Travel

Menikmati Surga Bawah Laut di Soputa Point Bolsel

Soputa Point merupakan salah satu spot menyelam yang cukup terkenal di wilayah Sulawesi Utara. Tempat ini memang banyak orang juluki sebagai surganya wisata bawah laut. Setiap orang yang menjajal spot ini, sudah bisa dipastikan akan langsung jatuh cinta dengan keindahannya.

Tempat ini bahkan menjadi salah satu spot menyelam terbaik yang ada di Indonesia yang wajib untuk Anda kunjungi. Jika Anda pecinta wisata bawah laut dan memiliki hobi menyelam pastinya.

Mengenal Soputa Diving yang Indah

Masuk ke dalam daftar spot diving terbaik di Indonesia, tempat ini memang memiliki ciri khas pemandangan alam Indonesia bagian timur yang indah. Dengan air laut yang biru, terumbu karang yang masih terjaga keasliannya dan pastinya banyak pesona alam lainnya.

Wisata bawah laut di wilayah Indonesia timur memang terbilang masih terjaga hingga sekarang. Dan memang panorama alamnya memiliki karakteristik tersendiri dengan pantai berpasir putih bersih, air laut yang berwarna biru dan langit cerah hingga jajaran pepohonan kelapa yang rindang.

Tak terkecuali alam bawah lautnya yang bisa Anda nikmati, sehingga tidak mengherankan jika banyak spot diving kereng di wilayah Indonesia bagian timur. Salah satunya seperti Soputa Point ini.

Sudah banyak sekali yang menjadi saksi atas keindahan alam bawah laut tempat ini. Bolaang Mongondow Selatan sendiri memang terkenal dengan keindahan pantai dan alam bawah lautnya. Bahkan setiap tahun kunjungan wisata semakin meningkat di wilayah ini.

Salah satu daya pikat dari Bolaang Mongondow Selatan atau Bolsel tentu saja karena wisata bawah lautnya. Selain Soputa ada beberapa tempat yang bisa Anda jadikan sebagai spot diving terbaik di Bolsel. Beberapa di antaranya adalah Sakau Point, Mathilda Point, hingga Barracuda Point.

Di sini Anda akan melihat terumbu karang yang masih terjaga keindahannya, karena masyarakat dan Pemerintah Daerah Bolsel bersatu untuk memajukan wisata bawah laut di daerah mereka. Caranya dengan melestarikan terumbu karang.

Terumbu karang sendiri merupakan tempat tinggal bagi ikan ikan cantik dan menjaga kelestarian laut. Jadi tak hanya cantik, terumbu karang memiliki manfaat yang penting bagi keseimbangan alam.

Beberapa orang yang telah berkunjung ke tempat ini mengaku sangat terpukau dengan keindahan alam bawah lautnya.

Terumbu karang yang terjaga dan indah pastinya menjadi habitat alami ikan ikan sehingga pemandangan yang didapatkan saat menyelam sangat menakjubkan.

Ditambah dengan laut biru khas Indonesia bagian timur yang membuat terumbu karang bisa Anda lihat dari permukaan.

Soputa Point
Dive Vlog Channel Pic

Alamat

Beralamat di Desa Soputa yang berada di Kecamatan Bolaang Uki. Dan masuk dalam wilayah administrasi Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

Artikel Terkait; Spot Sakau Point Bolsel, Kelestarian Surga Bawah Laut Mempesona

Tips Diving di Soputa Point Bolsel

Di Desa Soputa sendiri Anda bisa menemukan banyak sekali tempat penyewaan alat menyelam dengan harga yang beragam. Sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk membawa alat diving sendiri.

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk diving, berikut ini adalah beberapa tips diving khususnya bagi pemula:

  1. Waterskill

Diving adalah salah satu olahraga yang dianggap cukup ekstrim sehingga membutuhkan beberapa syarat kompetensi yang harus Anda capai sebelum menyelam. Salah satunya adalah dengan melakukan tes yang dilakukan oleh Professional Association of Diving Instructors (PADI).

Dengan cara, belajar mengapung, berenang dan menyelam di pinggir kolam selama 10 menit. Lalu lanjutkan dengan berenang sejauh 200 meter tanpa alat bantu. Kemudian berlanjut dengan berenang sejauh 300 meter menggunakan masker, snorkel dan sepatu katak.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui sejauh apa teknik berenang yang Anda kuasai. Dan jika Anda sudah menguasai teknik dasar berenang ini.

Anda bisa melakukan kursus menyelam bersama dengan instruktur yang akan memandu Anda untuk menguasai kemampuan dasar menyelam.

  1. Persyaratan Kesehatan

Agar Anda bisa mendapatkan sertifikasi, maka Anda harus berada dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani. Anda membutuhkan surat dokter yang memberikan pernyataan jika Anda memenuhi syarat ini agar dapat menyelam.

Untuk mendapatkan surat ini Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Selain melakukan tes ini, Anda mungkin masih harus melakukan tes kesehatan lainnya yang harus Anda jalani terlebih dahulu.

Oleh sebab itu Anda harus menghubungi kursus menyelam terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi mengenai kriteria kesehatan apa saja yang harus Anda penuhi sebelum Anda bisa menyelam.

Anda juga biasanya harus mengisi sebuah kuesioner yang bertujuan untuk menilai apakah Anda memiliki kondisi tertentu yang bisa membuat Anda terkena masalah kesehatan ketika menyelam nanti.

Karena sebenarnya ada beberapa kondisi kesehatan yang tidak memperbolehkan penderitanya untuk menyelam. Di antaranya adalah kelainan pada rongga telinga di bagian tengah, jantung koroner hingga asma.

Apalagi bagi para penderita gangguan jantung yang bisa menimbulkan efek kardiovaskular jangka pendek yang terjadi karena adanya tekanan di dalam air.

Jadi sebelum memutuskan untuk menikmati keindahan alam bawah laut Soputa Point pastikan Anda memiliki kondisi kesehatan yang baik.

  1. Mengenal Peralatan Menyelam

Jika persiapan fisik dan mental sudah selesai Anda lakukan maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengenal dan menguasai peralatan menyelam. Anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakan dan cara kerja pada setiap alat selam dengan baik.

Karena saat berada di bawah laut yang indah, alat selam adalah alat bantu hidup Anda dan menjaga kondisi fisik Anda.

Seperti mengetahui bagaimana cara kerja selang tabung scuba saat Anda gunakan untuk bernapas di bawah laut.

  1. Mengetahui Resiko Menyelam

Anda juga wajib mengetahui apa saja resiko yang akan terjadi pada saat melakukan kegiatan menyelam. Dan alat alat yang Anda lakukan untuk untuk menyelam. Misalnya jika terjadi kesalahan pada alat alat yang Anda gunakan.

Anda juga harus tahu bagaimana cara mencegah dan mengatasi peralatan menyelam yang penggunaannya kurang tepat pada saat berada di dalam air.

Contohnya pada saat masker scuba tidak terpasang dengan rapat, seperti jika pada saat Anda menunduk membuat masker bergoyang maka artinya masker belum terpasang dengan baik. sehingga memiliki resiko untuk membuat air masuk.

Jika hal ini terjadi, Anda harus tahu bagaimana cara menyelesaikannya dan jika tidak mengetahui apa yang harus Anda lakukan. Maka jangan ragu untuk meminta bantuan dari instruktur Anda.

Artikel Lainnya; Molombunaye Dive Spot: Objek Wisata Terindah di Gorontalo

Oleh sebab itu pastikan jika Anda tidak melakukan aktivitas menyelam sendirian.Harus Anda instruktur yang mendampingi Anda. Atau bersama seseorang yang memiliki pengetahuan mengenai aktivitas menyelam dengan baik.

Meskipun Anda sudah memiliki keahlian dan sertifikasi menyelam, tapi sebaiknya jangan memberanikan diri untuk menyelam sendirian ya. Apalagi karena keindahan alam bawah laut di Desa Soputa, Bolsel ini sangat indah.

Akan lebih menyenangkan jika Anda berbagi pengalaman untuk menyelam bersama dengan banyak orang dan teman-teman.

Sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di Bolsel, Soputa Point ini harus masuk daftar kunjungan Anda. Terutama jika Anda merupakan pecinta alam bawah laut. Selain menyelam kamu bisa snorkeling untuk melihat terumbu karang dan kumpulan ikan yang indah. (rhp)

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button