Travel

Tempat Wisata di Minahasa yang Memanjakan Mata

Destinasi Yang Memberikan Nuansa Eksotik

Salah satu tempat wisata di Minahasa yang cukup terkenal yaitu pantai Mehambang. Nantinya di sepanjang perjalanan menuju lokasi tersebut. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan berupa perkampungan yang masih asri. Hal itu tentunya bisa memanjakan mata bukan?.

Tempat Wisata Alam dan Budaya yang Ada di Minahasa

Selain pantai Mahimbang yang terletak di kecamatan kakas. Faktanya masih banyak tempat wisata di Minahasa yang bisa dikunjungi pada akhir tahun. Mulai dari museum hingga pulau Lihaga. Daripada semakin penasaran langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. Desa Pulutan

Pulutan merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kota Manado. Kebanyakan penduduknya sangat menggantungkan hidup dari hasil kerajinan keramik yang dibuatnya. Maka dari itu bagi yang ingin membeli buah tangan bisa mengunjungi tempat tersebut.

Lokasi dari kota juga tidak terlalu jauh hanya berjarak sekitar 40 kilometer. Tepatnya terletak di pulutan, Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa. Sebagai informasi bahwa per harinya desa wisata tersebut dapat menghasilkan sebanyak 10 sampai 15 keramik.

2. Pulau Lihaga

Ketika sudah sampai di Minahasa sangat disayangkan jika tidak mengunjungi pulau satu ini. Karena tempat wisata tersebut menawarkan keindahan alamnya yang eksotis. Namun jika berniat mendatangi destinasi tersebut perlu mempersiapkan beberapa hal.

Pasalnya akses untuk menuju Pulau Lihaga yang sangat rumit. Dari kota Manado sendiri harus menempuh waktu perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam. Sedangkan alamatnya terletak di Gangga satu, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. Koordinat Lokasi

Tempat Wisata Minahasa
credit foto by Helichax

3. Danau Tondano

Objek wisata satu ini merupakan danau terluas yang berada di provinsi Sulawesi Utara. Di sini nantinya para pengunjung bisa melihat pemandangan yang sangat menakjubkan. Hal itu karena lokasinya yang diapit oleh berbagai pegunungan hijau.

Untuk lokasinya sendiri terletak di Urongo, kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa. Dari pusat Kota pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 90 menit untuk sampai tempat wisata ini. Karena banyak pepohonan membuat udara terasa sangat sejuk. Peta Lokasi

4. Benteng Maroya

Kurang afdol rasanya jika sudah sampai di Minahasa tetapi tidak mengunjungi benteng maroya. Bangunan ini merupakan salah satu bukti nyata sejarah dari perang Tondano pada zaman dahulu kala. Nantinya para pengunjung bisa melihat tonggal yang berjumlah 12.

Tonggal tersebut mengisahkan tentang perjuangan warga Tondano dalam perjuangan melawan kaum penjajah. Untuk lokasinya sendiri terletak di Roong, kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa. Di tempat ini para wisatawan juga bisa menaiki menara untuk melihat pemandangan.

5. Bukit Kasih

Bukit kasih terletak di desa kanonang dua, kecamatan Kawangkoan Barat. Kabupaten Minahasa. Itu artinya lokasi tersebut terletak sekitar 55 km dari kota Manado. Bagi yang ingin melakukan healing untuk menghilangkan bisa memilih destinasi wisata ini.

Karena nantinya para pengunjung bisa merasakan keindahan alam yang sangat asri. Bukit kasih ini dibangun sejak tahun 2002 sebagai simbol toleransi. Pasalnya di tempat wisata ini terdapat lima tempat ibadah mulai dari masjid, candi, Gereja Katolik dan kristen.

6. Arung Jeram Timbukar

Salah satu desa yang berada di Minahasa ini sangat berpotensi untuk dijadikan lokasi wisata. Hal itu karena terdapat aktivitas arung jeram di sungai Nimanga. Sedangkan untuk lokasinya sendiri berada di desa timbukar, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa.

Ketika sampai di tempat tersebut bisa dipastikan stress akan hilang dalam sekejap. Sebab nantinya pengunjung langsung disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar sungai Nimanga. Tempat wisata ini memiliki daya tarik sendiri yaitu arus sungai yang menantang.

Arung Jeram Timbukar
image credit by net tv

7. Museum Pinawetengan

Objek wisata ini didirikan pada tahun 2009 oleh yayasan institut seni budaya Sulawesi Utara. Di museum tersebut para pengunjung bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan kain tenun pinawetengan hingga selesai. Hal ini tentunya sangat menarik bukan?.

Museum pinawetengan memiliki tujuan utama yaitu untuk melestarikan budaya tradisional dari Minahasa. Untuk tempatnya terletak di jalan raya Langowan-Ratahan, Pinabetengan Utara, Kecamatan Tompaso Barat, Kabupaten Minahasa. Aksesnya juga terbilang sangatlah mudah.

8. Museum Kaki Dien

Dari pusat Kota untuk sampai ke museum kaki Dine memerlukan waktu sekitar 20 menit. Setelah itu pengunjung harus melakukan perjalanan lagi sejauh 1,2 km untuk mencapai menara tersebut. Jalannya yang berkelok-kelok di antara rimbunan hutan tentunya sangat menantang.

Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau. Biasanya petugas akan mengenakan biaya sebesar Rp 3000 bagi motor dan 4 untuk kendaraan roda empat seperti mobil dan bus. Meskipun tarifnya sangat kecil namun kepuasan yang akan didapat pengunjung sangat banyak.

9. Gunung Empung

Destinasi wisata satu ini pastinya sangat cocok bagi seseorang yang menyukai petualangan. Karena di sana pengunjung bisa mendaki gunung sembari berwisata alam. Nantinya sepanjang perjalanan Anda bisa melihat pemandangan pohon-pohon rindang yang sangat mempesona.

Ketika memutuskan untuk mendaki gunung empung tersebut pastikan sudah menggunakan sepatu khusus. Dengan begitu bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Untuk alamatnya sendiri terletak di Agotey, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa.

10. Pantai Mahembang

Pantai mahembang merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Minahasa. Biasanya orang akan berkunjung ke destinasi tersebut pada akhir tahun. Karena pemandangannya yang asri dan indah, sehingga bisa untuk menghilangkan penat.

Di sekitar pantai tersebut juga terdapat bebatuan yang memberikan nuansa eksotik. Umumnya wisatawan akan berfoto di bawah batuan tersebut. Agar bisa menikmati keindahan matahari terbit sebaiknya mendatanginya pada waktu pagi hari sekitar pukul 05.00.

Tempat Wisata Minahasa
image credit by JOHANSUJI VLOG

11. Uluna Tondano

Untuk objek wisata satu ini letaknya masih berada di sekitar kota tonado. Daerah yang menjadi pusat administrasi untuk Kabupaten Minahasa ini ternyata memiliki banyak destinasi. Akses jalannya memang emang agak sulit. Karena lokasinya yang berada di tengah hutan.

Meskipun begitu wisatawan bisa melihat keindahan alam bawah air hanya dengan melakukan snorkeling saja. Untuk alamat lengkapnya berada di Masaran, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara. Sumber mata air tersebut sangatlah jernih.

12. Taman Kota Tondano

Apabila hanya memiliki waktu yang terbatas. Ketika berada di Minahasa tetap bisa menikmati wisata Taman Kota Tondano. Rumputnya yang hijau dan sangat luas membuat para pengunjung betah untuk berdiam diri di tempat tersebut.

Biasanya Taman Kota Tondano akan ramai pada akhir pekan. Hal itu karena banyak warga yang berkumpul dan bercengkraman dengan sanak saudara di tempat wisata tersebut. Perlu diketahui bahwa destinasi wisata tersebut merupakan pusat aktivitas lokal.

13. Kolam Air Panas Citos Koya

Kota tornado ternyata memiliki dua kolam renang air panas Salah satunya yaitu Citos koya. Umumnya pada sore hari destinasi wisata itu akan ramai oleh para rombongan. Lokasinya sendiri terletak di jalan Amian, Kelurahan Koya, Kecamatan todano Selatan.

Kolam air panas ini berbeda dengan Marfel tataran 1. Sebab Citos Koya mempunyai bangunan yang lebih modern dan bersih. Hal itulah yang menjadi penyebab utama mengapa destinasi wisata ini selalu di ramai oleh para pengunjung baik dari dalam kota maupun luar.

Demikianlah informasi tentang beberapa tempat wisata di Minahasa yang bisa dijadikan referensi untuk liburan akhir tahun. Agar bisa menghemat pengeluaran selama berekreasi sebaiknya gunakan kendaraan pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat. (rhp)

Baca Lebih Lanjut

Ingin tau keanekaragaman destinasi wisata di sulawesi? klik tautan dibawah ini;

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button