Opini

Cara Saya Belajar Bahasa Inggris: Speaking, Reading, dan Wiriting Skill

Pada saat ini, memiliki kemampuan berbahasa Inggris sangat penting karena Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan ulasan tentang bagaimana cara saya belajar Bahasa Inggris. Cara ini termasuk cara saya dalam melatih kemampuan speaking, reading, dan writing. Ingin tahu ulasan lengkapnya? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Saya Belajar Bahasa Inggris: Belajar Speaking

Sebelum memulai belajar speaking Bahasa Inggris, hal mendasar yang perlu ditentukan terlebih dahulu yaitu aksen apa yang ingin Anda pelajari, apakah British atau American. Aksen British adalah aksen Bahasa Inggris orang United Kingdom (UK), sedangkan aksen American adalah aksen orang United State (US). Pemilihan aksen ini penting karena nanti akan berpengaruh pada cara bicara dan pengucapan kosakatanya.

Seperti contoh, saya memilih untuk menggunakan aksen American English karena menurut saya aksen ini lebih mudah dipelajari daripada aksen British.  Oleh karena itu, saya mulai banyak latihan menggunakan aksen tersebut.

Cara saya belajar Bahasa Inggris, khususnya untuk belajar Bahasa Inggris percakapan atau speaking, yaitu dengan mendengarkan terlebih dahulu video-video di Youtube tentang aksen American English ini. Setelah itu, saya mencoba menirukan cara orang tersebut mengucapkan kata demi katanya. Lakukan hal ini berulang kali hingga Anda merasa bahwa pengucapan Anda sudah benar.

Selain menirukan pengucapan melalui video, hal yang penting lainnya ketika latihan berbicara Bahasa Inggris yaitu dengan mempraktekkannya. Saya selalu mempraktekkan Bahasa Inggris saya dengan teman sehari-hari. Dengan demikian, sedikit demi sedikit kemampuan berbicara Bahasa Inggris pun akan semakin bagus.

Untuk mempraktekkan berbicara Bahasa Inggris tentu butuh persiapan dan mental yang matang. Jangan malu dan takut salah ketika mempraktekkannya, karena wajar saja ketika terjadi kesalahan karena masih dalam proses belajar. Dari kesalahan itu pula biasanya saya belajar dan kemampuan berbicara saya pun menjadi lebih bagus.

Cara Saya Belajar Reading dalam Bahasa Inggris

Cara saya belajar Bahasa Inggris untuk reading yaitu tentu dengan memperbanyak bacaan dalam Bahasa Inggris. Bacaan ini juga berbeda-beda seperti jurnal, buku pelajaran, cerita fiksi, atau sekedar tulisan di postingan media sosial.

Membaca berbagai jenis bacaan yang berbeda-beda tersebut memiliki tujuan yang berbeda pula. Saya membaca jurnal dan buku pelajaran ketika ingin melatih membaca untuk kepentingan akademik. Kosakata yang dibaca pun adalah kosakata akademik atau biasa dikenal dengan academic vocabularies.

Kosakata akademik tentu berbeda dengan kosakata yang ada di cerita fiksi. Oleh karena itu, saya juga membaca berbagai karya cerita fiksi dari Inggris untuk memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris.

Terakhir, saya juga melatih reading skill saya dengan membaca berbagai postingan berbahasa Inggris di media sosial, seperti caption yang ada di Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Melatih membaca tulisan seperti ini berguna untuk mempelajari kosata dalam kehidupan sehari-hari. Tulisan di media sosial pun biasanya lebih mudah dipahami daripada tulisan di jurnal, buku pelajaran, ataupun cerita fiksi, karena kosakata yang digunakan adalah kosakata sehari-hari.

Nah, pada intinya, Anda harus melatih kemampuan membaca sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jika untuk keperluan akademik, maka sebaiknya latihan membaca tulisan akademik, seperti jurnal ilmiah dan buku pelajaran. Namun, jika tidak untuk kebutuhan akademik, melatih membaca tulisan ringan seperti di media sosial saja sudah cukup untuk belajar Bahasa Inggris untuk pemula.

Cara Saya Belajar Writing dalam Bahasa Inggris

Kemampuan menulis atau writing skill juga perlu Anda asah ketika ingin belajar Bahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman saya, tips belajar menulis dalam Bahasa Inggris yaitu dengan memulai menulis hal-hal sederhana seperti menulis diary. Coba lihat salah satu situs yang sering saya jadikan rujuan seperti jasa penulis artikel Kontenindo.

Jika sudah mahir menulis untuk tulisan sederhana tersebut, maka selanjutnya saya mencoba menulis dalam bentuk yang lebih kompleks, seperti menulis sebuah artikel dengan topik tertentu dalam beberapa paragraf.

Menulis sebuah paragraf dalam Bahasa Inggris tidaklah sembarangan dan harus terorganisir. Pertama, tulislah kalimat utama pada setiap awal kalimat di setiap paragraf. Kalimat selanjutnya yaitu kalimat penjelas atau supporting sentence dari kalimat utama tersebut. Biasanya, kalimat penjelas ini terdiri dari 3-4 kalimat. Terakhir, buatlah kalimat penutup di akhir kalimat yang menyimpulkan seluruh isi paragraf tersebut.

Dalam belajar menulis menggunakan Bahasa Inggris, saya juga mempelajari kaidah-kaidah kepenulisan lainnya seperti grammar, kapitalisasi, tanda baca, kata penghubung, konjugasi, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut sangat penting untuk Anda pelajari karena akan berpengaruh terhadap kualitas tulisan Anda.

Tips yang terakhir ketika belajar menulis dalam Bahasa Inggris yaitu selalu membaca ulang dan mengecek tulisan kembali. Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah tulisan sudah sesuai dengan aturan grammar, tanda baca, dan lain sebagainya. Pastikan juga tidak terdapat kata yang salah ketik atau salah tulis.

Jika mengalami kesulitan dalam menulis, saya mencari contoh tulisan yang mirip dengan tulisan yang ingin saya buat. Misalnya, jika saya ingin membuat tulisan tentang hal akademik, saya melihat gaya kepenulisan beberapa jurnal, seperti penggunaan kosakatanya, cara penyampaiannya, untuk dijadikan bahan referensi agar tulisan menjadi lebih baik.

Artikel Lainnya: Tulisan Mike Tyson Untuk Gangster Inggris Reggie Kray Saat Di Penjara

Tips Mahir Berbahasa Inggris

Tips mahir Bahasa Inggris yang pertama yaitu harus memiliki niat dan komitmen yang kuat untuk belajar. Mengapa demikian? Karena dalam proses belajar nanti pasti akan menghadapi kesulitan-kesulitan. Jika tidak diawali dengan niat dan komitmen yang kuat, maka akan susah untuk dapat menuntaskan dan mengatasi masalah tersebut.

Tips berikutnya yaitu Anda perlu mempraktekkan pelajaran yang sudah Anda dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena jika tidak, pelajaran tersebut akan cepat hilang dan lupa jika tidak Anda terapkan. Caranya bagaimana? Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mempraktekkan Bahasa Inggris Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan pengalaman saya, saya biasanya menulis sebuah diary dalam Bahasa Inggris. Selain itu, saya juga menulis caption untuk postingan di media sosial saya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Selanjutnya, saya juga membiasakan diri untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan teman saya setiap hari, meskipun hanya sebentar, sekitar 10-15 menit.

Nah, begitulah cara saya belajar Bahasa Inggris sehari-hari. Anda juga dapat melakukan hal yang sama seperti saya atau mencari hal lain yang sesuai dengan minat Anda. Lalu, jadikan hal tersebut sebagai kebiasaan yang tidak memberatkan Anda.

Selanjutnya, tips yang ketiga yaitu belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan. Maksudnya apa? Ketika belajar, buatlah mindset bahwa Anda sedang belajar hal yang menyenangkan dan bukan hal yang berat. Dengan demikian, otak akan bekerja lebih baik dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Selain itu, Anda juga dapat belajar Bahasa Inggris secara menyenangkan dan seru dengan menonton film atau mendengarkan lagu berbahasa Ingggris. Jadi, Anda bisa sekaligus menghibur diri dan belajar Bahasa Inggris pada saat yang sama.

Nah, itulah cara saya belajar Bahasa Inggris dalam melatih tiga kemampuan dasar yaitu speaking, reading, dan writing. Semoga ulasan tentang pengalaman saya dalam belajar Bahasa Inggris tersebut dapat bermanfaat bagi Anda, ya. Semangat!

Selanjutnya

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button