Travel

Pulau Lahe Pohuwato dengan Spot Foto yang Instagramable

Waktu.news | Sebagai salah satu negara yang memiliki banyak kekayaan laut, tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi setiap masyarakatnya. Dengan begitu, tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri jika ingin menikmati objek wisata menarik. Itu karena ada pulau Lahe yang dapat Anda kunjungi di Gorontalo.

Gambaran Secara Umum Dari Pulau Lahe Gorontalo

Suatu kewajiban bagi Anda yang ingin berlibur ke provinsi Gorontalo, mengunjungi Pulau ini. Walaupun membutuhkan perahu untuk dapat sampai ke pulau tersebut, akan tetapi berlibur ke sana merupakan salah satu pilihan alternatif terbaik. Mengingat hamparan laut birunya sangat menenangkan.

Tidak hanya itu saja, Pulau Lahe tidak nampak indah dari luarnya namun dari alam bawah lautnya pun juga sangat menarik. Terlebih lagi Anda bisa menikmati olahraga air, seperti misalnya berenang, menyelam dan juga snorkeling. Akan tetapi, sebagai pengunjung bisa membawa peralatan sendiri.

Menurut informasi, Pulau di Pohuwato ini termasuk ke dalam pulau terpencil. Itu karena fasilitas dan akomodasinya tidak ada. Terlepas dari hal tersebut, keunikan dari pulau ini sangat banyak. Seperti dengan garis pantai berpasir coklat muda dan teksturnya lembut. Di tengah banyak semak.

Informasi Lengkap

Sebelum mengunjungi Pulau ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi pentingnya terlebih dahulu. Seperti misalnya saja mengenai lokasinya, rute perjalanan untuk menuju lokasi, aktivitas di pulau tersebut dan masih banyak lagi lainnya. Semuanya ada pada penjelasan berikut.

Artikel terkait: Menyusuri Indahnya Kampung Torosiaje Pohuwato

Wisata Hiu dan Paus Di Pulau Lahe

Terkenal dengan kekayaan biota lautnya, Pulau ini juga merupakan salah satu tempat wisata hiu dan juga paus. Bagi Anda yang ingin menyaksikannya, wisata tersebut berlokasikan tepat di Desa Botubarani, kecamatan Kabila Bone. Bahkan para pengunjung dapat berinteraksi dengan ikan itu.

Objek wisata Pulau ini sempat pernah ditutup, gunanya adalah untuk memberikan aturan serta penyuluhan kepada semua pengelola yang ada di kawasan tersebut supaya tetap terjaga keamanan dan kebersihannya. Kemudian, dibuka kembali dan memperbolehkan pengunjung melihat hiu paus dari dekat.

Pulau ini terkenal sebagai salah satu objek wisata paling menarik di Gorontalo, berlokasikan di kabupaten Pohuwato Timur, kecamatan Marisa. Destinasi menarik satu ini berdekatan juga dengan wisata pohon cinta dengan lokasi yang sama. Pulau yang masih alami dan belum banyak terjamah orang.

Dengan belum banyaknya terjamah pengunjung lain, membuat Pulau lahe ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai salah satu tempat merilekskan pikiran dan menghabiskan waktu berlibur. Seakan terasa seperti sedang berada di pulau pribadi yang jauh lebih sejuk dan tentram.

Baca Juga: Keindahan Pulau Lampu Bolsel yang Wajib Anda Kunjungi

Spot Foto Sangat Instagramable

Keindahan Pulau Lahe Pohuwato dengan hamparan laut biru jernihnya, membuat objek wisata tersebut menjadi salah satu destinasi yang sangat cocok untuk Anda kunjungi. Terlebih lagi dengan pemandangan indah itu, pengunjung bisa mengabadikan foto menggunakan pantai sebagai backgroundnya.

Tidak hanya itu saja, jika Anda memilih untuk menyelam di dasar laut Pulau ini. Makan akan menemukan kendaraan roda dua dan empat yang sengaja ditenggelamkan. Saat ini menjadi fish apartemen atau rumah bagi para ikan-ikan kecil, bahkan juga tumbuh terumbu karang.

Berita terkait: Wisata Seru Tracking Mangrove Trans Pato’a

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa di dasar laut Pulau ini terdapat kendaraan roda dua dan empat yang tenggelam. Pihak siapa yang menenggelamkannya adalah Bupati Syarif Mbuinga. Beliau menjabat sebagai ketua dari organisasi POSSI beserta rekannya.

Selain itu, di samping kendaraan roda dua dan empat yang mereka tenggelamkan. Kabarnya akan ada tambahan lagi yang akan ditenggelamkan, seperti kapal dengan tujuan menambah kuantitas kendaraan di bawah laut. Dengan harapan lain, kapal tersebut akan menarik banyak ikan lebih banyak.

Pulau Lahe

Artikel terkait: Pulau Maruange Torosiaje: Pulau Kecil yang Memukau Wisatawan

Pulau Lahe Menjadi Daya Tarik Wisatawan Asing

Sebagai salah satu pulau yang kini menjadi primadona pengunjung, Pulau ini mendapatkan simpati dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak heran memang, mengingat keindahan alam lautnya yang sangat menakjubkan membuat mereka terpesona dalam sekali pandang.

Bahkan di Pulau ini, tidak memiliki ombak yang begitu besar sehingga sangat cocok untuk melakukan snorkeling ataupun menyelam. Air lautnya pun juga jernih dan biru, dikelilingi juga oleh garis pantai dengan pasir putih begitu lembut. Di bagian tengah pulau ada pohon rindang.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi objek wisata satu ini, ada baiknya mengetahui informasi lokasi dan juga jarak tempuhnya supaya bisa menyiapkan diri. Baik itu dalam hal membawa makanan minuman sebagai pengganjal selagi dalam perjalanan. Berbicara mengenai hal ini, waktunya memang panjang.

Jadi, bagi Anda yang tidak menyukai perjalanan panjang / membutuhkan waktu lama pasti akan mudah merasa bosan. Namun, hal tersebut langsung hilang ketika sudah sampai di lokasi Pulau ini. Pengunjung memerlukan waktu 3 jam (dari pusat kota-pelabuhan-trans sulawesi).

Baca Juga: Pohon Cinta Pohuwato Memiliki Daya Tarik dan Kisah Asmaranya

Aktivitas di Pulau

Salah satu hal paling utama yang membuat Pulau tersebut, yaitu lokasinya. Dekat dengan pohon cinta yang menjadikannya menarik dari objek wisata lainnya. Ada beberapa tujuan kegiatan wisata saat berkunjung ke sana, seperti menghilangkan stress, ingin suasana yang tenang.

Mengingat Pulau ini termasuk objek wisata yang tidak begitu banyak terjamah orang lain, sehingga suasananya masih sangat asri dan nyaman. Cocok bagi Anda yang ingin merilekskan diri, piknik bersama keluarga di bawah pohon rindang, atau bisa berfoto dengan background laut biru.

Seperti yang sudah ada pada penjelasan sebelumnya, bahwa perjalanan menuju ke lokasi Pulau lahe paling tidak membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Ada beberapa maskapai yang siap mengantarkan Anda ke sana juga, bahkan jarak tempuh dan waktunya juga berbeda-beda.

Paling lama adalah 13 jam, sedangkan paling cepatnya sekitar 4 jam. Baik menggunakan maskapai dari Jakarta atau bahkan Surabaya, semua pengunjung harus membayar tiket sekitar 960 ribuan. Setelah itu, Anda bisa menyewa kendaraan ke pohon cinta. Sewa kapal ke sana adalah 300 ribu.

Berita Terkait: Pulau Cinta Gorontalo selain Romantis, Bikin Pasangan Ngak Mau Pulang

Penginapan Terdekat

Penginapan yang dimaksud bukan berada di Pulau ini, melainkan dekat dengan pohon cintanya. Anda bisa memilih untuk menginap bersama keluarga di resort terdekat, yaitu Mangrove Eco Resort dengan harga sekitar 750 ribuan saja untuk tiap malamnya.

Sedangkan untuk menuju ke lokasi resort tersebut hanya sekitar 1,2 kilometeran saja. Di Mangrove Eco Resort, fasilitasnya juga sangat lengkap. Mulai dari akses wifi gratis, AC, sarapan, ada mesin pembuat kopi dan teh, televisi, desk, dan juga house movie pun ada.

Seperti yang sudah Anda ketahui dari penjelasan mengenai pulau Lahe di atas. Pulau tersebut merupakan salah satu objek wisata di Gorontalo paling indah dan menarik, bahkan bisa melakukan snorkeling untuk dapat melihat keunikan di alam bawah laut.(rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button