Travel

Pulau Bitila: Menyusuri Keindahan Pesona Alam di Boalemo Gorontalo

Waktu.news | Berada di kawasan Teluk Tomini, ada salah satu destinasi wisata yang tidak kalah indahnya dengan wisata lain pada umumnya. Terlebih lagi panorama alam di sana sangat menakjubkan, sangat cocok bagi Anda yang ingin merilekskan diri untuk melepas penat. Ya, tempat tersebut adalah pulau Bitila.

Gambaran Secara Umum dari Pulau Bitila Gorontalo

Gorontalo memang telah menjadi salah satunya daerah yang ada di Indonesia dengan memiliki banyak destinasi wisata unik dan indah. Salah satunya Pulau ini, berlokasikan di Teluk Tomini dan termasuk sebagai pulau paling menarik. Pulau ini berada tepatnya di kabupaten Boalemo, desa Kramat.

Ada begitu banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di Pulau Bitila Boalemo ini. Seperti halnya berbagai pantainya memiliki hamparan pasir putih dan juga halus, air lautnya pun begitu biru dan jernih bahkan ada juga hutan kecil di bagian tengah pulaunya. Pengunjung bisa snorkeling di sana.

Itu karena suasana dan laut yang begitu indah sangat cocok untuk menyelam di sana. Tenang saja, karena di Pulau milik pemerintah boalemo ini akan ada pendamping juga yang mendampingi menyelam. Anda dapat menemukan banyak keunikan di alam bawah laut, seperti terumbu karang, ikan beraneka ragam.

Informasi Secara Lengkap Pulau Bitila

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pulai ini, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa informasi penting tentang objek wisata tersebut. Sekiranya bisa mengetahui apa yang membuat wisatanya menjadi sangat menarik, di mana lokasi lengkapnya dan masih banyak lagi.

Artikel terkait: Air Terjun Ayuhulalo dengan Panorama yang Sejuk

1. Kekayaan Biota Laut

Pulau Bitila Boalemo merupakan salah satu destinasi wisata yang paling menarik, tidak heran jika traveler yang menyukai kegiatan keliling ke daerah jauh selalu berkunjung ke sana. Meskipun bagus, pulau ini tergolong ke dalam wisata tidak berpenghuni dan memang hanya khusus objek wisata saja.

Jadi, jika Anda berkunjung ke sana jangan kaget bila suasananya terasa sepi dan juga asri. Namun, hal ini lah yang menjadi titik menariknya, tidak semua pengunjung menginginkan objek wisata yang ramai. Dengan suasana sepi, mereka bisa merilekskan diri dan menganggap sebagai pulau pribadi.

Berita Terkait: Pantai Ratu Boalemo, Favorit Para Pecinta Diving dan Snorkeling

2. Sejarah dari Objek Wisata Pulau Bitila

Menurut informasi dari masyarakat yang ada di Pulau bitila ini, pulau ini masih memiliki keterkaitan erat antara pesisir pantai Botuhuwayo ataupun batu buaya yang berada di desa kramat. Asal muasal terbentuknya Pulau ini, yaitu karena kayu yang digunakan oleh anak bungsu raja Bilalea bernama Bilatula.

Menurut sejarah, Bilatula bersama kakaknya Bilalea pergi memancing. Namun, kakaknya sengaja memanggil si adik agar dia bisa terbunuh. Sebab jika tidak begitu, maka tahta kerajaan tidak akan jatuh kepadanya. Karena air surut, adiknya ia tinggalkan di selingaran batu karang dengan tongkat kayu.

pulau bitilia

3. Jarak Tempuh Menuju ke Pulau Bitila

Sebelum berkunjung ke pulau bitila, ada baiknya Anda mengetahui lokasi dan lama menempuh perjalanannya. Untuk jarak tempuh menuju ke pulau tersebut paling tidak sekitar 140 kilometer. Jika mengendarai kendaraan pribadi dari pusat kota Gorontalo, biasanya kurang lebih 3 jam.

Setelah Anda sampai di desa Kramat, selanjutnya harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu nelayan untuk bisa sampai ke Pulau ini. Waktu tempuhnya paling tidak sekitar satu jam melalui dermaga. Di sana akan nampak panorama alam menakjubkan.

4. Harga Menyewa Kendaraan Umum

Dalam rangka berlibur ke luar kota, tentu saja budget sangatlah penting untuk Anda siapkan. Sama halnya seperti sebelum berangkat ke Pulau bitila boalemo ini. Siapkan biaya sekitar 300 sampai 450 ribuan, gunanya untuk bisa menyewa jasa travel agar sampai ke desa Kramat, karena jauh lebih baik.

Daripada harus mengendarai kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke desa Kramat. Setelah sampai di lokasi Pantai Botuhuwayo di desa tersebut, para pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan naik perahu dan menempuh 1 jam. Biaya yang Anda butuhkan sekitar 20 sampai 50 ribuan.

Baca Juga: Wisata Seru Tracking Mangrove Trans Pato’a

5. Aktivitas Menarik

Berlibur ke destinasi wisata dengan panorama indah memang sangat menyenangkan, namun akan terasa kurang bila tidak ada fasilitas atau kegiatan menarik untuk dilakukan. Seperti saat mengunjungi wisata bahari / berhubungan dengan air, layaknya di Pulau bitila ini.

Di Pulau ini, Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan air yang pastinya akan terasa lebih seru dan menyenangkan. Seperti halnya snorkeling atau menyelam, melakukan penyelaman di pulau tersebut seakan berada di aquarium. Ikan dan terumbu karangnya cantik.

Pihak pemerintah di kabupaten Boalemo telah menjadikan Pulau ini sebagai salah satu objek wisata bahari. Pulau Bitila yang berada di kawasan Teluk Tomini ini memanglah memiliki keindahan sangat menakjubkan, sehingga mampu menarik wisatawan domestik serta mancanegara.

Pulau ini memang tidak begitu luas, namun vegetasinya sangat luar biasa kaya. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pulau tersebut sangat rimbun dan bernuansa sejuk. Tidak hanya itu saja, pasir putihnya membentang luas di sepanjang bibir pantai jadi Anda pun dapat bermain air di sana.

Info Terkait: Pantai Minanga Kota Jin, Destinasi Wisata Terbaru Gorontalo Utara Yang Trend

6. Penginapan Terdekat

Setiap pengunjung yang berlibur ke suatu tempat, tidak semuanya memiliki rencana untuk menginap di rumah saudara. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengunjungi Pulau bitila ada salah satu penginapan terdekat, sehingga ketika ingin beranjak ke objek wisata tidak perlu jauh – jauh.

Salah satu penginapan yang dekat dengan kepulauan ini, yaitu Crystal Green Hotel. Di sana terdapat banyak sekali kamar dengan fasilitas lengkap, seperti pendingin ruangan (AC), wifi gratis pun juga ada. Hotel bintang 1 ini menawarkan pemandangan kota begitu indah, dan ada layanan pijat.

Baca juga: Mangrove Eco Resort: Informasi Penginapan dan Ulasan Lainnya

7. Pondok

Selain ada penginapan yang ada di dekat Pulau Bitila Gorontalo, jika Anda berkunjung ke pulau tersebut maka penduduk di sana akan dengan senang hati menyediakan dan menyewakan beberapa pondoknya secara sukarela bagi setiap pengunjung yang mengunjungi objek wisata terindah itu.

Penggunaan listrik di sana masih menggunakan mesin diesel, itu saja hanya mampu beroperasi dari sekitar tujuh sampai dengan jam sebelas malam. Tidak hanya itu saja, penduduk di kepulauan ini juga akan menyediakan penyewaan berbagai alat snorkeling dan juga perahu nelayan.

Baca Juga artikel terkait:

8. Tiket Masuk Pulau Bitila

Sebelum mengunjungi Pulau di boalemo, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa budget tertentu untuk dapat menyewa dan membayar sesuatu yang penting setelah sampai di objek wisatanya. Seperti halnya pembayaran tiket masuk.

Untuk tiket masuk Pulau ini sama saja dengan hari libur atau weekend, yaitu Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 50.000. Namun, ada baiknya konfirmasi juga ke pihak call center untuk memastikan harganya.

Seperti yang ada pada penjelasan tentang pulau Bitila di atas. Pulau tersebut memiliki keindahan dan juga keunikannya sendiri yang membuatnya berbeda dengan objek wisata pada umumnya. Mengingat suasananya juga cukup sepi, jadi sangat cocok bagi Anda yang ingin merilekskan pikiran. (rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button