Travel

Pulau Maruange Torosiaje: Pulau Kecil yang Memukau Wisatawan

Waktu.news | Pohuwato merupakan salah satu kabupaten yang berlokasikan di provinsi Gorontalo, dari daerah tersebut itulah memiliki kekayaan alam dan objek wisata menarik dan indah. Salah satunya seperti pulau maruange torosiaje ini. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur di tempat santai dan sejuk.

Pulau Maruange Torosiaje Pohuwato Gorontalo Secara Umum

Tidak kalah eksotis dengan Pulau Lahe, Pulau Maruange Torosiaje di Gorontalo ini memiliki banyak keindahan yang sangat menakjubkan. Berlokasikan di Teluk Tomini, membuat destinasi wisata ini tidak mempunyai ombak yang begitu besar. Jadi, sangat cocok melakukan diving di sana.

Bahkan di bagian bibir pantai, Anda bisa melakukan kegiatan berenang di sana. Tidak hanya itu saja, Pulau Marugame Torosiaje Gorontalo ini terdapat beberapa pohon yang berjajar secara rapi di tepi pantai. Hal tersebut justru membuat panoramanya menjadi lebih eksotis, cocok berfoto di sana.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi objek wisata bahari, Pulau Torosiaje di Gorontalo bisa menjadi pilihan utama. Mengingat panorama, suasana yang tidak begitu banyak terjamah orang, dan tempatnya sangat cocok melakukan piknik bersama keluarga.

Informasi Lengkap

Sebagai salah satu destinasi terpencil, Pulau Torosiaje di Gorontalo ini memiliki keunikan dan keindahannya sendiri. Bahkan seringkali dibandingkan dengan Pulau Lahe, namun panoramanya tidak kalah indah. Jadi, bisa jadi pilihan utama bagi Anda yang ingin berlibur ke tempat tenang.

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa pulau yang ada di salah satu pohuwato Gorontalo Pulau Marugame Torosiaje ini merupakan pulau terkecil / mungil dengan menyuguhkan panorama indah begitu menakjubkan. Bahkan terkenal sebagai pulau tidak berpenghuni, karena jarang dikunjungi orang.

Meskipun tidak terjamah oleh banyak orang, justru hal tersebut yang membuat Pulau Maruange Torosiaje Gorontalo menjadi salah satu objek wisata paling menakjubkan. Suasananya menjadi sangat alami dan asri, bahkan sampah – sampahnya pun hampir tidak ada sehingga cukup terjaga.

Artikel terkait: Menyusuri Indahnya Kampung Torosiaje Pohuwato

Keunikan Pulau Maruange Torosiaje Gorontalo

Tidak hanya itu saja, di Pulau Maruange Torosiaje Gorontalo ini Anda akan menemukan dan merasakan suasana begitu khas, udara sejuk dan tenang. Disana, ada banyak sekali pepohonan khas dari pantai. Misalnya seperti semak dan cemara. Bahkan pulau tersebut juga memiliki pasir putih lembut.

Berlokasikan di desa Torosiaje, kecamatan Popayato kabupaten pohuwato. Pulau Torosiaje Gorontalo menyuguhkan keindahan yang cukup menawan dan menarik. Seperti terumbu karangnya membentang di setiap sisi. Baik itu saat surut maupun pasang, koralnya sangat indah.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pulau Torosiaje di Gorontalo ini, ada baiknya mengetahui beberapa informasi pentingnya terlebih dahulu. Seperti misalnya saja waktu dan jarak tempuh menuju lokasi tersebut. Dengan begitu, bisa melakukan persiapan secara matang.

Mengenai jarak tempuhnya, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 sampai dengan 20 menit untuk menuju ke Pulau Torosiaje Gorontalo. Tentu saja dengan menggunakan kendaraan sewaan yaitu Speedboat. Perjalanan akan terasa menyenangkan, karena dapat melihat terumbu karang begitu indah.

Baca Juga: Pohon Cinta Pohuwato Memiliki Daya Tarik dan Kisah Asmaranya

Snorkeling dan Menyelam

Sebagian besar pengunjung yang memilih menghabiskan waktu dengan berlibur ke pantai atau bahkan suatu pulau tertentu, mereka tidak akan pernah melupakan dan selalu ingin mencoba yang namanya kegiatan di bawah laut. Seperti misalnya saja saat melakukan snorkeling atau menyelam.

Di Pulau Maruange Torosiaje Gorontalo, Anda bisa melakukannya juga. Mengingat hamparan laut yang begitu biru dan jernih, membuat siapa saja ingin melakukan snorkeling dan juga menyelam untuk bisa melihat biota laut begitu unik dan menarik. Seperti ikan kecil atau terumbu karangnya.

Setiap destinasi wisata bahari, pastilah memiliki keunikan dan keindahan alamnya sendiri. Sama halnya pada Pulau Torosiaje di Pohuwato ini. Salah satunya dengan adanya kehidupan biota laut begitu sehat. Itu karena pancaran sinar matahari sepanjang tahun membuat kekayaan laut terjaga.

Terumbu karang yang unik dan ikan – ikan kecil dengan berbagai macam jenis, saling memberikan manfaat di dalam satu ekosistem yang sehat. Bahkan para wisatawan menikmati sesuatu yang menarik ini. Pulau Maruange Torosiaje Gorontalo bisa Anda tempuh melalui desa Torosiaje juga.

Tidak hanya indah di bagian bawah lautnya saja, akan tetapi Pulau Torosiaje di Gorontalo ini juga menyuguhkan keindahan di daratan pulaunya. Sama seperti destinasi wisata laut lainnya, pulau ini bisa menjadi begitu menarik karena adanya suatu hal yang mendorong wisata terlihat apik.

Salah satu keindahan yang menjadi daya tarik Pulau Torosiaje di puhuwato ini, yaitu seperti landscape yang begitu indah, adanya pohon pinus sebagai rumah dari berbagai macam jenis burung unik (seperti perkici dora dan burung gosong dengan kaki besar), lalu rata dengan semak.

Burung Unik yang Hidup di Pulau Maruange Torosiaje Gorontalo

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa di Pulau Maruange Torosiaje Gorontalo terdapat berbagai macam jenis burung unik yang tinggal di pohon pinus. Ciri dari burung tersebut selain ada yang berkaki besar, memiliki bulu warna hitam atau coklat, kepalanya berukuran kecil.

Dari ciri-ciri tersebut, membuat burung unik yang ada di Pulau Torosiaje Gorontalo bisa menggali tanah maupun pasir untuk dapat bertelur di sana. Sebagian besar kehidupan burung itu, mereka habiskan waktunya di atas permukaan tanah. Menjadikan pulau di Torosiaje cukup menarik.

Berita Terkait: 11 Tempat Wisata Bolsel Paling Bergengsi

Salah satu dari banyaknya burung unik yang ada di Pulau Maruange Torosiaje Gorontalo, ada burung gosong yang menjadikan pulau tersebut terlihat unik. Di pulau ini burungnya meletakkan telur mereka tepat di dalam tanah maupun pasir. Kemudian, menggunakan terik matahari untuk mengeraminya.

Untuk anak burung tersebut, mereka menggunakan cakar tajamnya agar bisa keluar dari kulit telur. Kemudian, menggali sampai ke permukaan tanah. Sayangnya, telur burung ini selalu menjadi incaran orang tidak bertanggung jawab, seperti membawanya pulang. Padahal justru hal ini menjadi daya tarik wisata dan harus dilestarikan.

Baca juga: Pulau Laga Boltim Unik dan Keren, Rekomended For Videografer

Hotel di Kabupaten Pohuwato Sebagai Tempat Pulau Maruange Torosiaje Berada

Pohuwato merupakan salah satu kabupaten di mana Pulau Torosiaje berada. Setelah memuaskan diri dengan berkeliling ke suatu destinasi wisata bahari, pasti akan merasa lelah dan ingin istirahat.

Ada tempat penginapan di daerah tersebut yang bisa Anda coba. Salah satunya di Grand Mitra Hotel Beach dan juga Tiya Faiser Homestay. Dari kedua hotel ini memiliki fasilitas yang sangat nyaman dan lengkap, sehingga suasananya seperti di rumah sendiri.

Dari beberapa penjelasan pada artikel tentang pulau maruange torosiaje Gorontalo di atas. Kini Anda sudah mengetahui informasi lengkapnya, bahwa pulau tersebut termasuk ke dalam kategori pulau terkecil / mungil dan jarang terjamah banyak orang. Namun, menghadirkan keindahan tersendiri. (rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button