Pulau Racun Boltim, Tempatnya Pengasingan Orang yang Memiliki Ilmu Hitam?

Suguhan Underwaternya Yang Memanjakan Mata

Waktu.news | Berlibur ke beberapa destinasi menarik di luar kota seperti pulau racun, memang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika liburan bersama dengan keluarga besar. Dalam rangka melepas penat, biasanya banyak orang lebih memilih untuk menghabiskan waktunya ke wisata air.

Apa Itu Pulau Racun?

Berlibur bersama keluarga memang menyenangkan rasanya, terutama berkunjung ke beberapa destinasi menarik yang mampu menawarkan panorama indah. Salah satunya seperti objek wisata pantai. Tahukah Anda bahwa ada sebuah pulau yang konon katanya memiliki kaitan dengan ilmu sihir?

Pulau tersebut berada di antara desa Bulawan dengan Buyat di kecamatan Kotabunan, namanya adalah Pulau Racun. Konon katanya, pulau ini merupakan salah satu tempat pembuangan atau masyarakat lain bilang sebagai tempat pengasingan orang yang memiliki teknik ilmu hitam.

Itulah mengapa pulau tersebut masyarakat lokal namakan Pulau Racun, akan tetapi meskipun namanya menyeramkan. Panorama yang ada di sana tidak kalah menakjubkan dengan destinasi wisata air lainnya. Uniknya lagi saat kemarau, pepohonannya menggugurkan daun namun tidak pernah mati.

Informasi Lengkap Tentang Pulau Racun

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pulau ini yang ada di Kotabunan ini, ada baiknya mengetahui beberapa informasi pentingnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar sebelum sampai ke sana, ada aturan yang harus adan patuhi. Mengingat tempat tersebut memiliki keterkaitan erat dengan sejarah seram.

Lokasi yang Strategis

Pulau andalan negeri seribu danau ini merupakan objek wisata satu-satunya yang ada di Kotabunan paling Timur. Letaknya ada di antara desa Bulawan serta Buyat, kecamatan Kotabunan, kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Biasanya masyarakat menyebutkan daerah mereka sendiri dengan singkat Boltim.

Kabarnya, nusa ini banyak menjadi perbincangan para masyarakat dari luar kota. Pasalnya, sejarah dari Pulau ini berkaitan erat dengan teknik ilmu hitam. Jadi, dahulu kala tempat tersebut merupakan tempat di mana orang yang memiliki ilmu jahat akan mereka asingkan di sana sendirian lalu penduduk sekitar membunuhnya.

Pulau ini Memiliki Luas wilayah sekitar 0,081 Ha yang terletak di desa bulawan kecamatan kotabunan. jarak tempuh dari kecamatan sekitar 3,5 Km dan dari Ibukota Boltim sekitar 8 Km dengan transportasi Laut

Berita Terkait: Wisata Seru Tracking Mangrove Trans Pato’a

Penyebab dari Nama Pulau Racun

Meskipun namanya sedikit menyeramkan, Pulau ini memiliki panorama yang sangat menakjubkan. Berbeda dengan pantai kebanyakan, itu karena pulau tersebut mempunyai sejarahnya sendiri yang membuatnya terlihat dan terkesan memberikan pemandangan unik dan seram bersamaan.

Pulau ini terletak di kabupaten boltim atau Bolaang Mongondow bagian Timur. Pulau tersebut dekat dengan pulau Kumeke dan juga Nenas. Salah satu kelebihan yang ada di pulau ini adalah fasilitasnya yang bisa memanjakan para pengunjung yang berkunjung ke sana, termasuk underwater.

Untuk setiap pengunjung yang ingin mencoba mengunjungi Pulau yang ada di Bolaang Mongondow Timur ini, ada baiknya mengetahui beberapa informasi terlebih dahulu. Seperti salah satunya keunikan yang membuat semakin penasaran ingin ke sana serta informasi lainnya.

Konon katanya, pepohonan yang ada di Pulau ini akan selalu ada burung yang tinggal di sana tepat setiap pukul 18:00 WITA. Biasanya jenis burung tersebut adalah cakalang dan juga bangau, namun setelah pagi menjelang burungnya sudah tidak terlihat lagi. Mereka pergi ke tempat lainnya.

Baca juga: Keindahan Pulau Tiga Maelang Bolmong From The Sky

Pulau yang Berdekatan

Bentangan pantai yang memiliki panjang sejauh 122 kilometer ini berhadap secara langsung dengan laut Halmahera. Itulah yang menyebabkan kabupaten Bolaang Mongondow Timur kaya akan destinasi penuh dengan pantai maupun pulau kecil, sama halnya dengan Pulau di Boltim sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin liburan di negeri seribu danau, cobalah juga untuk mengunjungi pulau yang dekat dengan Pulau milik boltim ini. Seperti pulau Kumeke, Nenas, Ibantong, dan juga Laga besar dan kecil. Tentu saja, semua objek wisata tersebut memiliki keunikannya sendiri. Lokasi Pulau

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung

Setiap objek wisata berupa pulau, pantai atau bahkan air terjun terkenal memiliki banyak peminatnya. Itu karena sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk merilekskan pikiran saat berlibur, dengan hal ini tentu saja wisata air sangat cocok. Terlebih lagi suasananya akan jauh lebih sejuk dan segar.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pulau Racun ini salah satunya, ada baiknya datangi sekitar bulan Mei atau paling tidak Desember saja. Hal tersebut merupakan arahan langsung dari pihak Guide yang ada di sana. Itu karena di sekitar bulan itu, kondisi perairannya jauh lebih tenang dari biasanya.

Artikel Terkait; Wisata Pantai Batu Pinagut Menyimpan Bukti Peninggalan Sejarah

Waktu Terbaik Untuk Menyelam

Setiap objek wisata pastilah memiliki aturannya masing-masing, seperti misalnya saja waktu berkunjung, untuk pergi dari sana, tidak boleh membawa beberapa barang, atau bahkan tidak boleh mengenakan baju berwarna apapun. Biasanya hal seperti itu merupakan salah satu sejarahnya.

Sama seperti yang ada pada Pulau di Bolaang Mongondow ini, setiap pengunjung yang ingin melakukan penyelaman untuk bisa melihat ikan hiu, pari, atau bahkan paus. Guide di sana menyarankan agar menyelam di waktu terbaik adalah sekitar pukul 07:00 sampai dengan 11:00 WITA.

Artikel Lainnya; Tanjung Flesko Boltim Jiko Belanga dengan Sejuta Keindahan

Keunikan dari Pulau Racun

Tidak hanya itu saja, Pulau yang konon katanya memiliki sejarah cukup menyeramkan ini juga mempunyai keunikannya sendiri. Salah satu hal yang membuat para pengunjung antusias untuk mengunjungi pulau tersebut, yaitu dengan adanya gua yang cukup besar di bagian bawah pulaunya.

Dengan adanya gua cukup besar di bagian bawah pulau tersebut, membuat para pengunjung semakin ingin melihatnya secara langsung. Menurut informasi, gua ini pernah terjamah oleh sebagian besar penyelam yang berasal dari mancanegara. Hal inilah yang membuat objek wisatanya populer.

Berita Terkait: Pulau Laga Boltim Unik dan Keren, Rekomended For Videografer

Spot Mancing Keren

Setiap pulau memang memiliki kekayaan alamnya sendiri, bahkan ikan yang terdapat di dalamnya juga berbeda-beda setiap destinasi. Hal ini yang menyebabkan beberapa masyarakat selalu antusias untuk mencoba memancing di tempat tersebut, kadang kala mereka menemukan ikan cukup langka.

Sama halnya dengan di Pulau ini, menurut informasi dari nelayan yang ada di sana. Mereka mengatakan bahwa masyarakat di sekitaran pulau tersebut akan selalu melakukan kegiatan memancing jika cuacanya sedang bagus. Bahkan bisa mendapatkan ikan kuwe, kerapu dan gorango.

Baca juga; Pulau Bongkil Bolmut, Tosca Airnya, Tembus Pandang Karangnya

Jarak Tempuh

Sebagai salah satu pulau yang ada di Indonesia, dengan memiliki sejarah cukup menyeramkan. Pulau ini masih menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap pengunjungnya, hal ini yang menjadikan pulau tersebut selalu ramai pengunjung. Alasannya, karena panoramanya sangat indah.

Dengan alasan memiliki pemandangan indah, suasana sejuk, sejarah yang membuat pengunjung semakin penasaran. Sampai saat ini Pulau ini selalu ramai orang-orang berlibur, untuk bisa menempuh tempat tersebut setidaknya Anda membutuhkan waktu 10 sampai dengan 25 menit dengan perahu mesin ketinting.

Seperti itulah ulasan secara detail dari pulau racun yang ada di Bolaang Mongondow Timur. Beserta dengan pembahasan mengenai definisi dan juga informasi lengkap tentang pulau indah bersejarah seram tersebut. (rhp)

Baca Juga Artikel Terkait;

Exit mobile version