Berita Bolmut

SDN 1 Boroko dan SMAN Bolangitang Diganjar Penghargaan Anugerah Adiwiyata

Waktu.news | Alhamdulillah, Wiyata Mandala Kabupaten Bolmong Utara yakni, SDN 1 Boroko dan SMA Negeri Bolangitang Barat Diganjar Penghargaan Anugerah Adiwiyata, Jumat (06/11/2020).

SDN 1 Boroko dan SMA Negeri Bolangitang Barat menerima Penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Provinsi Sulawesi Utara tahun 2019 yang Piagam penghargaannya diserahkan langsung oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara Ir Marly Gumalag, Msi yang didampingi kepala lingkungan hidup Kabupaten Bolmut Irma Ginoga S.Pd M.Si dan kapala pendidikan Bolmut Sulha Mokodompis S.Pd, M.Si.

Kepala dinas lingkungan hidup Provinsi Sulut Ir Marly Gumalag M.Si saat meninjau SDN 1 Boroko meminta tetap terus berinovasi. Ini merupakan kolaborasi yang baik antara dinas lingkungan hidup dan dinas pendidikan Kabupaten Bolmut serta sekolah.

“Kreativitas ini wajib dicontoh dan dijadikan motivasi bagi sekolah-sekolah lain yang ada di bolaang mongondow utara,”tutur Marly.

Lanjut Marly, penghargaan Adiwiyata kepada lembaga pendidikan yang dinilai telah menerapkan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Menurut dia, PBLHS dilakukan berdasar kesadaran kolektif, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

”Kami berharap sekolah-sekolah peduli terhadap lingkungan. Sehingga mampu menjadikan lingkungan hidup yang berkualitas dan berkesinambungan,” ujar Marly.

Penghargaan Anugerah Adiwiyata
foto by humas bolmut

Ditempat yang sama, Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Bolmut Irma Ginoga S.Pd M.Si menjelaskan bahwa, Penghargaan Anugerah Adiwiyata didasarkan pada Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor: P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019. Penilaian itu mencakup beberapa aspek. Sebut saja verifikasi kelengkapan administrasi, kebersihan lingkungan, hingga fasilitas serta sarana prasarana di sekolah.

Untuk diketahui, Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui penerapan perilaku ramah lingkungan hidup oleh warga sekolah dan berhasil meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekolah, lingkungan sekitarnya dan daerah.(rhp)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button