Travel

15 Tempat Wisata Morowali Utara yang Mempesona

Masih Banyak Obyek Yang Belum Terjamah Disini

Waktu.news | Morowali Utara terkenal dengan potensi keindahan alamnya. Tentunya tak heran jika tempat wisata Morowali Utara cukup beragam dan menjadi sasaran para wisatawan dari dalam hingga luar negeri. Bahkan, setiap tempat wisata mempunyai daya tarik tersendiri.

Tempat Wisata Mempesona di Morowali Utara

Apakah anda berencana untuk mengunjungi Morowali Utara? Jika benar, sepertinya wajib untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang tersedia disana. Lebih jelasnya berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisatanya.

Danau Tiu

Warga sekitar memanfaatkan keberadaan Danau Tiu sebagai mata pencaharian karena tersedia banyak ikan. Selain itu, Danau ini juga menjadi tempat wisata yang cukup populer di Morowali Utara. Bahkan, setiap pengunjung bisa menyewa perahu untuk mengelilingi Danau ini.

Keunggulan dari danau Tiu sangatlah indah dengan air yang tenang. Bahkan, hawa sejuk di sekitar danau sangat terasa. Jadi, jika ingin sekedar bersantai di sekitar danau ini bisa melakukannya kapanpun sembari menikmati makanan. Map Lokasi

Tempat Wisata Morowali Utara
image credit Milton Tube

Danau Lowo

Tempat wisata lain yang ada di Morowali Utara yaitu Danau Lowo. Biasanya masyarakat sekitar menjadikan Danau ini sebagai tempat memancing terbaik. Selain itu, danau Lowo sudah menjadi tempat wisata yang cukup populer bagi wisatawan.

Bahkan, di sekitar danau terdapat banyak tempat duduk untuk sekedar Menikmati keindahan danau. Keunggulan dari Danau ini pemandangannya sangat eksotis dan memberikan hawa sejuk. Apalagi dengan pepohonan rindang dan hijau.

Artikel Terkait; 10 Tempat Wisata Buol Paling Populer dan Instagramable

Goa Tamanoa

Goa Tamanoa di Morowali Utara ini mempunyai daya tarik tersendiri, karena bagian ujungnya tidak ada yang mengetahuinya. Lebih tepatnya Goa Tamanoa sangat panjang dan luas. Jadi, jika suka berjelajah, Tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat ini.

Lebih tepatnya alamat asli Goa Tamanoa di Desa Wawopada. Sedangkan untuk bisa sampai di goa ini tidak perlu membutuhkan waktu lama. Bahkan, akses tidak terlalu sulit bisa menggunakan kendaraan bermotor.

Tempat Wisata Morowali Utara
Image credit chanel Poldi Mansa putra uwentira

Air Terjun Mataruttung

Tempat wisata ini sudah cukup populer karena mempunyai daya keunikan tersendiri. Tentunya pak heran jika air terjun ini setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Berbagai fasilitas mulai tersedia seperti sarana prasarana dan wahana.

Sedangkan untuk bisa sampai di air terjun ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari ibukota Kabupaten Morowali Utara. Jadi, akses kesana menggunakan perahu. Jadi, pengunjung harus menyewa perahu yang sudah tersedia.

Tempat Wisata Morowali Utara
Image credit Alhi Chito

Air Terjun Menduru

Air terjun yang satu ini cukup terkenal karena memberikan pemandangan sangat indah. Bahkan, perjalanan untuk sampai di air terjun tersebut sangat sejuk dan tenang. Mengingat air terjun ini memang berada di area hutan.

Jika dari pusat Kota Morowali Utara, jaraknya sekitar 40 km. Sedangkan dari desa Ensa hanya berjarak 3 km. Meskipun sebenarnya air terjun ini tidak terlalu tinggi, tapi mempunyai kolam luas. Jadi, di sini pengunjung bisa berenang sepuas mungkin.

Air Terjun Menduru
Image credit Melati petualang

Air Terjun Lemboroma

Wisata ini menjadi kawasan favorit untuk berendam atau berenang. Air terjun yang sangat jernih dan sangat asri, jadi bisa memberikan ketenangan tersendiri jika berada disana. Bahkan, akses menuju tempat wisata ini terbilang mudah.

Bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika dari ibukota kabupaten, jarak air terjun ini sekitar 15 km. Namun, jika dari ibu kota kecamatan, jaraknya jauh lebih dekat hanya sekitar 5 km saja.

Artikel Lainnya; 10 Tempat Wisata Tolitoli Cocok Bagi Pecinta Alam

Pemandian Panapa

Wisata pemandian di Morowali Utara memang cukup beragam, salah satunya pemandian Panapa. Di Pemandian ini tentunya wisatawan bisa menikmati berenang atau sekedar berendam hingga sepuasnya.

Pemandian beserta air terjun ini memberikan kenyamanan tersendiri. Apalagi dengan air yang sangat jernih, sehingga bisa menjadi tempat favorit untuk sekedar melepas penat. Sedangkan untuk sampai di pemandian ini kurang lebih harus menempuh jarak 10 km dari ibukota Kolonedale.

Pemandian Korowalelo

Di Kecamatan Lembo terdapat pemandian Korowalelo yang terkenal dengan air sangat tenang. Apalagi dengan biaya masuk hanya Rp 2.000 saja, sehingga cocok menjadi tempat untuk menghabiskan waktu libur.

Jika tertarik untuk mandi di tempat ini harus menempuh jarak kurang lebih 5 km dari ibukota Kecamatan Beteleme. Sedangkan dari ibukota kabupaten yang berjarak kurang lebih 20 km.

Tompa Ofoi

Rekomendasi tempat wisata Morowali Utara yang selanjutnya yaitu Tompa Ofoi. Lebih tepatnya wisata ini berada di Desa Wara’a, Kecamatan Lembo. Keunggulan dari tempat wisata ini masih alami, banyak pepohonan dan air jernih.

Perlu tahu jika Tompa Ofoi merupakan wisata bendungan dan pemandian. Akses untuk sampai disana juga masih terbilang sulit karena jalanan berbatu. Meskipun begitu, tetap saja Tompa Ofoi cukup populer.

Artikel lainnya; 16 Rekomendasi Tempat Wisata Morowali

Teluk Tomori

Teluk Tomori berada di Kota Kolonodale yang terkenal dengan keindahannya. Keunikan dari teluk ini bisa melihat langsung perbukitan yang masih berwarna hijau. Begitu juga dengan tebing-tebing tinggi yang membentengi teluk ini.

Selain itu, di sekitaran teluk juga terdapat hamparan rumput ilalang yang biasanya menjadi spot foto anak muda. Tidak hanya itu, air di teluk ini juga sangat jernih sehingga menjadi daya tarik tersendiri di wisatawan.

Batu Apali

Batu Apali merupakan sebuah pulau yang terdapat pantai. Jadi, Pulau ini menjadi tempat wisata yang cukup populer di Morowali Utara. Kepopuleran tersebut karena pemandangan sangat indah dan tentunya menyejukkan.

Banyak para wisatawan menghabiskan liburan di tempat ini untuk sekedar bersantai atau berenang. Bahkan, Tak jarang beberapa wisatawan juga melakukan snorkeling untuk mengetahui keindahan terumbu karang dan ikan-ikannya.

Pantai Jompi

Tempat wisata ini terkenal karena mempunyai air yang sangat tenang. Jadi, sangat aman untuk anak-anak dan orang dewasa berenang. Tidak hanya itu, pantai ini juga sangat bersih karena pengelolaannya sangat baik.

Keindahan pantai Jompi sangat lengkap dengan adanya pegunungan panjang. Di satu sisi, pantai ini terdapat bebatuan berwarna coklat yang memberikan kesan eksotik. Begitu juga dengan pasirnya yang bersih meskipun tidak terlalu banyak.

Pulau Rumbia

Pulau ini di Morowali Utara terkenal dengan keindahannya. Tak heran jika banyak wisatawan yang lebih memilih menghabiskan waktu liburannya di Pulau ini. Selain terjaga kebersihannya, pulau ini juga sangat asri.

Banyak wisatawan yang sudah membuktikan setelah berkunjung ke pulau ini merasakan ketenangan dan tentunya kebahagiaan. Apalagi jika berkunjung bersama teman-teman dan keluarga.

Baca juga; Pemandian Air Panas Bakan Sajian Keindahan Sekaligus Menyehatkan

Pulau Pengia

Pulau Pengia mempunyai keunikan tersendiri karena terdapat dinding batu marmer dengan bekas telapak tangan manusia. Namun, masyarakat percaya seiring berjalannya waktu telapak tangan tersebut mulai hilang.

Hal tersebut karena terkikis oleh air hujan. Selain cerita tersebut, pulau Pengia juga terkenal dengan keindahannya. Bahkan, saat berada disana akan merasakan kenyamanan. Map Lokasi

Muara Bajoe

Rekomendasi terakhir tempat wisata Morowali Utara bernama Muara Bajoe. Perlu tau jika tempat wisata ini memang biasa menjadi tempat liburan bersama keluarga. Lebih tepatnya tempat wisata ini merupakan tebing batuan karst yang tinggi.

Selain itu, air di tempat wisata ini juga cukup jernih. Sedangkan lokasinya berada di Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara.

Kurang lebih itulah beberapa tempat wisata Morowali Utara yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan. Apapun pilihannya, pastikan tetap menjaga kebersihan lingkungan. (rhp)

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button