Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Inilah Daftar 7 Wisata Underwater Bolsel yang Populer

Advertisement

Waktu.news | Berbicara mengenai wisata bawah laut di Indonesia, mungkin yang sering terpikir yaitu kepulauan Bali, Raja Ampat, Lombok atau Bunaken. Padahal, selain yang saya sebutkan tadi, masih banyak wisata bawah laut yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya wisata underater Bolsel (Bolsel underwater).

Bolsel sendiri merupakan merupakan salah satu kabupaten yang berada di propinsi Sulawesi Utara. Bolsel adalah singkatan dari Bolaang Mongondow Selatan. Tempat wisata underwater di Bolsel cukup banyak. Potensi itulah yang membuat wisatawan tertarik mengunjungi kabupatern tersebut.

Advertisement

Nah, berikut ini beberapa wisata underwater Bolsel yang bisa Anda Kunjungi. Berikut ulasannya.

Tempat 7 Wisata Underwater Bolsel

Jika berkunjung ke Sulawesi Utara, Anda pasti akan terpukau dengan destinasi wisata lautnya yang menakjubkan. Inilah daftar wisata underwater Bolsel yang dapat menjadi referensi saat berlibur di Sulawesi Utara:

Advertisement

Pulau Lampu

Lokasi yang  masuk ke dalam daftar pertama destinasi underwater di Bolsel. Pulau yang  cocok bagi yang suka diving. Namun tidak hanya keindahan di dalam air lautnya saja yang bisa Anda nikmati.

Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pantai yang tidak kalah cantik. Misalnya, lautnya yang bersih berwarna biru, pasir putihnya yang  halus, dan udara lautnya yang dapat membuat semua pengunjung merasa segar kembali.

Nama pulau lampu sendiri merka ambil dari cahaya mercusuar yang terang di malam hari. Mecusuar yang berdiri kokoh tersebut sekaligus menjadi ikon dari pulau ini.

Jika ingin naik ke atas mercusuar, Anda harus mengetahui jadwalnya terlebih dulu. Sebab, tidak setiap saat dapat Anda kunjungi.

Advertisement

Pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan pantai lampu saat berada di atas ketinggian mercusuar tersebut. Bisa Anda bayangkan bukan bagaimana indahnya? Jangan lupa berfoto, atau video saat berada di atas untuk Anda jadikan kenang-kenangan atau berbagi ke teman melalui sosial media.

Saat ini, akses ke pulau lampu tidak begitu sulit, sebab pemerintah setempat sudah menjadikan tempat ini sebagai lokasi wisata umum.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Bahari Sulut, Ada Spot Barakuda Bolsel (Wisata Bawah Laut)!

Pantai Ponii

Pantai yang terletak di Desa Luwoo, Kecamatan Posigadan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Tempat ini dapat menjadi rekomendasi wisata underwater Bolsel yang tepat untuk menghabiskan liburan.

Tempat wisata yang berada di kawasan Teluk Tomini ini, menyediakan hamparan pasir putih yang lembut dan halus. Sehingga tidak akan kesakitan saat berjalan di atas pasir, walupun tidak menggunakan alas kaki.

Posisi pantai ponii yang landai cocok pengunjung jadikan tempat berendam bermain ombak bersama dengan keluarga.

Namun, keindahan bawah laut pantai ponii pun tidak kalah menakjubkan seperti di pulau lampu. Anda dapat  menikmati keindahan bawah laut, seperti snorkeling, atau diving.

Advertisement

Untuk sampai ke lokasi ini, pengunjung memerlukan waktu sekitar 1 jam dari Kabupaten Bolsel, Molibagu, menggunakan perjalanan darat. Tidak perlu khawatir tersesat, sebab Dinas Pariwisata Bolsel siap menuntun perjalanan hingga sampai ke pantai ponii. Sedangkan, tiket masuk ke pantai ponii hanya memerlukan Rp. 15.000/orang.

Baca Juga: Keunikan Wisata Pantai Tersakiti Bolsel, Underwaternya Keren

Pantai Lungkap

Destinasi wisata underwater Bolsel selanjutnya yaitu pantai Lungkap. Berada di Desa Lungkap, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolsel ini adalah salah satu lokasi menarik yang patut Anda kunjungi, khususnya bagi Anda yang menyukai keindahan laut.

Ternyata, keindahan pasir putih yang lembut dengan pemandangan yang dapat memanjakan mata tidak hanya dapat Anda rasakan di pulau lampu atau pantai ponii saja. Pantai Lungkap pun menyediakan hal serupa.

Hal menarik lainnya yaitu terdapat dermaga cinta yang sampai viral di media sosial Instagram, Twitter, dan Facebook.

Dermaga cinta tersebut tidak kalah dengan yang ada di propinsi nyiur yang sudah terkenal di daerah tersebut, bahkan sampai ke propinsi Gorontalo.

Apa sih dermaga cinta yang populer ini? Ya, dermaga ini pengelola buat di bibir pantai dengan logo hati berwarna merah menyala.

Lalu bagaimana keindahan bawah laut pantai lungkap? Tidak hanya keindahan pantainya saja. Keindahan bawah lautnya pun tidak kalah menakjubkan. Bagi Anda yang menyukai snorkeling, lokasi ini bisa menjadi pengalaman wisata terindah bersama orang terdekat.

Baca Juga: Spot Sakau Point Bolsel, Kelestarian Surga Bawah Laut Mempesona

Pantai Biniha Timur

Tempat Wisata di Molibagu selanjutnya yaitu Pantai Biniha Timur yang terletak tidak begitu jauh dari pusat Ibu Kota Molibagu, Bolsel. Selanjutnya, hanya memerlukan waktu 15 menit hingga sampai ke pantai tersebut.

Pantai Biniha Timur cocok Anda jadikan tempat berlibur dengan keluarga. Beberapa kegiatan dapat dilakukan. Seperti: berenang, bermain snorkling, berwisata kuliner sambil menikmati udara pantai yang sejuk.

Pantai Modisi

Selain beberapa lokasi wisata yang namanya sudah populer. Berikutnya, ada pantai Modisi. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sering menjadi tujuan wisatawan lokal menghabiskan libur akhir pekan.

Jarak dari ibu kota kabupaten menuju pantai ini memerlukan waktu kurang lebih 30 menit menggunakan motor atau mobil.

Saat telah sampai di depan gerbang, maka akan terlihat pemandangan laut yang indah dengan gazebo-gazebo yang berjejer rapi di tepi tanggul yang di sampingnya terdapat pohon kelapa hijau.

Di sana juga terdapat menara pemantau untuk mengawasi wisatawan yang melakukan kegiatan di pantai. Seperti, berenang, bermain banana boat, snorkeling menikmati keindahan bawah laut pantai modisi, dan kegiatan lainnya.

Kegiatan lain yang dapat pengunjung nikmati selanjutnya yaitu wisata kuliner pantai modisi. Berbagai masakan lezat ciri khas laut bisa Anda nikmati. Mulai dari bakar ikan, kepiting bakau, cumi saus tiram, dan beberapa masakan lain yang tidak kalah lezat.

Baca Juga: Wisata Seru Tracking Mangrove Trans Pato’a

Pantai Torosik

Pantai yang berlokasi di Desa Torosik,  Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan ( Bolsel).

Lokasi ini sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat untuk dijadikan objek wisata yang akan mereka buat senyaman mungkin bagi wisatawan.

Potensi wisata underwater Bolsel pantai torosik sendiri memang luar biasa dan perlu pengembangan lebih lanjut sehingga banyak wisatawan lokal ataupun manca negara tertarik datang ke tempat tersebut.

Saat mengunjungi pantai ini, wisatawan dapat menikmati lokasi pantai dan hutan mangrove yang cukup luas dengan berbagai jenis hewan ciri khas pantai torosik.

Baca Juga: Festival Teluk Tomini: Mengenal Budaya Unik dan Kekayaan Alam di Bolsel

Air Terjun Botuliodu

Air Terjun Botuliodu menjadi salah satu tempat wisata yang paling terkenal di daerah kabupatern Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Saat ini, berbagai perbaikan telah penglola lakukan. Misalnya, pemasangan lampu penerang jalan, penataan taman, dan pembangunan beberapa gazebo.

Selain itu, anak tangga yang pengunjung gunakan menuju ke lokasi air terjun telah petugas bersihkan, sehingga terlihat lebih tertata rapi.

Untuk dapat mengunjungi lokasi ini, pengunjung tidak akan terlalu memperoleh banyak kesulitan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kan sebelum pulang mengunnjungi dulu wisata air terjun Botuliodu yang populer ini?

Beberapa kegiatan yang dapat wisatawan lakukan di air terjun Botuliodu yaitu, berenang, berfoto, atau video.

Itulah wisata underwater Bolsel yang beberapa sudah dikenal oleh para wisatawan manca negara. Dari beberapa rekomendasi tempat wisata yang saya berikan, lokasi mana dulu nih yang menarik dan ingin Anda kunjungi terlebih dulu?.(rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button