Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

Tanjung Silar Jiko, Tosca Airnya Keren, Underwaternya Mamamia

Destinasi Wisata Paket Komplit

Advertisement

Pantai Tanjung Silar / Jiko Patokan merupakan salah satu pantai paling terkenal yang ada di kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Anda akan tertegun melihat keindahan pantai ini ketika Anda mencapai destinasi wisata Pantai ini terletak di Bolmong Timur, Sulawesi Utara.

Pantai Jiko Patokan Adalah Destinasi Wisata yang berada di desa jiko kecamatan nuangan kabupaten bolaang mongondow timur yang memiliki pasir putih yang lebih bersih dari pesisir pantai lainnya yang ada di Boltim. Pantai ini juga memiliki terumbu karang yang besar dan indah, menciptakan pemandangan yang sempurna dan tak terlupakan.

Advertisement

Lokasi Pantai Tanjung Silar

Jika Anda ingin pergi ke Pantai Jiko, Anda harus pergi ke Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Pantai ini memiliki beberapa dua tebing dan satu yang berada tepat di sisi pantai.

Saat ini, tebing tersebut menjadi tempat terbaik untuk menikmati suasana karena air Pantai ini masih begitu jernih, maka jika Anda mendaki ke bukit, Anda dapat melihat keindahan dunia bawah laut di beberapa bagian pantai.

Advertisement

Namun untuk bisa menikmati keindahan Pantai ini Anda membutuhkan perjalanan sekitar lima jam. Itupun jika Anda menggunakan kendaraan berupa sepeda motor dari pusat kota Manado. Jika Anda menggunakan kendaaraan rodaa empat, maka Anda membutuhkan waktu yang jauh lebih lama.

Dari pusat kota Manado, Anda harus menuju Desa Jiko. Dari desa Jiko menuju Pantai Jiko Belanga masih membutuhkan waktu sekitar 30 menit lagi. Setelah itu, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk bisa menuju ke Pantai ini dan membayar sekitar Rp.40.000 per orang.

Artikel Terkait: Video Tanjung Silar Jiko Nuangan Bolaang Mongondow Timur

Tanjung Silar
Tanjung Silar atau Pantai Jiko Patokan Adalah Destinasi Wisata yang berada di desa jiko kecamatan nuangan kabupaten bolaang mongondow timur: foto by refli

Menikmati Keindahan Pantai Patokan Jiko

Ketika Anda telah mencapai Pantai Tanjung Silar, Anda dapat memilih berbagai kegiatan pantai seperti snorkeling, berselancar, atau hanya duduk di pantai untuk berjemur dan melihat matahari terbenam.

Advertisement

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Untuk yang suka snorkeling, pantai Pantai Patokan Jiko adalah tempat yang sempurna. Hal yang sama berlaku juga untuk Anda yang ingin berselancar. Pastikan untuk membawa peralatan sendiri karena di tempat ini masih jarang menyewakan alat-alat untuk snorkling atau berselancar.

Ombak bergulung berulang-ulang, mengejar satu sama lain seperti tidak pernah berhenti akan menjadi sajian pemandangan Anda. Sementara itu, air berwarna biru jernih bercampur dengan pasir pantainya yang putih, membuat pemandangan di sekitarnya seperti lukisan alam yang terhampar di depan mata siapa saja yang memandangnya.  Adapun bongkahan batu di salah satu sisi pantai, semakin melengkapi keharmonisan alam sekitar pantai.

Di Pantai Jiko, Anda dapat mencoba untuk menuju ke tebing di sebelah timur pantai. Sayangnya di pantai ini tidak ada cara khusus untuk menuju atas tebing. Anda hanya harus sedikit ekstrim untuk berjalan melalui semak-semak dan juga sesekali mendaki untuk mencapai bukit.

Walau tidak mudah, namun Anda perlu sedikit usaha untuk bisa sampai ke atas. Detelah sampai ke atas tebing, maka kelelahan Anda semua akan terbayar sepenuhnya begitu Anda mencapai puncak tebing tertinggi.

Dari puncaknya, Anda akan dapat menyaksikan pemandangan indah yang membentang di cakrawala yang terlihat. Sesekali, camar terbang melewati rumput liar menciptakan sarang di selingi desir angin laut dan juga deru ombak.

Suasana tersebut semacam orkestra alami yang sangat menawan, indah dan menenangkan. Saat senja, pantai ini bisa menjadi tujuan paling efektif untuk memunculkan matahari terbenam di Pantai yang paling mempesona.

Baca Juga: Pantai Molobog Boltim dan Destinasi Terdekatnya

Advertisement
tanjung silar
foto by refli

Nuansa Romantis di Pantai Tanjung Silar

Ketika malam tiba, Pantai yang sempat viral ini siap menghadirkan suasana yang berbeda. Beberapa gazebos yang berjejer di pinggir pantai, terlihat indah dengan cahaya lampu yang redup. Jika Anda datang ke pantai ini bersama dengan pasangan, Anda dapat merealisasikan nuansa romantis di pinggir Pantai ini.

Anda bisa menikmati makan malam dengan seorang kekasih, di temani angin lembut dan juga suara ombak Pantai Jiko. Makan malam tersebut akan menjadi sebuah kenangan yang indah dan tidak akan terlupakan.

Artikel Lainnya: Pantai Tanjung Woka Menyuguhkan Keindahan Panorama

Kegiatan yang Bisa kamu lakukan

Pantai Tanjung Silar bagaikan pantai perawan dengan panorama yang menakjubkan. Karena panorama yang indah, banyak pengunjung menggunakan pantai ini sebagai tempat untuk fotografi pra-pernikahan mereka.

Setiap sudut pantai menawarkan keindahan bagi pengunjung, menjadikannya tempat yang sempurna untuk fotografi prewedding. Meskipun cuacanya cukup panas di siang hari, sesi fotografi akan menyenangkan karena Anda dapat merasakan suasana yang tenang dan damai selama sesi fotografi.

Selain itu, Anda bisa memancing di pantai ini. Ada beberapa spot sempurna di sekitar pantai yang cocok untuk memancing. Anda juga dapat melakukan aktivitas air, seperti berenang atau snorkling. Snorkling adalah salah satu kegiatan paling menantang di pantai ini.

Mau lihat penampakan pantai jiko patakon lebih dalam lagi? silahkan klik tautan berikut, Klik Disini

Tips untuk Berwisata ke Pantai Jiko

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke Pantai Jiko, maka Anda bisa mengikuti tips berwisata di bawah ini:

Gunakan agen perjalanan yang terpercaya dan tentu saja ramah dan murah jika Anda adalah seorang backpacker. Anda juga bisa mengatur perjalanan Anda dengan wisatawan lainnya turis lain untuk mengatur dan menyewa satu mobil yang sama untuk mendapatkan harga yang murah. Hal ini perlu Anda pikirkan dan rencanakan mengingat pantai Patokan Jiko dan Tanjung Silar sangat jauh dari pusat kota Manado dan sulit di akses dengan kendaraan umum.

Anda dapat menyewa sepeda motor jika Anda lebih suka menjelajahi tempat sendiri dan berkelompok. Di daerah Nuangan, untuk bisa menyewa sepeda motor, uang yang perlu Anda keluarkan adalah sekitar Rp.100.000 – Rp.150.000 satu harinya.

Artikel Terkait: Wisata Pantai Tanjung Dulang dengan Segudang Keindahannya

Matahari terbit di wilayah Jiko Port dapat Anda nikmati pada pukul 04:00 WITA atau 03.00 WIB. Jadi Anda harus tahu apakah akan tinggal di sana sehari lebih awal atau pergi lebih awal, dari tempat Anda menginap. Mengingat perjalananya sangat membutuhkan waktu yang lama dari pusat kota Manado, maka Anda bisa menyewa tempat penginapan saja jika sudah lelah. Anda juga bisa menikmati matahari terbenam pada pukul 16.00 – 18:00 WITA atau 15.00-17.00 WIB.

Akan sangat menyenangkan untuk membawa makanan dan minuman sendiri ke pantai, karena di beberapa pantai dekat Pantai, tidak ada restoran yang bagus. Ada beberapa warung makan di sekitar Pantai Tanjung Silar yang menyediakan menu seafood yang lezat dan juga beberapa makanan khas Manado. (rhp)

Baca Juga: Tanjung Haji Bolmut, Cerita Historis Sebuah Makam dan Hamparan Batu Hitam Menjadi Keunikan Tempat ini

Map Lokasi

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button