Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Nasional

Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky

Advertisement

Waktu.news | Presiden Jokowi akhirnya bertemu dengan Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022), pukul 15.00 waktu setempat. Jokowi disambut langsung oleh Presiden Zelenskyy di pintu masuk Istana.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, kamis 30 juni 2022, Jokowi mengungkapkan bahwa Kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian indonesia terhadap situasi ukraina.

Advertisement

Presiden Jokowi juga mengundang langsung Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk berpartisipasi pada KTT G20 bulan november tahun ini di bali.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan bahwa posisi prinsip indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Advertisement

Pentingnya penyelesaian damai dan spirit perdamaian tidak boleh luntur, saya mewarkan diri untuk membawa pesan presiden Zelenskyy untuk presiden Putin yang akan saya temui segera.

Empati dan kepedulian terhadap dampak perang bagi kemanusian dengan kemampuan yang ada, pemerintah dan rakyat indonesia berusaha memberikan bantuan termasuk obat obatan dan komitmen rekontruksi salah satu rumah sakit.

Pentinganya ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. semua usaha harus dilakukan agar ukraina dapat kembali melakukan expor bahan pangan.

Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan ukraina.

Advertisement

Tahun ini adalah 30 tahun hubungan indoensia dan ukraina, saya berkomitmen untuk terus memperkuat kerja sama dengan ukraina,” tutup Jokowi.

Ditempat yang sama, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, hari ini merupakan hari bersejarah bagi ukraina dan indonesia, karena ini kunjungan pertama presiden indonesia dan kunjungan pertama pemimpin asia yang sejak awal dari infasi rusia ke ukraina.

“Kehadiran yang mulia presiden merupakan awal untuk memperkuat kualisi melawan perang”

Saya menerima undangan tersebut, terima kasih tapi Kehadiran ukraina akan bergantung terhadap situasi keamanan negara kita,” kata Zelenskyy. (rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button