernah ke kota ini, mengaku akan kembali lagi ke sana. Sebab ada banyak sekali spot menyelam yang tak kalah menarik dan menantang.

Meski lokasinya cukup berjauhan namun pemandangan yang bisa terbayar dengan pemandangan yang bisa Anda dapatkan saat berada di bawah laut untuk menyelam.

Pemerintah dan masyarakat Bolsel sendiri memang selalu bekerja sama untuk menjaga keasrian wilayah bawah lautnya. Dengan menjaga kelestarian terumbu karang, sehingga jangan sampai ada yang merusak habitat terumbu karang ini.

Berbagai langkah pun sudah mereka lakukan demi menjaga kelestarian terumbu karang, seperti melakukan konservasi di beberapa tempat. Khususnya beberapa titik yang memiliki terumbu karang yang indah.

Apalagi setelah Bolsel menjadi tujuan utama bagi para pecinta olahraga bawah air ini, Pemerintah dan masyarakat pun bekerja sama untuk memenuhi fasilitas dan kebutuhan pengunjung. Seperti menyediakan resort, penginapan, restoran hingga fasilitas penyewaan alat alat menyelam.

Sehingga meski kota ini letaknya cukup jauh dan membutuhkan tekad untuk bisa sampai di sana. Namun dengan keindahan panorama alam yang dimiliki kota ini. Lelah Anda akan terbayar lunas.

Beberapa pecinta wisata bawah laut mengungkapkan, jika biasanya di tempat lain hanya memiliki 1 point atau titik menyelam. Namun berbeda dengan Bolsel yang memiliki banyak sekali titik menyelam yang semuanya sangat indah.

Princess Mahenag Point
yubz sukamoto picture

Artikel Terkait; Menikmati Surga Bawah Laut di Soputa Point Bolsel

Dan berikut ini adalah beberapa titik menyelam selain di Princess Mahenag Point:

  1. Kuwait Point

Berada di desa Popodu Bolaang Uki, spot satu ini menjadi salah satu andalan bagi banyak orang jika ingin menikmati keindahan bawah laut di Bolsel. Meski jaraknya dari satu point ke point lain cukup jauh. Tapi tidak ada salahnya jika Anda mampir ke sini juga.

  1. Trans Patoa Point

Point berikutnya berada di Desa Trans Matoa dan lokasinya tidak jauh dari Hutan Mangrove Trans Pato’a. Sehingga point ini bisa menjadi salah satu opsi untuk Anda. Setelah menyelam Anda juga bisa menikmati keindahan hutan bakau di Desa Patoa.

  1. Barracuda Point

Point juga tak kalah menjanjikan dari tempat lainnya, meski jaraknya cukup berjauhan. Namun jika Anda memiliki waktu lebih, sempatkan diri juga untuk datang ke sini.

  1. Bares Point

Berada di Desa Botuliodu Bolsel, jaraknya juga cukup jauh namun di sini Anda tak perlu bingung jika ingin menyempatkan diri untuk menyelam di Bares Point. Sebab di sini juga sudah tersedia fasilitas penginapan dan resto.

  1. Sakau Point

Jika masih kurang, Anda juga bisa berkunjung ke Sakau Point yang pastinya memiliki panorama alam bawah laut yang tak kalah indah dengan yang lainnya.

  1. Mathilda Point

Apalagi jika Anda memiliki banyak waktun di Bolsel, maka Mathilda Point juga wajib list kunjungan Anda untuk menyelam.

  1. Silver Tower Points

Point ini cukup terkenal di kalangan para pecinta wisata bawah laut. Apalagi karena fasilitas di sana cukup lengkap. Sehingga menjanjikan jika masuk ke dalam list liburan Anda.

  1. Salema Point

Meski jaraknya cukup jauh, namun Salema Point juga bisa Anda kunjungi lain waktu saat kembali ke Bolsel. Karena memang tak cukup sekali untuk kunjungan untuk menjelajah kota ini.

  1. Okus Wall Point

Ada banyak sekali titik penyelaman terbaru yang dibuat oleh para pecinta olahraga bawah air ini. salah satunya Okus Wall Point yang dibuat untuk membantu pengunjung lainnya. Agar bisa menikmati keindahan alam bawah laut Bolaang Selatan.

  1. Lion Corner Point

Last but not least, ada Lion Corner Point yang masuk dalam 10 daftar titik penyelaman terbaik di Bolsel. Meski sebenarnya ada jauh lebih banyak lagi. Tapi ke 10 daftar ini merupakan yang paling direkomendasikan.

Sehingga jika Anda memiliki banyak waktu untuk liburan, maka agendakan saja untuk mengunjungi Bolsel dan melihat keindahan alam bawah lautnya. Apalagi di kota ini Anda juga akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap.

Terutama untuk kegiatan menyelam, karena terdapat beberapa tempat penyewaan peralatan menyelam dengan cukup mudah. Dan jangan lupa untuk menjadikan Princess Mahenag Point sebagai tujuan utama liburan Anda. (rhp)

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button