Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

Pantai Ratu Boalemo, Favorit Para Pecinta Diving dan Snorkeling

Advertisement

Waktu.news | Keindahan wisata bahari yang ada di Indonesia sudah terbukti memukau mata. Ada banyak sekali pantai yang menawarkan keindahan bahari tiada duanya. Salah satu wisata bahari yang wajib untuk Anda kunjungi yaitu Pantai Ratu.

Wisata pantai yang satu ini berada di Gorontalo. Keindahannya mampu menarik banyak pengunjung dari berbagai wilayah bahkan hingga mancanegara. Pantai ini memang sangat cantik dan mempesona. Dari bibir pantai, setiap pengunjung sudah bisa menikmati keindahan laut yang begitu mempesona. Selain itu, keindahan bawah lautnya juga sangat istimewa.

Advertisement

Lokasi Wisata

Pantai Ratu lokasinya berada di desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo Gorontalo. Keindahan dari wisata ini membuat Gorontalo menjadi salah satu destinasi yang banyak menarik wisatawan.

Di bawah laut Pantai Ratu, setiap wisatawan yang melakukan snorkeling atau penyelaman akan terkagum dengan keanekaragaman hayati yang ada. Wisata ini bisa menjadi surga bagi para pecinta pemandangan bawah laut.

Advertisement

Destinasi wisata Pantai Boalemo Gorontalo yang satu ini memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa. Setiap wisatawan bisa menemukan berbagai macam biota laut seperti ikan berwarna warni, terumbu karang yang terawat, bintang laut, dan aneka biota laut lainnya.

Wisata Pantai ini memiliki panjang pantai mencapai 409,195 km. Pantai ini lokasinya berhadapan dengan teluk Tomini yang juga tidak kalah cantik. Garis pantai yang sangat panjang membuat pemandangan ketika berada di sini sangatlah memanjakan mata.

Artikel terkait: Air Terjun Ayuhulalo dengan Panorama yang Sejuk

Kerennn

Objek wisata yang satu ini sudah buka sejak bulan Februari 2019. Peresmian oleh kepala desa yang bernama Rafli dan istrinya Tuti. Singkatan dari nama kepala desa dan istrinya inilah yang menjadikan pantai di Boalemo menjadi Pantai Ratu.

Advertisement

Kepala desa berinisiatif untuk mengembangkan objek wisata ini. Hingga kini objek wisata sudah semakin terkenal oleh para wisatawan dari berbagai wilayah. Objek wisata ini juga mampu memberikan banyak dampak positif terutama dalam bidang ekonomi warga sekitar.

Sebelum peresmian, Pantai ini hanya terlihat sebagai pinggiran pantai yang tidak terawat. Masyarakat sekitar melihat bahwa pinggiran pantai ini sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa. Warga desa kemudian berinisiatif memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan potensi yang ada di pantai tersebut.

Pembangunan objek wisata Gorontalo ini secara swadaya dari masyarakat setempat. Dengan memanfaatkan dana desa. Setiap pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dan juga wisata bahari di Pantai ini dengan tiket yang murah.

Baca juga: Pantai Minanga Menyimpan Berbagai Pesona

Pesona Pantai Ratu

Gorontalo memiliki pesona yang tiada duanya. Setiap pengunjung akan menemukan pemandangan pantai dengan pasir yang putih dan bersih. Panjang garis pantai yang mencapai ratusan meter membuat pantai ini terlihat sangat memukau.

Objek wisata ini sangat cocok Anda kunjungi kapan saja. Biasanya di waktu akhir pekan, pantai ini ramai selalu ramai kunjungan dari wisatawan. Di sana sudah terdapat banyak gazebo yang tersedia untuk para pengunjung. Desain dari gazebo berbentuk mahkota yang lokasinya berada di permukaan lauta.nda tentu akan merasa terkagum ketika menikmati pemandangan dari atas gazebo.

Umumnya gazebo berada di pinggir pantai, akan tetapi di Pantai ini gazebo terletak di atas air. Setiap gazebo terhubung dengan kayu sehingga pengunjung atau wisatawan bisa leluasa untuk berlarian di atasnya.

Advertisement

Selain terdapat gazebo, objek wisata ini juga menyediakan perahu yang bisa pengunjung sewa. Anda bisa menjelajahi Pantai ini menggunakan perahu ini. Di sana juga terdapat kapal dengan ukuran cukup besar yang juga dapat di sewa oleh setiap pengunjung.

Wahana lain yang membuat wisata Pantai ini semakin menarik yaitu adanya kursi santai, kasur air, persewaan pelampung dan berbagai macam wahana lain yang bisa di sewa dengan harga murah.

pantai ratu
Pantai Ratu lokasinya berada di desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo Gorontalo. Image credit by M Porbatt

Baca Juga: Pulau Cinta Gorontalo selain Romantis, Bikin Pasangan Ngak Mau Pulang

Spot Foto

Ketika berkunjung di pantai yang cantik tentu Anda tidak bisa melewatkan kesempatan untuk berfoto. Di objek wisata ini juga sudah tersedia beberapa spot foto menarik. Salah satu spot favorit para pengunjung yaitu ayunan yang di dekatnya terdapat tulisan wisata Pantai ini. Setiap pengunjung bisa mendapatkan foto terbaik dengan memanfaatkan spot ini.

Saat ini Pantai Ratu semakin populer karena banyak wisatawan yang memposting foto di sosial media. Dari hasil foto yang anda dapatkan memang memiliki hasil yang mampu membuat orang lain tertarik untuk mengunjunginya.

Pantai keren Gorontalo ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih dengan ombak yang tenang. Setiap pengunjung bukan hanya bisa melihat pemandangan yang indah saja namun juga bisa bermain air dengan nyaman.

Berita Terkait: Pantai Batu Pinagut dengan Ciri Khas Unik

Beragam Kegiatan Seru

Setiap pengunjung yang datang ke Pantai Ratu Boalemo bisa melakukan berbagai macam kegiatan seru. Pantai yang luas memungkinkan setiap pengunjung untuk bisa bersantai atau melakukan kegiatan menyenangkan. Anda bisa membuat istana pasir, bermain voli pantai, berjemur atau berlarian di pinggir pantai.

Jika ingin menjelajahi laut maka tinggal menyewa perahu yang sudah tersedia di sekitar objek wisata ini. Kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan ketika mengunjungi Pantai ini yaitu melihat pemandangan bawah laut yang indah. Anda dapat menyewa pelampung agar bisa dengan leluasa menikmati pemandangan bawah laut yang mengagumkan.

Apabila ingin menikmati keindahan pantai di malam hari Anda juga bisa menyewa cottage yang tersedia bagi pengunjung. Jika tidak ingin menyewa cottage setiap pengunjung juga bisa mendirikan tenda di pinggir pantai. Pemandangan alam sekitar pantai di sore dan malam hari akan membuat liburan terasa sempurna.

Artikel lainnya: Pulau Bitila: Menyusuri Keindahan Pesona Alam di Boalemo Gorontalo

Wisata Kuliner Pantai

Mengunjungi Pantai andalan Boalemo di Gorontalo semakin lengkap karena di sana juga tersedia beragam kuliner seafood yang memanjakan lidah. Terdapat warung makan yang menjual berbagai macam menu hasil laut seperti ikan cumi-cumi dan berbagai macam olahan hasil laut lainnya.

Para pecinta seafood terutama ikan-ikan laut akan merasa puas dengan adanya warung makan di pinggir pantai ini. Kisaran harga menu makanan yang tersedia juga tidak terlalu mahal. Pengunjung bisa memilih menu makanan yang paling menarik.

Berita Terkait: Keunikan Wisata Pantai Tersakiti Bolsel, Underwaternya Keren

Rute Perjalanan

Apabila Anda ingin berkunjung ke Pantai Boalemo ini maka bisa melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Pantai ini lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Akses untuk sampai ke wisata ini juga terbilang mudah. Anda mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota. Selama dalam perjalanan ke rumah anda dapat menikmati pemandangan alam Gorontalo yang mengagumkan.

Ketika hari libur tiba, Anda tidak perlu merasa bingung lagi untuk memilih destinasi wisata. Pantai yang berada di kabupaten Boalemo bisa menjadi pilihan terbaik. Di sana anda akan terpukau dengan keindahan pantai pasir putih dan air laut yang jernih. Pemandangan bawah air di pantai ini juga tidak membosankan. Anda bisa dengan leluasa melakukan berbagai macam kegiatan karena pantai ini sudah tersedia dengan beragam fasilitas dan wahana yang menarik.

Itulah sedikit ulasan tentang Pantai Ratu Boalemo. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi liburan Anda.(rhp)

Baca Juga: Pantai Minanga Menyimpan Berbagai Pesona

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button