Travel

Wisata Pantai Wakat dengan Berbagai Keistimewaannya

Berkunjung ke Wisata Pantai Wakat bisa menjadi rujukan bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan alam eksotis. Meski terbilang cukup baru, namun pihak pengelola sudah memberikan berbagai fasilitas pendukung dan akan terus melakukan pengembangan.

Daya Tarik Wisata Pantai Wakat

Pembangunan tempat wisata Pantai Wakat terbilang masih baru yakni pada 1 April 2020 lalu dan mulai dibuka sejak 1 Juli di tahun yang sama. Meskipun demikian, ada beberapa daya tarik sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung dari waktu ke waktu. berikut ulasannya:

  1. Terletak di Dataran Rendah yang Memanjang ke Arah Timur

Letak Pantai Wakat tepatnya di edsa Kawat yang memiliki penduduk sekitar 865 jiwa atau sekitar 265 kepala keluarga. Perjalannya cukup menanjak, untuk itu pastikan menggunakan perlengkapan memadai. Lelahnya saat perjalanan akan terbayar ketika sampai lokasi karena kesejukan udaranya.

Pantai memang identik dengan udara yang panas, namun berbeda ketika mengunjungi area Wakat. Sekeliling lokasi masih banyak pepohonan rindang. Oleh karenanya tidak menutup kemungkinan kalor dari matahari masih terhalang dengan rimbunnya dedaunan sekitar.

  1. Airn Pantai Wakat Jernih

Pembukaan pantai wakat termasuk masih sangat baru karena pada tahun 2020 lalu. Awal pembangunannya murni menggunakan dana desa, namun kemudian beralih ke Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Adab beberapa pengadaan fasilitas penunjang agar lebih menarik perhatian.

Desa Wakaf merupakan salah satu wilayah yang memiliki objek wisata menari, salah satunya berupa pantai berair jernih. Letaknya di dekat pegunungan, pada beberapa titik terdapat gundukan bebatuan berwarna gelap. Pengunjung dapat memanfaatkannya sebagai spot foto, tapi tetap berhati-hati.

  1. Tersaji Pemandangan yang Menyejukkan Mata

Pantai yang terletak di Desa Wakat ini menyajikan pemandangan hamparan air biru berpadu dengan langit. Anda bisa mengunjungi tempat tersebut sesuai jadwal, jika ingin melaksanakan sebuah acara sebelumnya dapat melakukan booking. Tujuannya adalah untuk membatasi jumlah pengunjung.

Selain menikmati keindahan bersama keluarga terdekat, tempat ini juga cocok bagi Anda yang ingin menikmati senja bersama orang tersayang. Momen sunset menjadi salah satu paling dinanti karena keindahannya memberi kesan romantis. Tidak jarang orang memanfaatkannya sebagai momen berfoto.

Pantai Wakat

  1. Tersedia Berbagai Fasilitas Penunjang

Tersedia berbagai macam fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjung mulai dari tempat parkir, kamar mandi, dan masih banyak lainnya. Setelah menggunakannya, jangan lupa selalu mentaati peraturan yang berlaku seperti halnya menjaga kebersihan agar tidak memberi efek buruk.

Selain itu juga terdapat gazebo untuk tempat istirahat setelah lelah bermain. Sebab peletakannya yang strategis, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengambil foto. Media sosial menjadi tempat paling tepat sebagai wadah pengekspresian kebahagiaan ketika berlibur ke pantai eksotis.

Artikel Terkait: Pantai Bunga Indah yang Selalu Ramai Pengunjung

  1. Terdapat Penyewaan Perahu

Berkunjung ke Pantai Wakat kurang lengkap rasanya jika tidak naik perahu untuk menikmati pemandangan dari tengah pantai. Keeksotisannya bertambah saat matahari tenggelam. Hanya saja hidari jika kondisi cuaca sedang tidak baik karena pada waktu tersebut umumnya terjadi pasang.

Menikmati keindahan di tengah pantai sendiri tidak hanya bisa pengunjung lakukan ketika matahari tenggelam saja. Siang hari juga sangat cocok melakukan kegiatan berlayar, karena sinar matahari bisa menembus jernihnya air. Hal ini membuat berbagai biota air terlihat semakin jelas.

Fasilitas yang Terdapat di Wisata Pantai Wakat

Liburan menjadi momen yang paling ditunggu sebagian besar masyarakat untuk mencari hiburan serta menenangkan pikiran. Sekarang ini sudah tersedia berbagai tujuan wisata seperti salah satunya Pantai Wakat. Guna menunjang kenyamanan pengunjung, berikut ini beberapa fasilitasnya:

  1. Gazebo Pantai Wakat Yang Terbanyak Di Kotamania

Pada beberapa titik terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk berteduh dan menikmati camilan. Adanya fasilitas ini bertujuan agar pengunjung dapat menghemat pengeluaran untuk menyewa payung atau tikar. Namun perlu diketahui bahwa ukurannya tidak terlalu besar yakni muat sekitar 4 orang.

Penempatan masing-masing gazebo sangat strategis dengan tujuan agar pengunjung bisa lebih leluasa ketika menikmati pemandangan pantai. Ketika berada di lokasi ini, Anda bisa menikmati udara yang masih asri karena terletak di wilayah dataran tinggi dengan pemandangan pohon rindang.

Artikel Lainnya: Pantai Ratu Boalemo, Favorit Para Pecinta Diving dan Snorkeling

  1. Kamar Mandi Memadai

Fasilitas yang paling penting lainnya adalah kamar mandi apalagi di pantai. Selain untuk buang air besar dan kecil, tempat satu ini juga berfungsi untuk ganti pakaian setelah bermain air. Anda tidak perlu khawatir karena ruangannya didesain khusus agar tidak sampai ada celah untuk mengintip.

Pihak pengelola akan memperbaikinya apabila pada bagian pintu mengalami kerusakan. Air di dalam bak mandi selalu tersedia, jika kehabisan pengunjung bisa langsung meminta pengelola mengisinya kembali. Biaya sewanya terbilang cukup ekonomis, tergantung kegiatan apa yang Anda lakukan.

Pantai Wakat

  1. Tempat Parkir Aman

Beberapa waktu terakhir, semakin marak kejadian pencurian barang-barang berharga termasuk kendaraan bermotor seperti mobil dan lainnya. Guna menghindari kejadian serupa, maka  pihak pengelola pantai sudah menyediakan tempat khusus yang aman dan terlindungi dari sinar matahari.

Tempat parkirnya juga sangat luas, sehingga apabila ada lonjakan pengunjung maka tetap bisa menampung banyak kendaraan. antara mobil dan motor umumnya dibedakan guna memudahkan pengelolaan dan ketika keluar lokasi tidak ada kendala dan kemungkinan lecet semakin sedikit.

Baca Juga: Wisata Pantai Batu Pinagut Menyimpan Bukti Peninggalan Sejarah

  1. Warung Penyedia Camilan

Camilan menjadi produk penting saat liburan terutama ketika membawa serta keluarga besar termasuk anak-anak. Hal ini akan membuat mereka lebih senang dan nyaman ketika di lokasi wisata. Jika tidak sempat mempersiapkan atau barang bawaan terlalu banyak, sebaiknya melakukan pembelian di lokasi.

Saat ini sudah ada banyak pilihan makanan berat, minuman, dan camilan yang tersedia di warung-warung terdekat. Pilihannya juga sangat banyak, selain itu terdapat juga tempat pengunjung untuk menikmatinya. Anda tidak perlu khawatir karena kebersihannya selalu terjaga dan aman.

  1. Pantai Wakat Menyediakan Tempat Pembelian Tiket

Setiap di lokasi wisata hampir seluruhnya menyediakan loket yakni tempat pembelian tiket, seperti halnya yang ada di Wisata Pantai Wakat. Setiap pengunjung sebelum masuk diharuskan memiliki izin terlebih dahulu. Selain untuk pemasukan warga sekitar, hasilnya juga berfungsi untuk pembangunan.

Hargaya sendiri tidak terlalu mahal yakni untuk dewasa hanya Rp 3.000 rupiah, sedangkan anak-anak Rp 2000 rupiah. Dengan nominal tersebut Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai secara lebih leluasa. Bahkan tidak ada pembatasan durasi, untuk itu sebaiknya selalu patuhi aturan yang ada.

Pengenalan wisata yang berdiri pada 2020 ini bertujuan untuk mendongkrak tumbuhnya roda perekonomian masyarakat dalam bidang baru. Jika ingin berlibur ke Pantai Wakat pastikan untuk membawa kamera atau HP guna mengabadikan momen terindah terutama saat sunset tiba.

Artikel Terkait: Pantai Wakat Makin Lama Tambah Cakep Aja, Seperti Kepala Desanya

Itulah pembahasan mengenai Wisata Pantai Wakat dan beberapa fasilitas menarik yang bisa menjadi referensi liburan untuk menenangkan pikiran atut mempererat kedekatan dengan keluarga. Sebelumnya pastikan membawa perlengkapan pendukung salah satunya powerbank dan dompet.(rhp)

Selanjutnya

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media dan Pemerintah Daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button