Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Politik

KPU Boltim Ajak Insan Pers Jaga Kewarasan Demokrasi dalam Pilkada 2024

Advertisement

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengajak insan pers untuk turut menjaga kewarasan dan merawat demokrasi selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ajakan ini disampaikan dalam acara Media Gathering yang diselenggarakan oleh KPU Boltim bersama puluhan wartawan pada Rabu (24/7/2024) sore di C.E.O Cafe & Resto, Paret Timur, Kotabunan.

Advertisement

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Boltim, Ikal Salehe, menyatakan bahwa insan pers memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat. Ia juga menekankan bahwa peran pers dalam menciptakan suasana kondusif selama tahapan pemilihan sangat penting.

“Kalau ada yang mengenai Hate speech, harus dikonfirmasi juga. Hate speech ini kan ujaran Kebencian terhadap lembaga di media sosial dan itu misalnya dijadikan objek pemberitaan atau jurnal media resmi. Itu kan kurang baik kalau hanya mengutip,” kata Ikal saat di wawancarai usai acara.

Advertisement

Lebih lanjut, Ikal juga mengatakan pentingnya kerja sama antara media dan penyelenggara pemilu untuk menangkal atau meluruskan informasi hoaks yang dapat menyebabkan kekeliruan pemahaman di tengah masyarakat.

“Jadi, Hate speech ini akan hilang dan bahkan tidak diakui keberadaannya itu kalau kita menayangkan berita atau informasi yang benar. Semakin banyak kita memuat pemberitaan yang positif, maka informasi yang negatif akan hilang dengan sendirinya,” katanya.

Selain itu, Ikal juga menyebut bahwa KPU merupakan salah satu dari lima lembaga negara yang tingkat kepercayaan publiknya masih tinggi, dengan nilai kepercayaan atau kepuasan publik berada di angka 70 persen. Ia berharap pers sebagai bagian dari pilar demokrasi tetap menjaga kewarasan dan mengawal demokrasi dalam Pilkada 2024.

“Kalau misalnya eksekutif, legislatif dan yudikatif tidak lagi benar dalam proses penindakan atau dalam proses menjalankan sistem pemerintahan, kan ada pilar ke empat (media pers) yang mengingatkan sebagai kontrol sistem. Ada pers di situ,” tambahnya.

Advertisement

Acara Media Gathering tersebut dibuka oleh Ketua KPU Boltim, Rusmin Mamonto. Turut hadir dalam acara ini Kepala Satuan Intelkam IPTU Rendy Sual, Kasi Humas Polres Boltim IPDA Reynold Wowor, dan eks Ketua KPU Boltim Jamal Rahman sebagai narasumber yang memberikan pandangan serta masukan terkait peran media dalam Pilkada. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button