Travel

10 Tempat Wisata Tolitoli Cocok Bagi Pecinta Alam

Sebelum Gasss Pull Baca Dulu Penjelasannya

Waktu.news | Kabupaten Tolitoli berada di Sulawesi yang terkenal dengan berbagai tempat wisata alam yang sangat indah dan masih alami. Dari sekian banyaknya, ada 10 tempat wisata Tolitoli yang cukup populer dan berkunjung seperti sebuah keharusan.

Inilah 10 Tempat Wisata Kabupaten Tolitoli Paling Recommended

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya di mana di Kabupaten Tolitoli terdapat banyak wisata alam. Wisata alam yang ada di sana, ini hanya akan dibahas 10 yang paling populer. Selengkapnya mengenai 10 tempat wisata tersebut, berikut penjelasannya.

1. Air Terjun Kalosi

Air terjun Kalosi di Tolitoli mempunyai daya tarik tersendiri. Mengingat air terjun ini masih terbilang sangat alami, sehingga cocok untuk menjadi tempat berlibur atau menenangkan diri. Air terjun yang sangat jernih memberikan kesegaran tersendiri bagi setiap wisatawan.

Selain itu, di sekitar air terjun ini masih banyak pepohonan hijau yang rindang. Jadi, sekali mencari tempat liburan bagi para. Aplikasi bebatuan di sekitar air terjun yang memberikan sensasi tersendiri untuk menikmatinya. Namun, untuk berkunjung ke wisata ini perlu membawa beberapa keperluan seperti makanan dan obat-obatan.

2. Air Terjun Padaelo

Rekomendasi lain yaitu air terjun Padaelo. Lebih tepatnya wksaya ini berasa di kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Suku tempat wisata yang indah ini tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, 10 ribu per orang. Harga tiket tersebut juga berlaku saat weekend maupun weekday.

Namun, perlu mengetahui jika harga tiket tersebut bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan. Meskipun harga tiketnya terbilang murah, tapi tidak akan kecewa saat datang. Mengingat kejernihan air terjun dan kebersihan yang sangat terjaga bisa memberikan ketenangan tersendiri.

Tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi air terjun. Dengan kata lain buka selama 24 jam. Namun, akan lebih baik jika mengunjungi air terjun ini saat pagi hingga sore hari. Mengingat lokasinya berada di hutan yang masih asri dengan pepohonan hijau dan rindang.

Baca juga; Pulau Maruange Torosiaje: Pulau Kecil yang Memukau Wisatawan

Air Terjun Padaelo
Image Credit Jhudi Wahyudi

3. Pulau Lutungan

Jika tertarik untuk mengunjungi wisata alam di Tolitoli, sepertinya wajib ke pulau Lutungan. Di tempat ini bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti snorkeling, berenang atau sekedar bermain pasir. Bahkan, bisa juga sekedar duduk santai dan menikmati indahnya pemandangan.

Pulau ini mempunyai keunggulan tersendiri di mana air sangat jernih. Bahkan, dari kejauhan terlihat berwarna hijau kebiruan. Tentu dengan kondisi pulau yang seperti ini memungkinkan untuk melakukan snorkeling karena terlihat jelas terumbu karang dan ikan-ikan di dalamnya.

Apalagi populasi ikan di Pulau ini masih sangat terjaga dan jumlahnya cukup banyak. Dari sinilah pulau Luntungan cukup terkenal. Bahkan, untuk bisa mencapai Pulau ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit saja, karena berada barat teluk Tolitoli. Peta Lokasi

Pulau Lutungan
image credit Nurfauzi Alfikry Tajuddin Sangkala

4. Pantai Tanjung Dako

Rekomendasi wisata lain yang selanjutnya yaitu pantai Tanjung Dako. Salah satu daya tarik dari pantai ini mempunyai air laut sangat jernih. Bahkan, hamparan pasirnya sangat putih dan lembut. Jadi, pantai ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman-teman.

Di sekeliling pantai masih terdapat pepohonan hijau, tinggi dan rindang. Air di pantai ini terbilang tenang sehingga sangat aman untuk melakukan aktivitas seperti berenang atau sekedar berendam. apalagi saat pagi atau sore hari dengan sunrise dan sunset yang indah.

Tempat Wisata Tolitoli
Image credit Iyan Tahama

5. Pantai Batu Bangga

Pantai Batu Bangga masuk ke dalam kategori tempat wisata yang cukup populer saat ini. Lebih tepatnya pantai ini berada di desa Lalos, Kecamatan Galang. Perkiraan jarak tempuh dari kota Tolitoli hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Jika tertarik mengunjungi wisata ini, sebaiknya datang mulai pagi hari sampai sore hari untuk menikmati matahari terbenam atau matahari terbit. Jika tidak ingin terlalu ramai, sebaiknya hindari hari weekend seperti Sabtu dan Minggu.

Fasilitas di pantai Batu Bangga terbilang lengkap mulai dari kamar mandi, gazebo, mushola dan lain sebagainya. Namun, untuk bisa menikmati gazebo yang ada harus mengeluarkan uang 15 ribu dan bisa menggunakannya sepuasnya.

Artikel TErkait; Pohon Cinta Pohuwato Memiliki Daya Tarik dan Kisah Asmaranya

6. Pulau Sabang Tende

Namanya Pulau Sabang Tende yang berada di Kabupaten Tolitoli. Pulau ini mempunyai daya tari tersendiri dengan pasirnya yang putih dan halus. Bahkan, Pulau ini sangat terjaga kebersihannya, sehingga bisa menjadi lokasi paling tepat untuk menghabiskan waktu liburan.

Selain itu, di Pulau Ini juga masih banyak pohon yang rindang, sehingga kesejukan akan semakin terasa. Jadi, jika anda berkunjung ke pulau Tolitoli, sepertinya wajib untuk mengunjungi Pulau ini. Namun, lebih menyarankan mengunjunginya di lain weekend agar bisa lebih menikmati. Peta Lokasi

Tempat Wisata Tolitoli
Image credit Rani Tauhid

7. Air Terjun Sigelang

Apakah anda termasuk salah satu orang yang suka mengunjungi air terjun? Jika berada di kabupaten Tolitoli, sepertinya wajib untuk mengunjungi air terjun Sigelang. Lebih tepatnya air terjun ini berada di kecamatan Lampasio yang tidak terlalu jauh dengan kota.

Bahkan hanya perlu membutuhkan waktu sekitar setengah jam saja dari kota Tolitoli untuk sampai ke air terjun ini. Bisa mendapatkan banyak keuntungan jika berwisata di air terjun ini, salah satunya udara masih sangat segar.

Mengingat kebersihan air terjun ini sangat terjaga. Begitu juga dengan pepohonan hijau dan rindang masih cukup banyak. Jadi, tidak ada alasan tidak mengunjungi wisata ini jika berkunjung ke Kabupaten Tolitoli. Sudah pasti menyenangkan dan pikiran akan lebih fresh setelah berkunjung..

Baca Artikel lainnya; Pulau Cinta Gorontalo selain Romantis, Bikin Pasangan Ngak Mau Pulang

8. Pulau Labuan Lobo

Rekomendasi lain yaitu pulau Labuan Lobo. Meskipun sebenarnya Pulau ini masih belum terlalu populer jika perbandingannya dengan pulau-pulau lain, tapi pemandangannya tidak kalah indah.

Apalagi akses ke tempat ini cukup mudah, tentu memberikan keuntungan tersendiri. Daya tarik dari pulau ini yaitu terlihat gundukan batu dengan tanaman di bagian atasnya. Selain itu, di sekitar pulau ini juga masih banyak pepohonan rindang yang sangat menenangkan.

Pulau Labuan Lobo
image credit
TALK DAYS FARNABA CHAN

9. Pulau Kabetan

Tempat wisata yang masuk dalam rekomendasi terakhir yaitu pulau Kabetan. Bagi Anda yang sedang mencari wisata alam terbilang masih asri, pulau ini menjadi jawabannya. Jika melihatnya secara langsung sepertinya Pulau ini belum terlalu banyak yang mengunjunginya.

Jadi, mulai dari kebersihan sangat terjaga karena tidak ada tangan-tangan usil. Begitu juga dengan airnya yang sangat tenang dan jernih, jadi aman untuk berenang. Meskipun begitu, saat ini pulau Kabetan mulai dikenal.

Tidak menutup kemungkinan lambat laun akan menjadi wisata yang banyak pengunjung. Begitu juga dengan Anda, jika berkunjung ke Kabupaten Tolitoli sepertinya wajib ke wisata ini. Jika Ingin Lebih menikmati liburan di pulau ini, nantikan melakukan persiapan dengan membawa makanan dan lainnya. Peta Lokasi

Pulau Kabetan

10. Pulau Kapas

Objek wisata ini berlokasi di Desa Kapas, Kecamatan Dakopemean. Pulau ini memiliki panorama pantai pasir putih, serta beragam jenis tumbuhan laut yang berada di sekitar pulau.

Masyarakat lokal menamakannya pulau kapas, karena posisi pulau tersebut berada di wilayah Desa Kapas yang tidak jauh dari daratan desa tersebut. Jarak yang ditempuh hanya memakan waktu sekitar 10 menit dari pelabuhan dermaga yang ada di Desa Kapas.

Kegiatan seperti diving dan snorkeling sangat cocok untuk dilakukan di pulau ini. Anda juga bisa menikmati kelembutan pasir putihnya dengan batu karang kokoh yang mempercantik pulau ini. Untuk menuju destinasi keren ini anda memerlukan waktu tempuh yang sebentar yakni sekitar 10 menit.

Demikian rekomendasi tempat wisata Tolitoli yang cocok bagi pecinta alam. Jadi, dari beberapa rekomendasi tersebut mana yang paling menarik? Apapun itu, pastikan saat mengunjunginya tetap menjaga kebersihan lingkungan. (rhp)

Baca Lebih Lanjut

Ingin tahu lebih banyak tentang Obyek Wisata Seputaran Sulawesi? klik tautan di bawah ini:

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button