Nasional

Ini Point Penting Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dan Vladimir Putin di Istana Kremlin

Waktu.news | Presiden Jokowi dan Presiden Vladimir Putin bersama-sama memberikan pernyataannya dalam keterangan pers, Kamis 30 Juni 2022.

Ucapan rasa terima kasih karena sudah diterima di Moskow, juga disampaikan oleh presiden Jokowi.

Beberapa hal penting disampaikan oleh presiden Jokowi diantaranya, Penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan ruang dialog terus di buka.

Pangan dan pupuk adalah masalah kemanusiaan yang merupakan kepentingan masyarakat dunia dan ratusan juta orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk di negara-negara berkembang,” kata Jokowi.

Pesan Presiden Zelenskyy kepada Presiden Vladimir Putin sudah disampaikan dan saya bersedia menjadi jembatan kedua negara.

Presiden putin juga memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari rusia maupun ukraina,” kata Jokowi.

“Khusus untuk jalur ekspor pangan ukraina terutama melalui jalur laut, presiden putin sudah memberikan jaminannya,” kata presiden.

Demi kemanusiaan kata presiden Jokowi, saya mendukung upaya PBB untuk Re-Integrasi komoditi pangan rusia dan ukraina untuk masuk lagi pasok dunia.

Kerjasama Indonesia dan rusia baik di bidang investasi, perdagangan dan tourism akan membentuk tim untuk membahas lebih detail,” jelas Jokowi.

“Indonesia tidak punya kepentingan apapun kecuali ingin melihat perang dapat selesai dan rantai pasok pangan, energi dapat segera di perbaiki karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang,” tegas Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengajak seluruh pemimpin dunia untuk bekerja sama kembali menghidupkan semangat damai dan kerja sama, hanya dengan spirit itulah perdamaian dapat di capai,” harapnya. (rhp)

Berita Terkait; Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button