Nasional

Mengintip Program Kerja Sektor Pariwisata Utara Utara Tahun 2021-2022

Waktu.news | Menindaklanjuti Kerjasama Utara-Utara dalam sektor pariwisata, empat kabupaten kota yang masuk zona (Baca; BKSU), yakni; Kabupaten Bone Bolango, Bolmong Utara, Gorontalo Utara dan Kabupaten Buol memaparkan program unggulan mereka tahun 2021-2022.

Maksud dan tujuan Rapat Kerja Badan Kersa sama utara utara (BKSU) ini untuk mengembangkan pertumbuhan sektor pariwisata menjadi Geopat dalam upaya pertumbuhan perekonomian masyarakat di empat Kabupaten.

Asisten I sekda Bolmut, Wakil Ketua DPRD Bolmut, Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Bolmut, Sekjen BKSU, Kadis Pariwisata Gorut, Buol, Bolmut, Bone Bolango, Sekretaris Bapelitbang Bolmut, Kabid Promosi dan Pemasaran Dispar Bolmut, Kepala Seki Promosi dan layanan informasi Dispar Bolmut juga ikut hadir dalam program kerja tersebut.

Rapat kerja tersebut dipimpin oleh Plh. Bupati Bone Bolango Ir. H. Ishak Ntoma, M. Si di ruang rapat bupati bone bolango dan dihadiri oleh masing-masing kabupaten kota lengkap dengan personilnya, selasa (23/02/2021).

Plh Bupati menyampaikan terima kasih kepada peserta rapat yang hadir dari perwakilan empat kabupaten yang tergabung dalam Badan Kerjasama Utara Utara dalam rangka merumuskan bersama pengembangan potensi pariwisata BKSU sekaligus mempersilahkan pemaparan program Sektor Pariwisata yang akan di kerjasamakan oleh masing-masing daerah;

Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Utara, Badar Pakaya, S.Pd, M.H menyampaikan program kerja unggulan mereka yakni; Potensi Pariwisata Pantai Minanga, Pulau Saronde, Pulau Lampu, Oyile Resort, Pulau Huha dan Pulau Raja.

Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bolaang Mongondow Utara, Mohammad Noval Djarumia SE, M.Si  dengan program kerja; Festival Pantai Bunga Indah, Festival Pantai Batu Pinagut dan program kerja tahun 2022 yakni, Festival Kuliner Utara-Utara serta pameran ekonomi kreatif.

Sementara untuk kabupaten Buol hanya mengusung program kerja Festival Pesona Buol.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango, Lukman A Daud mengunggulkan; Pantai Kurinei, Air Terjun Lombongo, Taman Laut Olele, Taman Makam Pahlawan Nani Wartabone, Malam Raja Pahlawan dan Makam Pinogu.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sastra dan Budaya UNG menyampaikan program pengembangan kualitas pariwisata, peningkatan kualitas usaha pariwisata dan Peningkatan kualitas Aksebilitas pariwisata.

Dalam kesempatan yang sama juga, Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M. Si, menyampaikan beberapa catatan pengembangan potensi wisata yang akan di kerjasamakan BKSU dalam rangka mengenjot potensi pendapatan asli daerah yang diantaranya;

  1. Penyusunan rencana induk pengembangan Pariwisata Kabupaten RIPPDAKAB bersma empat kabupaten,
  2. Penyusunan Kalender of event bersama BKSU,
  3. Pengembangan ekonomi kreatif,
  4. Program magang bersama pengelolaan pariwisata,
  5. Program audiens bersama bapak menteri Pariwisata ekonomi kreatif dan seluruh Bupati Badan Kerjasama Utara Utara.

“Semua pengembangan potensi wisata akan terwujud apabila ada dukungan komitmen anggaran pengembangan wisata baik melalui dana DAU maupun Dana DAK,” kunci Asripan.

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button