Travel

Kota Jin Gorontalo, Istana Gaib dan Lorong Waktu Menuju Wentira

Waktu.news | Setiap masyarakat pastilah memiliki kesukaannya masing-masing dalam rangka menghabiskan waktu liburannya. Ada yang suka mengunjungi destinasi menyenangkan dengan panorama indah, ada juga wisata unik dan menarik seperti salah satunya berkunjung ke kota JIn gorontalo utara.

Informasi Lengkap

Ingatkah Anda dengan film horor Indonesia keluaran tahun 2017 dengan judul Otajin? Film tersebut kabarnya diangkat dari kisah nyata tentang Otajin sendiri. Situs yang ada di kabupaten Utara, yaitu terowongan yang masyarakat percayai sebagai pintu untuk menuju ke istana JIn Wentira.

Situs Otajin ini berlokasikan tepatnya di kecamatan Atinggola, kabupaten Gorontalo Utara. Berada di perbatasan provinsi Gorontalo dengan Sulawesi Utara. Dari kecamatan tersebut ada satu desa yang menarik perhatian, yaitu Kotajin. Di tengah sawah, ada terowongan / gua terkenal dengan nama Guajin.

Ketika memasuki desa tersebut, para pengunjung yang berkunjung ke sana akan disambut dengan adanya tulisan “Selamat Datang Di Kota jin”. Saat masuk, suasana angker langsung terasa begitu saja. Baik itu karena hawanya berbeda atau mengetahui kabar bahwa memang di tempat itu angker.

Informasi Lengkap Mengenai Otajin

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa Otajin di Gorontalo Utara ini merupakan salah satu tempat angker. Hal tersebut karena adanya kabar kalau tempat itu berhubungan erat sebagai tempat yang sempat dihuni oleh Raja JIn dari Pantai Utara.

Apa yang terbersit dalam benak Anda ketika mendengar nama Kota Jin? Pasti terlintas bayangan bahwa kota tersebut seram atau menakutkan. Namun, nama ini memang benar adanya dan berada di provinsi Gorontalo. wisata budaya adalah salah satu situs di zaman purbakala.

Tidak hanya itu saja, lokasi dari Otajin ini berbatasan secara langsung dengan laut Sulawesi bagian Utara dan desa Monggupo beserta Pinotoyonga di bagian Selatannya. wisata budaya ini berupa tumpukan batu yang ada terdapat goa di dalamnya. Masyarakat menyebutnya Ota Io Jin.

Nama yang masyarakat kenal dari Ota Io Jin, memiliki artinya sendiri. Untuk Ota berarti benteng maupun istana, Io JIn milik para jin. Dengan begitu, bila gabung menjadi satu maka artinya Benteng / Istananya Para Jin. Destinasi Gorontalo satu ini mempunyai sejarah.

Ada yang mengatakan, bahwa perkampungan wisata budaya merupakan dataran yang telah menyatu dengan lembah dari sebuah pegunungan. Sebagiannya masih berupa lautan, di tahun 1800 ketika lautannya kering maka hamparan berupa laut berubah menjadi seperti rawa-rawa penuh semak belukar.

Sejarah Kota JIn Gorontalo Utara Menurut Masyarakat

Sejarah dari Kota JIn Atau Otajin Gorontalo Utara masih belum selesai, masyarakat sekitar menyebutkan bahwa penduduk asli daerah tersebut berasal dari Ternate yang kabarnya ikut dengan 2 orang putra raja tersebut Mosambe dan Sanggi Bula. Mereka meninggalkan kerajaan karena kecewa.

Kecewa karena tidak terpilih menjadi raja. Justru adiknya yang menjadi raja kala itu. Hal tersebut tidak lepas dari intervensi Belanda, ceritanya bermula dari kopiah yang Belanda kirim ke kerajaan Ternate. Siapa yang cukup menggunakannya, maka akan jadi raja. Kopiahnya pas di Sanggi Bulawa.

Secara geologisnya, bongkahan batu besat yang terdapat di tengah sawah milik penduduk tersebut diyakini merupakan istana jin. Mengingat tempatnya terbentuk secara alamiah, batu karst atau batu kapur mengalami pelarutan dan terbentuklah goa kecil setelah lautan menjadi kering.

Namun, masyarakat di sana masih mempercayai bahwa tumpukan batu (tempat istana jin) dapat menyembuuhkan orang yang sedang sakit. Bahkan bisa melindungi mereka dari yang namanya JIn pembawa penyakit. Jadi, warga tersebut selalu meletakkan sesaji atau sajen tepat di depan goa.

Berita Terkait: Pantai Batu Pinagut dengan Ciri Khas Unik

Akses Lokasi

Otajin Gorontalo Utara ini berlokasikan tepat di pinggir jalan Trans Sulawesi, paling tidak sekitar 500-an meter. Ada tumpukan batu yang nampak berdiri kokoh tepat di tengah sawah, dan di bagian tengahnya juga terdapat mulut goa sebagai salah satu pintu masuknya.

Di dalam ruangan situs purbakala, Otajin Gorontalo Utara ini memiliki sembilan kamar yang kabarnya terbuat dari batu alam serta sepasang meja dan kursi yang bahannya terbuat dari bebatuan dengan bahan seperti stalagtit dan juga stalagmit. Memang terdengar cukup unik, namun seram. Map Lokasi

Baca Juga: Pantai Minanga Kota Jin, Destinasi Wisata Terbaru Gorontalo Utara Yang Trend

Kota Jin

Kota JIn Gorontalo Utara Penyebar Agama Islam?

Melalui jalan masuk dari mulut goa di Kota JIn Atau Otajin Gorontalo Utara, terdapat hamparan bersih yang kabarnya merupakan salah satu tempat JIn berdzikir. Saat syiar agama Islam berkembang, daerah tersebut (sekitar tahun 1880) menjadi tempat bekhalwat bagi semua para penyebar Islam.

Itulah sebabnya mengapa bagi para masyarakat yang memiliki kemampuan khusus atau indera keenam, mereka dapat mendengar lantunan dzikir langsung dari dari dalam goanya. Bahkan sempat ada berita rombongan siswa yang wisata ke sana, tertinggal di dalam goa dan berdzikir di batu altar.

Waktu yang Tepat Untuk Berkunjung

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengunjungi objek wisata yang konon katanya terkenal angker ini, Otajin Gorontalo Utara sangat tepat dikunjungi pada hari Rabu maupun di akhir bulan Safar, itu karena masyarakat di sana akan melakukan ritual mandi Safar di sungai Andagile.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat di sana, hari Rabu maupun di akhir bulan Safar merupakan hari naas dan harus mereka bersihkan dengan cara mandi di sungai. Memang cukup unik dan menarik sejarah di Kota JIn Atau Otajin Gorontalo Utara ini. Itulah mengapa ramai pengunjung.

Akses Masuk

Berbicara mengenai akses untuk dapat menuju ke lokasi Kota JIn Atau Otajin yang berlokasikan di desa Kotajin kecamatan Atinggila dan berada di tepi jalan ke Pantai Minanga. Jaraknya kurang lebih sekitar 90 km ke arah Timur Laut dari arah  ibu kota. Sedangkan dari Bandar Udara Jalaluddin sekitar 70 km.

Anda bisa menempuh waktu perjalanannya paling tidak sekitar kurang lebih 2 jam dengan mengendarai kendaraan pribadi. Untuk bisa ke Kota JIn Atau Otajin Gorontalo Utara, pengunjung juga bisa menggunakan jasa angkutan umum. Jadi, persiapkan budget sekitaran 20 ribuan per orang.

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa wisata budaya Otajin gorontalo ini merupakan salah satu tempat yang sampai saat ini terkenal dengan keangkerannya. Baik itu karena namanya atau memang sejarahnya mengatakan tempat itu istana Jin. Cukup unik namun menarik dikunjungi. (rhp)

Baca Artikel Terkait;

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button