Travel

60 Tempat Wisata Boltim, 6 Pulau, 10 Danau, 7 Arter dan 2 Tanjung 1 Mendunia

Waktu.news | Negeri seribu danau di sulawesi utara utara ini memang terkenal dengan destinasi wisatanya. Tempat Wisata Boltim beragam Mulai dari Wisata Bahari, Alam, Cagar Alam, Agrowista, Buatan dan Cagar Budaya.

Berikut ini penetapan destinasi kawasan tempat wisata boltim sesuai dengan keputusan bupati bolaang mongondow timur pada tahun 2017

Tempat Wisata Boltim Yang Mempersona

Pulau Racun / Pinonoguan

Pulau Racun merupakan objek wisata satu-satunya yang ada di Kotabunan paling Timur. Letaknya ada di antara desa Bulawan serta Buyat, kecamatan Kotabunan, kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Biasanya masyarakat menyebutkan daerah mereka sendiri dengan singkat Boltim.

Pulau Racun Memiliki Luas wilayah sekitar 0,081 Ha yang terletawk di desa bulawan kecamatan kotabunan. jarak tempuh dari kecamatan sekitar 3,5 Km dan dari Ibukota Boltim sekitar 8 Km dengan transportasi Laut

Pulau Kumeke

Pulau Kumeke mempunyai luas wilayah sekita 99.469 Ha di desa kotabunan kecamatan kotabunan. jarak tempuh 1 Km dari kecamatan dan 7 Km dari ibukota dengan menggunakan transportasi laut.

Pulau Nanas / Bambuyanoi

Pulau Nanas Bambuyanoi memiliki luas 84.459 Ha dan berada di desa kotabunan kecamatan kotabunan dengan jarak dari kecamatan ke lokasi sekitar 2 Km dan jarak dari Ibukota Kabupaten sekita 6 Km denganmenggunakan transportasi laut.

Pulau Laga

Pulau ini terbagi dua yakni laga pulau laga besar dan kecil. perbedaanya hanya terletak pada luas wilayah dan desa. pulau lag abesar luasnya 8.153 Ha dan terletak di desa Iyok sedangkan laga kecil di desa nuangan dengan luas 0,555 Ha. untuk transportasi sama-sama jalur laut.

Pantai Tanjung Woka

Pantai Tanjung Woka berada di desa Dodap pantai dengan Luas wilayah 560 M berada di kecamatan tutuyan. Untuk informasi nama, konon nama Pantai Tanjung Woka di ambil dari nama sebuah pohon Nila’ yang banyak tumbuh di daerah tanjung tersebut. Nama pohon Nila’ ini di dalam Bahasa Manado disebut dengan pohon Woka.

Tanjung Silar

Tanjung Silar atau Pantai Jiko Patokan Adalah Destinasi Wisata yang berada di Jiko Molobog kecamatan Motongkad kabupaten bolaang mongondow timur yang memiliki pasir putih yang lebih bersih dari pesisir pantai lainnya yang ada di Boltim. Pantai ini juga memiliki terumbu karang yang besar dan indah, menciptakan pemandangan yang sempurna dan tak terlupakan.

Tanjung Flesko

Luas wilayah tanjung flesko 2.385 Ha. berada di desa Buyat kecamatan Totabunan. Jika ingin mengunjungi Tanjung ini, maka akan memakan waktu paling tidak sekitar 1 jam 22 menit. Itu pun bila Anda berangkat dari ibu kota Tutuyan. Bagi wisatawan domestik sekitar lokasi destinasi, akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 56v menit / 66 kilometer.

Chimoki Beach

Pantai yang berlokasikan dekat dengan pantai Patokan desa Jiko Molobog kecamatan Motongkad ini, merupakan destinasi paling menarik. Pantai Chimoki dikelola oleh pihak swasta dan memiliki fasilitas cukup memadai sebagai objek wisata.

Pantai

  • Ariang
  • Iyok
  • Matabulu
  • Togid
  • Tutuyan
  • Tombolikat
  • Kotabunan
  • Buyat
  • Paret
  • Nuangan

Danau

  1. Buyat
  2. Nanas
  3. Tabang
  4. Bunong
  5. Mooat
  6. Tondok
  7. Pononotok
  8. Paya-paya
  9. Moayad
  10. Air Panas Gunung Ambang

Air Terjun

  1. Ariang
  2. Matabulu
  3. Liberia
  4. Idumun
  5. Purworejo
  6. Tombolikat
  7. Badaro

Tempat Wisata Boltim Lainnya;

  1. Pemandian air Panas
  2. Bendungan Purwerejo
  3. Permandian air dingin
  4. Tambang mas J resor
  5. Permandian kolam renang
  6. Pononagaan
  7. Belerang
  8. Villa cinta Mooat
  9. Kafe Strawberry
  10. Paragliding Sehan Landjar Site
  11. Gunung Ambang
  12. Pertanian dan perkebunan
  13. Holtikultura
  14. Pengembangan Desa Wisata
  15. Outbound
  16. Lesung Batu
  17. Lumpang Batu
  18. Meja Batu
  19. Pasir Putih Matabulu
  20. Merscusuar
  21. Situ Tutuyan
  22. Pulau Ibantong

Selanjutnya

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media dan Pemerintah Daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button