Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Sports

Mengungkap Alasan Pemain Spanyol Diam Saat Lagu Kebangsaan di Euro 2024

Advertisement

Para pemain tim nasional Spanyol memilih tidak menyanyikan lagu kebangsaan sebelum laga pembukaan Euro 2024 melawan Kroasia di Berlin, sebuah keputusan yang memicu keingintahuan para penggemar di media sosial.

Menjelang pertandingan Grup B di Olympiastadion, lagu kebangsaan dari kedua negara diperdengarkan. Namun, saat ‘La Marcha Real’ dimainkan, tak satu pun pemain Spanyol ikut menyanyi.

Advertisement

Ternyata, ‘La Marcha Real’ memang salah satu dari sedikit lagu kebangsaan di dunia yang tidak memiliki lirik, seperti lagu kebangsaan San Marino, Kosovo, dan Bosnia dan Herzegovina. Lagu ini diciptakan oleh Manuel de Espinosa de los Monteros pada tahun 1771 dan pernah memiliki lirik selama masa kediktatoran Jenderal Franco antara tahun 1938 dan 1973. Namun, setelah jatuhnya rezim Franco, lirik tersebut dihapus untuk menjauhkan diri dari masa lalu yang kelam.

Ada upaya untuk memperkenalkan kembali lirik, termasuk proposal dari Komite Olimpiade Spanyol yang ingin menambahkan frasa “Viva Espana”. Namun, karena frasa tersebut kuat kaitannya dengan era Franco, usulan ini ditolak.

Advertisement

Meskipun ada beberapa penggemar yang menyanyikan lirik tidak resmi, pemain dari daerah seperti Catalonia, Negara Basque, dan Tenerife biasanya memilih untuk tetap diam.

Sebagai juara tiga kali dalam kompetisi ini, Spanyol berada di Grup B bersama Kroasia, Italia, dan Albania. Dalam pertandingan pertama mereka, tim asuhan Luis de la Fuente berhasil mengamankan kemenangan dengan skor 3-0 di babak pertama berkat gol dari kapten Alvaro Morata, Fabian Ruiz, dan Dani Carvajal.

Advertisement

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button