Travel

11 Tempat Wisata Banggai yang Indah

Tak Heran Jika Banyak Wisatawan Yang Betah Berjelajah

Waktu.news | Banggai merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah dan terkenal dengan wisatanya. Bahkan, tempat wisata Banggai sangat indah, terutama wisata alamnya. Tak heran jika banyak wisatawan yang betah untuk berjelajah di kabupaten ini.

11 Wisata Alam Menakjubkan di Banggai

Bagi pecinta wisata alam sepertinya wajib datang ke Kabupaten Banggai. Mengapa demikian? Karena di kabupaten tersebut terdapat banyak wisata alam yang sangat menakjubkan. Lebih jelasnya Berikut ini beberapa rekomendasi wisata alam tersebut.

1. Air Terjun Piala

Air terjun yang satu ini mempunyai nama cukup unik, tapi keindahannya tidak bisa menjelaskannya dengan kata-kata. Apalagi udara sejuk dan segar di sekitar air terjun ini sangat terasa, sehingga cocok untuk dijadikan tempat menenangkan diri.

Jika ingin ke air terjun ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit Jika dari Kota Luwuk. Bahkan, Setelah dari air terjun ini juga bisa berkunjung ke air terjun lain yang ada di dekatnya. Tidak perlu khawatir karena akses menuju air terjun ini sudah terbilang aman.

Air Terjun Piala
Image credit worlddifetravel

2. Air Terjun Ayus

Air Terjun Ayus mempunyai nama lain Laumarang. Lebih tepatnya air terjun ini berada di Kelurahan Hanga-Hanga, Luwuk Selatan. Keunggulan dari air terjun ini pemandangan di sekitarnya bisa memanjakan mata. Namun, untuk bisa sampai di air terjun ini membutuhkan tenaga ekstra.

Mengingat pengunjung harus pipa air dan tebing licin. Jadi, pastikan jika berkunjung ke tempat wisata ini sudah menyiapkan kebutuhan untuk perjalanan seperti air minum dan sepatu maupun sandal gunung agar lebih aman.

Tempat Wisata Banggai
Image credit Gomez Luwuk

3. Air Terjun Salodik

Tempat wisata lain yang cukup populer di Kabupaten Banggai yaitu Air Terjun Salodik. Lokasi tepatnya air terjun ini berada di desa Salodik. Jika anda sedang berada di kota Luwuk, untuk bisa sampai di air terjun ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam atau setara dengan 20 km.

Salah satu alasan kenapa wisatawan suka berkunjung ke air terjun ini karena lokasinya sangat bersih dan alami. Bahkan, airnya sangat jernih sehingga jika melihatnya secara langsung terlihat berwarna hijau kebiruan. Jadi, jika ingin menenangkan pikiran tempat ini cocok menjadi pilihan.

Datang ke air terjun ini lebih baik bersama teman-teman atau keluarga agar perjalanan lebih menyenangkan. Selain itu, lebih baik datang di lain hari libur agar bisa lebih menikmati kesegaran dan ketenangan di air terjun tersebut.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Morowali Utara yang Mempesona

Tempat Wisata Banggai
Image credit Dikki Shadiq

4. Air Terjun Laumarang

Air terjun di Kabupaten Banggai memang cukup banyak, seperti halnya Laumarang. Lebih tepatnya air terjun ini berada di Kelurahan Hanga-Hanga, Kecamatan Luwuk Selatan. Meskipun keindahan air terjun ini sangat memukau, tapi untuk bisa sampai disana perlu perjuangan.

Maksudnya, harus melewati tebing yang licin, sehingga harus lebih berhati-hati. Jika menginap di daerah Kota Luwuk, untuk bisa sampai di air terjun Ini membutuhkan waktu 30 menit menggunakan sepeda motor.

Air Terjun Laumarang
Image credit Male Sumalong

5. Air Terjun Kaduta

Air Terjun ini memang termasuk wisata alam yang baru, sehingga belum terlalu banyak orang yang mengenalnya. Meskipun begitu, tetap saja jika ingin berkunjung ke air terjun ini sangat aman apalagi dengan suasana yang menerangkan.

Keuntungan jika berkunjung ke air terjun ini bisa merasakan tenang. Jadi, cocok sekali menjadi tempat wisata dengan tujuan bisa menenangkan diri. Sudah pasti air terjun ini sangat cantik dengan perpaduan pepohonan hijau.

6. Bukit Kasih Sayang

Tempat wisata Bukit Kasih Sayang cukup populer di Kabupaten Banggai. Sesuai dengan namanya, berada di atas bukit ini bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dan terasa romantis. Apalagi jika datang ke tempat ini bersama pasangan, suasana romantis akan semakin terasa.

Bahkan, di atas bukit ini secara jelas bisa melihat keindahan Kota Luwuk bersamaan dengan laut. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mengambil foto dengan memanfaatkan berbagai spot foto yang tersedia untuk di upload ke berbagai media sosial.

Bukit Kasih Sayang
Image credit Andrea Putri

Artikel lainnya; 16 Rekomendasi Tempat Wisata Morowali

7. Pantai Kilo 8

Bagi pecinta pantai dan sedang berkunjung di Kabupaten Banggai, jangan melewatkan Pantai Kilo 8. Pantai ini mempunyai keunikan tersendiri dan terpampang sangat jelas hamparan Pasir Putih. Tidak hanya itu keindahan bawah lautnya juga sangat memukau.

Bahkan, untuk bisa melihat indahnya terumbu karang dan berbagai ikan, tidak perlu lagi menggunakan peralatan selam. Jadi, pengunjung bisa melihat secara langsung karena airnya sangat jernih. Meskipun begitu, jika berkunjung ke pantai ini pastikan tetap menjaga lingkungan.

Artikel terkait; 10 Tempat Wisata Buol Paling Populer dan Instagramable

8. Bukit Keles

Salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Banggai yaitu Bukit Keles. Setiap pengunjung yang datang di bukit ini akan merasa puas dengan pemandangan indah Kota Luwuk. Apalagi dengan suasana yang sangat sejuk bisa menenangkan pikiran.

Selain itu, banyak juga tersedia spot foto Instagramable disini, sehingga cocok untuk di upload di berbagai media sosial. Bahkan, di bukit ini tersedia berbagai fasilitas lengkap yang bisa memberikan kenyamanan kepada pengunjung.

9. Pulau Dondolang

Pulau Dondolang terkenal sangat indah, karena mempunyai laut yang sangat jernih dengan hamparan Pasir Putih. Jadi, sangat sayang sekali Jika tidak berkunjung ke pulau ini saat berada di Kabupaten Banggai. Tentu dengan berbagai keunggulan tersebut, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas disini.

Misalnya saja berenang, menyelam, snorkeling atau sekedar bermain pasir dan bersantai. Keunikan lainnya dari pulau ini terkadang bisa menjumpai kawanan lumba-lumba yang menunjukkan keberadaannya dengan berloncatan di atas permukaan laut. Jadi, liburan di tempat ini bisa mendapatkan banyak hal baru.

Pulau Dondolang
Image credit Rahmat Azis

10. Pulau Tinalapu

Tidak hanya sekedar pulau, tapi Pulau Tinalapu mempunyai berbagai kelebihan yang membuat para wisatawan betah berlama-lama di Pulau ini. Salah satu keunggulannya terdapat banyak terumbu karang yang sangat indah beserta dengan ikan warna-warni.

Apalagi dengan air yang sangat jernih, sehingga wisatawan bisa secara langsung melihat terumbu karang yang ada di bawah air. Sedangkan untuk sampai di Pulau ini harus naik speed boat dari pelabuhan yang kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam. Peta Lokasi

11. Pulau Dua

Pulau Dua punyai bukit menjulang ke laut yang hampir sama dengan pantai Kelingking Bali. Bedanya, di pulau ini pengunjung bisa menyusuri Bukit tersebut dengan jalan kaki. Keindahan laut terlihat sangat jelas berwarna biru dengan pasir yang bersih dan berwarna putih. Lokasi Peta

Fasilitas di tempat wisata ini juga cukup lengkap, jadi setiap pengunjung tidak perlu khawatir lagi. Jika berkunjung ke pulau ini pastikan membawa perlengkapan mulai dari kamera, bekal dan lainnya. Tujuannya agar nanti liburan di Pulau ini terasa lebih menyenangkan.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai rekomendasi tempat wisata Banggai yang mempunyai keindahan tersendiri. Selain itu, sebenarnya di Kabupaten Banggai masih banyak wisata yang mungkin belum terekspos. Maka dari itu, jika berkunjung ke Kabupaten ini jangan sampai melewatkan berbagai tempat wisata yang ada. (rhp)

Baca Lebih Lanjut

Ingin mengetahui lebih banyak tempat wisata di sulawesi? klik tautan dibawah ini;

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button