Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Bolmut

Di Duga Provokator, Hamdan Datunsolang Terancam Di Interpelasi

Advertisement

BOLMUTPOST – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bolmut gerah dengan adanya pernyataan bupati Drs Hamdan Datunsolang MM yang akhir-akhir ini mulai miring.
Pasalnya, hampir dalam setiap kesempatan, Datunsolang kerap menyudutkan DPR. “Kami tidak bisa terima pernyataan bupati yang sering menyudutkan institusi kami,” ujar Ketua Komisi 1 DPRD Bolmut, Djoni Patiro SPd didampingi Charles Sumaili.

Menurut keduanya, ada beberapa rekaman yang secara terang terangan bupati menuding DPRD telah menghambat program pemerintah di tahun 2013 ini.

Advertisement

“Seperti yang disampaikan di Kecamatan Pinogaluman baru-baru ini. Bupati menyatakan kalau DPRD telah memangkas kegiatan Pembangunan Jalan Jalur Dua di wilayah tersebut.
Itu sama sekali tidak benar,” bantah keduanya. Baik Patiro maupun Sumaili menjelaskan program Pembangunan Jalan Dua Jalur itu sama sekali tidak ada yang diusulkan oleh pihak eksekutif pada proses pembahasan lalu.

“ini so dapa lia nda sadap, sebab dalam mencari dukungan pada Pemilukada, bupati telah memutar balikan fakta. Bahkan terkesan memprovokasi masyarakat agar tidak memilih calon dari kalangan DPRD pada Pemilukada mendatang,” tandas keduanya.

Advertisement

Lebih lanjut mereka menjelaskan pernyataan yang sama juga dilontarkan di beberapa desa seperti Pontak, Bohabak, serta pada Peresmian Asrama Mahasiswa Bolmut di Gorontalo.

“Kami memiliki bukti rekaman pembusukan kepada pihak DPRD Bolmut. Sehingga kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak terprovokasi dengan pernyataan tersebut, sebab itu hanya akan memecah belah persatuan yang ada di daerah ini,” tegas keduanya.

Ternyata hal yang sama juga dilontarkan Ketua Komisi 2 DPRD Bolmut. Bahkan Salim Bin Abdullah turut menguatkan pernyataan bupati di Kecamatan Pinogaluman dimana bupati menyatakan kepada warga kalau DPRD penyebab hingga program jalan dua jalur tidak masuk di wilayah tersebut.

“Bagaimana program tersebut akan dibahas, sementara dalam rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Platform Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2013, tidak ada kegiatan yang namanya Pembangunan Jalan Jalur Dua di Pinogaluman,” ungkap Salim seraya memperlihatkan rancangan KUA dan PPAS tahun anggaran 2013.

Advertisement

Sementara itu Ketua DPRD Bolmut, Karel Bangko mengatakan, bupati harus bisa Menjelaskan, Mempertanggungjawabkan, dan Mengklarifikasi apa yang dia katakan kepada masyarakat publik yang notabanenya sebagai seorang bupati tapi ternyata sebagai seorang Provokator, dan untuk meluruskan itu maka DPR akan melakukan Hak Interpelasinya terhadap bupati “tegas ketua DPR bolmut, Karel Bangko SH yang juga sebagai calon bupati bolmut 2013-2018, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya sekitar pukul 08.15 / 28/01/2013.

Di tambahkannya juga, kalau sudah tidak mampu lagi bersaing dalam pilkada nda usah majulah, jangan hanya membingungkan masyarakat “tegas karel” (rhp)

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button